6 Manfaat Daun Sukun dan Cara Pengolahannya yang Benar

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan buah sukun. Buah yang sering dijadikan cemilan ini memang enak. Bukan hanya buahnya, ternyata daun dari buah sukun ini juga bermanfaat. Manfaat daun sukun sering digunakan sebagai pengobatan tradisional Cina dengan menjadikannya teh untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Berikut manfaat dari daun sukun yang sangat sayang untuk dilewatkan:

1. Menyembuhkan Luka

Daun sukun bisa dimanfaatkan sebagai obat penyembuh luka karena mengandung sifat antioksidan di dalamnya. Daun yang kaya akan kandungan senyawa polifenol, flavonoid, tanin, dan alkaloid  ini juga membantu proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat. banner consideration shipping bg blue

2. Mengontrol Kadar Gula Tubuh

Kadar gula berlebih pada tubuh menjadi salah satu tanda terkena penyakit diabetes. Untuk mengatasinya, kamu bisa memanfaatkan daun sukun sebagai solusi karena memiliki efek insulin yang mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, senyawa flavonoid yang terkandung dalam daun sukun juga mampu menjaga kestabilan gula darah dan juga menurunkan dari risiko terkena penyakit diabetes.

3. Atasi Alergi

Alergi terjadi sebagai respon sistem kekebalan tubuh terhadap zat asing yang biasanya tidak berbahaya bagi tubuh. Alergi tersebut muncul karena tubuh tidak dapat membentuk hormon atau enzim yang bertanggung jawab untuk sistem anti-alergen dalam tubuh. Kondisi ini akan membuat sistem dalam tubuh mengalami kegagalan saat mengenali beberapa zat. Hal ini akan membuat beberapa reaksi ketika berhadapan dengan alergen. Konsumsi daun sukun secara rutin bisa memperkecil adanya reaksi alergi dalam tubuh. 

4. Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti komplikasi hipertensi, diabetes, atau gagal ginjal. Selain itu, pola metabolisme tubuh yang buruk juga dapat membentuk plak di pembuluh darah yang menyebabkan aterosklerosis, yaitu kondisi pengerasan pada pembuluh darah, dan gangguan kardiovaskular lainnya. 
banner consideration promotion bg blue
Senyawa yang ada dalam daun sukun akan membantu tekanan darah menjadi normal dan meningkatkan aliran darah. Daun sukun dapat menjaga jantung karena adanya kandungan senyawa flavonoid, riboflavin, dan sitosterol sehingga membantu untuk meminimalisir kerusakan sistem kardiovaskular.

5. Meredakan Asam Urat

Sifat anti-inflamasi yang ada pada daun sukun sangat baik untuk mengurangi peradangan yang terjadi pada sendi.  Mengkonsumsi teh daun sukun dapat membantu mengurangi penyakit asam urat secara bertahap. Namun, saat mengonsumsi teh daun sukun lebih baik untuk menghindari makanan dengan kandungan purin yang tinggi, karena purin adalah penyebab timbulnya asam urat.
Tingkat asam urat yang tinggi juga dikenal sebagai hiperurisemia, yaitu kondisi yang dapat menyebabkan penyakit encok. Peningkatan kadar asam urat juga dikaitkan dengan kondisi kesehatan lainnya, seperti penyakit jantung, diabetes, dan penyakit ginjal.

6. Mengatur Kolesterol

Kondisi kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan terjadi kerusakan pada sistem kardiovaskular. Manfaat daun sukun bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh kamu. Hal ini karena kandungan antioksidan yang terkandung dalam daun sukun berperan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, sekaligus membuat kamu terhindar dari gangguan kesehatan lainnya, seperti penyakit jantung koroner.
Pengolahan daun sukun sendiri juga sangat mudah. Caranya adalah sebagai berikut:
  1. Siapkan beberapa lembar daun sukun yang sudah tua dan masih bagus. Lalu bersihkan dengan air dan keringkan.
  2. Setelah itu, rebus daun sukun dalam 5 gelas air putih. Masak sampai tersisa setengahnya.
  3. Angkat dan tuangkan dalam gelas dan diamkan hingga teh hangat. Kamu juga bisa mengkonsumsi teh daun sukun saat benar-benar dingin.banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Itulah manfaat daun sukun dan cara mengolahnya yang benar sehingga manfaatnya bisa kamu rasakan. Dengan berbagai manfaat tersebut, mulai sekarang jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi daun sukun ya! 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami