Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

6 Manfaat Daun Jeruk untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
05 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Banyak manfaat daun jeruk untuk kesehatan tubuh yang wajib diketahui.

Daun jeruk umumnya digunakan sebagai bumbu dapur untuk menambah cita rasa dari masakan yang dibuat. Selain dapat bermanfaat sebagai bumbu dapur, daun jeruk juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat dari daun jeruk ini sudah dibuktikan melalui beberapa penelitian. Simak 6 manfaat daun jeruk untuk kesehatan berikut ini.

banner consideration shipping bg blue

1. Mengatasi Bakteri Penyebab Penyakit


Manfaat daun jeruk yang pertama adalah dapat membantu membunuh bakteri yang terdapat pada penyakit. Sebuah penelitian membuktikan bahwa minyak atsiri yang terdapat pada daun jeruk dapat bersifat antibakteri terhadap bakteri S. Aureus dan E. Coli. Bakteri E. Coli dikenal sebagai salah satu penyebab utama diare.

Tidak hanya itu saja, bakteri E. Coli juga dapat mengakibatkan infeksi pada saluran kemih hingga pneumonia. Berbeda dengan bakteri E. Coli, bakteri S. Aureus sering menyebabkan bisul pada kulit, selulitis, dan abses. Pada tingkat yang lebih parah, bakteri S. Aureus bisa menimbulkan infeksi pada aliran darah dan endokarditis.

2. Meredakan Radang Sendi


Daun jeruk dapat membantu meredakan radang sendi yang disebabkan oleh rematik dan asam urat. Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah untuk dilakukan, kamu tidak harus memakannya untuk bisa merasakan manfaat dari daun jeruk ini.

Pertama, siapkan beberapa lembar daun jeruk yang masih segar. Cuci bersih, lalu oleskan ekstraknya pada bagian tubuh yang terasa nyeri. Namun jika sekiranya tidak ada perubahan pada area yang nyeri, kamu bisa membawanya ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

3. Membantu Menjaga Kesehatan Gigi


Kesehatan gigi merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan dengan baik. Daun jeruk dapat digunakan untuk menjaga kesehatan gigi. Saat ini, ekstrak daun jeruk sudah banyak digunakan sebagai bahan dasar dari pasta gigi organik.

Ekstrak daun jeruk bekerja efektif dalam menyehatkan rongga mulut. Daun jeruk dapat mencegah penumpukan bakteri pada rongga mulut. Bakteri ini dapat memicu munculnya permasalahan pada gigi dan gusi.

banner consideration promotion bg blue

4. Mendetoks Racun dalam Darah


Daun jeruk dapat membantu proses detoksifikasi racun dalam darah. Proses detoksifikasi sangat penting untuk dilakukan agar darah tetap berada dalam kondisi yang stabil dan sehat. Baik yang sedang berada dalam kondisi sehat maupun sakit, mendetoks darah dari racun adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Ekstrak daun jeruk seringkali dijadikan campuran pada ramuan untuk mengatasi penyakit kronis.

5. Memperbaiki Imunitas Tubuh


Imunitas yang lemah akan membuat tubuh menjadi mudah terserang penyakit. Daun jeruk memiliki sifat antibakteri dan antioksidan tinggi yang dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Mengkonsumsi daun jeruk secara rutin dapat membuat kekebalan tubuh menjadi meningkat. Dengan begitu tubuh akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit.

6. Menjaga Kesehatan Pencernaan


Daun jeruk dapat digunakan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mengatasi berbagai masalah pencernaan. Gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare bisa diobati menggunakan daun jeruk. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu merebus beberapa lembar daun jeruk kemudian meminumnya secara rutin.

Meminum rebusan daun jeruk secara rutin dapat membantu gangguan kesehatan pada usus. Tidak hanya itu saja, daun jeruk juga dapat mengatasi gangguan gastrointestinal yang cukup serius seperti wasir dan tukak lambung. Namun, pengobatan tradisional menggunakan daun jeruk ini perlu dikonsultasikan kepada dokter terlebih dahulu.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah 6 manfaat daun jeruk untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui. Meski memiliki banyak manfaat, daun jeruk tidak disarankan untuk dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Tetap imbangi konsumsi daun jeruk dengan berbagai makanan sehat dan pola hidup yang sehat agar kesehatan tetap terjaga dengan seimbang.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.