Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

6 Manfaat Lada Putih, Selain Mampu Menurunkan Berat Badanmu

Rizki Indra
Rizki Indra
05 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat lada putih yang bisa dirasakan jika dikonsumsi setiap hari.
Lada atau yang biasa disebut dengan merica merupakan salah satu rempah yang sering kali digunakan untuk bumbu masakan. Namun ternyata, lada putih juga memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan. Manfaat lada putih ini mencakup segala hal dalam kesehatan tubuh manusia. Itulah sebabnya, kamu harus mengkonsumsi lada putih ini dalam menjaga kesehatan dan manfaat lainnya yang baik untuk tubuh.
banner consideration shipping bg blue

Lada merupakan buah-buahan mentah yang berasal dari jenis tanaman Piper Nigrum. Bahkan sudah sejak zaman penjajah, lada ini dicari oleh mereka untuk diperdagangkan kembali. Hingga akhirnya menjadi komoditas rempah yang dijual di seluruh dunia. Lada putih juga banyak digunakan sebagai salah satu bahan obat-obatan tradisional di India. Sampai saat ini lada baik untuk mengatasi sakit perut, kolera, bronkitis, dan sebagainya. Manfaat dari lada putih ini diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Meredakan Hidung yang Tersumbat



Apabila kamu mengalami hidung tersumbat maka kamu bisa menggunakan lada putih ini untuk mengatasinya. Terdapat kandungan dekongestan yang sifatnya alami pada lada, yang ampuh dalam mengencerkan lendir di dalam hidung. Ketika hidung tersumbat, lendir seringkali menumpuk di area pernapasan. Cara menggunakannya adalah dengan mencampur sedikit lada dengan masakan yang berkuah misalnya sup. Dan dikonsumsi selagi hangat.

2. Mencegah Kerusakan Sel dalam Tubuh



Penyebab rusaknya sel dalam tubuh adalah adanya radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. kamu bisa mencegah kerusakan sel tersebut dengan asupan antioksidan yang cukup yang berasal dari sayur dan buah-buahan. Selain dari buah dan sayur, kamu juga bisa mendapat antioksidan ini dari lada. Lada juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan memiliki efek anti radang yang bisa mencegah terjadinya kerusakan pada sel.

3. Menghambat Pertumbuhan Bakteri



Ekstrak lada juga memiliki kemampuan dalam menghambat pertumbuhan bakteri. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan di laboratorium. Bakteri seperti  Staphylococcus, E. coli, Salmonella, dan Listeria. Hal itu disebabkan oleh sifat antibakteri yang terdapat pada lada putih yang bisa mencegah bakteri yang biasanya berkembang di dalam makanan.
banner consideration promotion bg blue

4. Mengobati Penyakit Lambung



Manfaat lainnya dari lada putih ini adalah membantu para lansia yang mengalami kesulitan dalam menelan. Selain itu, lada putih juga ampuh dalam mengobati gangguan yang terjadi pada lambung. Sama seperti ekstrak yang terdapat pada lada hitam yang memiliki sifat antibakteri dan anti radang. Sehingga akan menghambat pertumbuhan bakteri yang menjadi penyebab pada penyakit tukak lambung.

5. Mampu Meredakan Radang Sendi



Sifat anti radang pada lada mampu mengurangi peradangan, dan juga nyeri untuk penderita arthritis karena kandungan piperin di dalamnya. Menurut penelitian, kandungan piperin yang terkandung pada lada putih bisa menghambat hormon prostaglandin yang menjadi pemicu pada terjadinya peradangan di bagian sendi.

6. Mengontrol Kadar Gula dalam Darah



Minyak lada juga ampuh dalam mengatasi penyakit diabetes tipe 2. Kandungan piperin juga bisa menurunkan kadar glukosa yang terdapat di dalam darah. Menurut penelitian lainnya, piperin juga bisa menghambat enzim amilase yang memecah pati menjadi kandungan glukosa. Walaupun begitu, penelitian ini telah dibuktikan pada hewan dan belum terjadi pada manusia.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Jika sudah mengetahui apa saja manfaat lada putih ini, maka pastikan kamu menggunakan lada putih dalam olahan masakan yang kamu buat di rumah. Selain itu, kamu juga bisa mengkonsumsi makanan dengan bumbu dari produk lemonilo yang dijamin sehat dengan komposisi yang tepat dan menyehatkan.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.