Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

6 Manfaat Tempe Selain Enak Tempe Juga Bagus

Rizki Indra
Rizki Indra
05 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Sehatkan tubuh dengan beberapa manfaat tempe yang penting.

Tahukah Anda jika manfaat tempe sebenarnya sangat baik untuk kesehatan? Yap! Tempe yang terbuat dari kedelai maupun jenis kacang lainnya, memang mempunyai kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Makanan yang satu ini cukup digemari oleh masyarakat Indonesia sebagai lauk untuk makan. Tempe dibuat dengan cara fermentasi sehingga kaya nutrisi dan gizi.

Protein, kalsium, fosfor, thiamin, vitamin B12, retinol, karbohidrat, serat, riboflavin, asam pantotenat, niasin, biotin, dan piridoksin adalah kandungan nutrisi dalam tempe. Nah, kandungan itu cukup baik untuk tubuh. Niacin yang terkandung dalam tempe bisa dipergunakan sebagai pengobatan penting untuk membantu mengurangi kadar kolesterol tinggi.

banner consideration shipping bg blue

Tubuh juga tidak hanya membutuhkan nutrisi yang berasal dari hewani, tapi nutrisi lain dari tumbuhan, termasuk makanan seperti tempe. Dengan terpenuhinya gizi serta nutrisi tentu akan membawa efek baik bagi kesehatan tubuh. Berikut manfaat tempe yang berpengaruh pada kesehatan tubuh manusia :

1. Tempe Mengandung Probiotik


Tempe sebagai makanan yang diproses dengan cara fermentasi, ternyata dapat berefek meningkatkan antibodi dan sistem kekebalan tubuh. Apalagi kalau diimbangi dengan pengaturan pola makan mengurangi konsumsi gula dan karbohidrat, perbanyak sayuran fermentasi mampu mengobati infeksi jamur candida dalam usus.

Jika banyak mengonsumsi makanan probiotik yang telah difermentasi akan memperoleh banyak manfaat. Lapisan usus akan terlindungi dari patogen (salmonella dan E.coli). Probiotik memiliki manfaat dapat memecah gula supaya mudah dicerna tubuh, memecah karbohidrat, mengendalikan bakteri jahat dalam tubuh, dan melawan diare.

2. Membantu Mengurangi Kolesterol


Kolesterol dalam tubuh tinggi membuat orang berupaya untuk menurunkan ke batas normal. Vitamin B3 atau Niacin dalam tempe terbukti mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, dapat menurunkan kolesterol secara alami, sehingga menghindari serangan jantung, stroke, dan lainnya.

3. Tempe Mencegah Anemia


Anemia tentu dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 yang membantu produksi sel darah merah. Biasanya banyak terdapat pada daging, telur, ikan, dan susu, tetapi itu tidak cocok bagi vegetarian. Sehingga memerlukan dari sumber lain yang berasal dari tumbuhan, yaitu tempe sebagai pangan nabati.

banner consideration promotion bg blue

4. Tempe Menurunkan Risiko Osteoporosis


Kandungan fosfor dan kalsium pada tempe bermanfaat untuk pertumbuhan gigi dan tulang, terutama bagi anak-anak. Dengan asupan kalsium dan fosfor pada wanita menopause penting sebab bermanfaat menurunkan resiko Osteoporosis. Kandungan kalsium sungguh menakjubkan sebab kalsium yang dimiliki tidak berbeda jauh dari susu sapi.

5. Tempe Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes


Penderita diabetes tidak mudah memilih makanan yang aman dikonsumsi agar tidak memicu meningkatnya gula darah. Oleh karena itu, tempe yang mengandung isoflavon dan serat dapat mengendalikan kestabilan gula darah. Tempe juga dapat memperbaiki resistensi insulin dalam tubuh. Dengan begitu, tempe aman untuk dikonsumsi oleh pengidap diabetes.

6. Tempe Mengandung Antioksidan Tinggi


Tempe bermanfaat untuk antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan bermacam gangguan hingga penyakit kanker. Kandungan nutrisi isoflavon serta lainnya yang terdapat dalam tempe dapat bermanfaat dan mampu menangkal radikal bebas.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Nah, itulah manfaat tempe untuk kesehatan tubuh. Tempe memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Akan tetapi, tetap memperhatikan konsumsi tempe supaya tidak berlebihan dan harus diimbangi dengan pola makan sehat supaya tubuh tetap terjaga kesehatannya. Tidak lupa untuk melakukan olahraga secara teratur sehingga metabolisme tubuh terjaga dengan baik.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.