6 Manfaat buah tin, Tanaman yang Dipercaya Keramat oleh Banyak Orang

12 Jun 2020 @ 18:20:07
Buah ara atau yang biasa disebut buah tin dan buah fig ini dapat ditemui di pasaran Indonesia. Buah ini mempunyai tampilan yang menarik dengan rasanya yang manis. Sehingga banyak orang yang mengkonsumsinya sebagai camilan. Perlu diketahui, sebenarnya pohon buah tin ini merupakan salah satu tanaman tertua di bumi. Namun, selain daya tarik tersebut, buah tin ternyata juga mempunyai manfaat untuk kesehatan. 

1. Mengatasi Sembelit



Manfaat buah ara yang pertama ialah dapatkan mencegah dan mengatasi sembelit. Buah tin mempunyai senyawa laksatif yang mampu mengobati sembelit. Pada umumnya, buah tin yang dipakai untuk mengobati sembelit bisa dibeli dalam bentuk sirup. Buah tin dapat mengobati sembelit dengan memperkuat pergerakan usus besar, mengurangi usaha yang perlu dilangsungkan untuk mengeluarkan tinja, menyelesaikan BAB, serta menurunkan rasa sakit dan rasa tak nyaman pada perut. 

2. Melembutkan dan Menguatkan Rambut 



Buah ara terbukti dapat membuat rambut lebih lembut, lebat, dan kuat. Jadi, sangat direkomendasikan untuk memakai shampo, conditioner, maupun masker rambut yang berbahan dasar buah tin. Buah ini tidak hanya mampu melembutkan dan menguatkan rambut, tapi ia juga dapat mendukung pertumbuhan rambut. Hal ini dikarenakan oleh buah tin yang mempunyai kandungan tembaga dan seng yang bisa mencegah kerontokan rambut dan mempercepat perbaikan folikel rambut. 

3. Mengobati Diabetes



Selain daging buah yang bermanfaat, ternyata daun dari pohon buah tin pun mampu menolong untuk mengontrol gejala penyakit diabetes. Ekstrak dari daun pohon buah tin memiliki kandungan ficusin yang bisa meningkatkan sensitivitas insulin. Manfaat dari ekstrak buah tin juga mampu mengatasi penyakit diabetes dengan mengatur kadar asam lemak dan vitamin E dalam darah, serta memperlambat produksi glukosa dalam organ hati. 

4. Meningkatkan Kesehatan Kulit 



Manfaat buah tin untuk kecantikan lainnya adalah dalam hal mengatasi kondisi kulit, seperti kutil. Pohon buah tin memiliki senyawa lateks yang dipercaya dapat memusnahkan kutil di kulit tanpa ada efek samping. Manfaat lainnya, buah tin mentah juga bisa dipakai untuk masker wajah yang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral. 

Cara membuatnya ialah, tumbuh buah tin lalu baru oleskan pada wajah dengan membentuk pola melingkar. Kemudian, tunggu masker di kulit selama 10 hingga 15 menit barulah basuh dengan air hangat. Selain dipakai untuk masker, ia juga bisa langsung dikonsumsi agar dapat memperoleh manfaat bagi kesehatan kulit. 

5. Mengurangi Berat Badan 



Buah tin merupakan sumber serat, yang mampu membantu mengatur berat badan. Menurut pakar kesehatan, makanan berserat tinggi akan membuat orang merasa kenyang lebih lama, oleh karenanya buah ini dapat menjadi salah satu cara mengurangi berat badan. 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa, diet kaya serat bisa membantu menurunkan berat badan. Namun, karena buah tin kering pun berkalori tinggi, maka wajib konsumsi dalam jumlah sedikit secara teratur. 

6. Mencegah Kanker dan Masalah Pencernaan 



Ternyata, buah ara juga mengandung zat pektin yang jarang dimiliki oleh buah lain. Kandungan zat pektin dalam buah tin memiliki manfaat yang sangat bagus untuk sistem pencernaan, khususnya usus besar dan usus kecil. Adapun manfaat lainnya ialah buah tin juga mampu mencegah sejumlah penyakit kanker di bagian perut tertentu, yakni kanker usus. 

Satu buah tin segar sudah mengandung berbagai kadar vitamin yang mempunyai zat antioksidan seperti, vitamin-A, E, dan K. Semua senyawa fitokimia pada buah tin mampu membantu menyingkirkan bahaya radikal bebas dari tubuh manusia. Sehingga ia dapat melindungi tubuh dari kanker, diabetes, penyakit degeneratif lainnya, dan bahkan infeksi organ dalam tubuh. 

Nah, itulah ulasan tentang beberapa manfaat dari buah ara yang dikenal sebagai buah keramat. Ternyata buah tin memiliki banyak manfaat yang bisa diambil untuk kesehatan tubuh. Setelah mengetahui hal ini jangan ragu untuk mengkonsumsi buah ini ya! 

Artikel Terkait

5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Lagi Hits! Ini 5 Manfaat Shirataki Bagi Kesehatan
Nasi dan mie shirataki dikenal bisa membantu program diet karena kadar kalorinya yang sangat rendah..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020