Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

6 Manfaat Jus Tomat, Bukan Sekedar Tingkatkan Imun Tubuh

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
21 Sep 2021
Clock Icon
4 menit
Manfaat Jus Tomat

Lemonizen, siapa di antara kamu yang suka mengonsumsi tomat? Tomat merupakan salah satu  buah yang mudah ditemukan, diolah, dan harganya murah. Ada banyak menu olahan buah tomat yang sering  dikonsumsi masyarakat. Mulai dari salad, sambal, tomat panggang hingga jus tomat pun cukup banyak diminati. 


Selain memiliki rasa yang segar dan warna yang menggugah selera, manfaat jus tomat untuk kesehatan juga tidak main-main, lho. Buah tomat diketahui kaya akan vitamin C, vitamin A, vitamin E, K dan B hingga tiamin, niacin, asam pantotenat, riboflavin dan B-6. Secara umum, kandungan tersebut dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan berbagai penyakit. 


Namun ternyata, manfaat jus tomat ternyata lebih dari itu, Lemonizen! Ada beragam manfaat minum jus tomat lainnya yang bisa kamu dapatkan untuk kesehatan tubuh. Apa saja? Yuk, simak di bawah ini! 


1. Mencegah penyakit stroke 


Penyakit jantung seperti stroke maupun serangan jantung merupakan penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian. Namun, berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam Critical Reviews of Food Science and Nutrition, tomat dapat membantu mencegah penyakit stroke. 


Kandungan potasium, vitamin C dan E di dalamnya dapat membantu memelihara tekanan darah dengan menurunkan kandungan natrium dalam tubuh. Sementara kandungan likopen dinilai dapat membantu memperkuat arteri sehingga mengurangi kadar kolesterol dalam darah.  


2. Menurunkan risiko kanker 


Menurut jurnal Nutrition Research and Practice, kandungan likopen dalam jus tomat juga dapat berperan menurunkan risiko penyakit kanker. 


Laporan lainnya menunjukkan bahwa likopen dapat berperan sebagai anti inflamasi dan anti kanker sehingga menurunkan risiko kanker payudara, kanker prostat dan kanker paru-paru. 


Bukan hanya itu, kandungan likopen juga ditemukan dapat menghambat pertumbuhan tumor di hati, paru-paru, prostat, payudara serta usus besar.


3. Membantu menurunkan berat badan


Manfaat jus tomat lainnya bagi kesehatan adalah sebagai makanan yang dapat melawan peradangan. Peradangan seringkali mengganggu respons tubuh terhadap hormon leptin yang memberi sinyal pada otak untuk berhenti makan saat kenyang. Sehingga nafsu makan tidak dapat terkontrol dengan baik. 


Kabar baiknya, mengonsumsi jus tomat dapat mengurangi peradangan ini. Sehingga nafsu makan lebih mudah diatur yang menyebabkan penurunan berat badan. Lebih lanjut, jus tomat juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit yang berkembang dari kondisi peradangan seperti diabetes maupun penyakit kardiovaskular. 


4. Memelihara kesehatan mata


Manfaat jus tomat juga bisa dirasakan oleh organ mata. Secara umum, jus tomat kaya akan beta karoten, lutein dan zeaxanthin serta vitamin C yang dapat melindungi kesehatan mata. Sehingga masalah mata seperti katarak maupun degenerasi makula. 


5. Memelihara kesehatan kulit


Jus tomat dan olahan makanan berbahan dasar tomat pada dasarnya kaya akan likopen. Kandungan ini dapat melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari hingga luka bakar akibat sinar matahari. 


6. Melancarkan pencernaan


Mengonsumsi jus tomat secara teratur juga dapat melancarkan sistem pencernaan. Jus tomat dapat merangsang pergerakan usus sehingga perut terhindar dari sembelit. Hal ini disebabkan oleh tomat yang mengandung serat dan berfungsi sebagai pencahar ringan bagi tubuh. 


Wah, banyak sekali bukan manfaat jus tomat untuk kesehatan tubuh! Mulai sekarang, kamu tidak perlu ragu untuk mengonsumsi jus tomat. 


Namun, untuk mendapatkan manfaat jus tomat secara maksimal jangan lupa pilih jus tomat yang segar dan alami ya, Lemonizen. Bila kamu memilih jus tomat siap saji yang tersedia di toko, selalu pastikan jus tomat tersebut tidak mengandung tambahan garam, gula, dan pengawet. 

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.