Download Aplikasi Lemonilo
Butuh Bantuan?
Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Daun Kersen yang Wajib Kamu Ketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
28 Oct 2020
Clock Icon
3 menit
6 Manfaat Daun Kersen yang Wajib Kamu Ketahui
Tanaman kersen sering ditemukan di pinggir jalan raya sebagai pohon teduh. Mungkin kamu pernah merasakan buah mungil ini karena rasanya yang manis dan berair. Namun, banyak orang yang kurang mengetahui bahwa daunnya memiliki banyak manfaat. Manfaat daun kersen diperoleh karena kaya dengan kandungan nutrisinya yang cukup banyak, seperti kandungan protein, karbohidrat, lemak, vitamin A, dan C yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan yang ada dalam daun kersen membuatnya dikenal sebagai obat herbal yang memiliki banyak manfaat. Penasaran Kan apa saja manfaat lain dari daun kersen? Yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Mengontrol Kadar Kolesterol



Daun kersen dapat menurunkan sintesis kolesterol dan membantu menurunkan penimbunan lemak dalam pembuluh darah. Manfaat daun kersen ini diperoleh dari kandungan saponin dan flavonoid yang ada dalam daun kersen. Kedua senyawa tersebut memang sudah banyak diteliti mampu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Ini bermanfaat untuk melindungi dari berbagai penyakit kardiovaskular.

2. Sebagai Antibakteri



Bakteri adalah jenis mikroorganisme yang menjadi penyebab terjadinya berbagai infeksi dalam tubuh. Sifat antibakteri ternyata juga termasuk salah satu manfaat yang dimiliki daun kersen.  Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa ekstrak dari daun kersen mengandung senyawa flavonoid berupa flavonol, flavon dan auron, yang memiliki daya antibakteri terhadap beberapa bakteri. Bakteri yang memperlihatkan reaksi terhadap ekstrak daun kersen antara lain, seperti E. Coli, P. aeruginosa, S. aureus dan B. Subtilis.

Setiap bakteri tersebut menyebabkan infeksi yang berbeda, bakteri E. Coli adalah bakteri utama penyebab diare, bakteri P. Aeruginosa penyebab otitis internal, bakteri S. Aureus bisa menginfeksi saluran pernapasan dan kulit sedangkan bakteri B. Subtilis yang umumnya menimbulkan keracunan makanan.

3. Mengobati Diabetes



Adanya kandungan flavonoid dan saponin di dalam daun kersen, ternyata mampu untuk membantu sekresi hormon insulin dalam tubuh. Hormon insulin sendiri yaitu hormon yang mengontrol kadar gula dalam darah. Daun kersen bermanfaat untuk membantu mengontrol gula darah sehingga baik digunakan untuk mencegah diabetes kambuh dan bisa dijadikan pencegahan untuk kamu yang memiliki potensi diabetes.

4. Sebagai Anti Peradangan



Manfaat daun kersen selanjutnya sebagai obat anti inflamasi atau anti peradangan. Daun kersen yang aktif melawan bakteri menyebabkan daun kersen dapat bertindak sebagai agen anti inflamasi juga. Kamu bisa menjadikan daun kersen sebagai salah satu obat alternatif yang bisa digunakan untuk mengatasi peradangan, seperti radang tenggorokan dan bisa juga mengobati peradangan pada kulit. Selain untuk peradangan, daun kersen juga mampu untuk mengurangi nyeri pada tubuh. Tidak heran daun ini sangat direkomendasikan bagi yang sedang mengalami radang tenggorokan dan merasakan nyeri pada tubuhnya. 

5. Mencegah Tekanan Darah Tinggi



Penyakit darah tinggi sering dihubungkan sebagai salah satu penyakit yang berbahaya karena bisa memicu penyakit lainnya seperti jantung dan stroke. Daun kersen mempunyai manfaat untuk mencegah darah tinggi kambuh. Namun, jika tekanan darah tinggi sudah terlanjur kambuh dan sudah parah, efektivitas obat ini akan berkurang.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh



Manfaat dari daun kersen yang terakhir adalah untuk daya tahan atau imunitas tubuh. Kandungan antioksidan dan vitamin yang terkandung di dalamnya akan membantu memelihara tubuh dan melindungi dari berbagai penyakit yang berbahaya.

Itulah di atas 6 manfaat daun kersen yang wajib kamu ketahui. Meski dikenal sebagai tanaman biasa, nyatanya manfaat dari kersen sangat banyak ya Lemonizen. Mulai sekarang, coba mengkonsumsi daun kersen yuk! 
Komentar
Belum ada komentar.
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.