Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kecantikan

6 Penyebab Kaki Kamu Pecah-pecah, Penting untuk Diketahui!

Rizki Indra
Rizki Indra
02 Nov 2021
Clock Icon
3 menit
Penyebab kaki pecah-pecah bisa diketahui dengan mudah.

Meski terdengar sepele, nyatanya kamu tidak boleh meremehkan penyebab kaki pecah-pecah. Pasalnya, kondisi kaki pecah-pecah yang dibiarkan terlalu lama, bisa menimbulkan hal-hal di luar dugaan. Misalnya sampai berakibat infeksi atau lainnya.


Biasanya, kaki pecah-pecah terjadi pada bagian tumit, sehingga terkadang akan sakit saat berjalan. Penyebab yang paling umum adalah kulit kering. Selain itu, ada beberapa hal lain yang bisa menjadi faktor munculnya kondisi ini. Inilah beberapa penyebab kaki pecah-pecah yang harus kamu waspadai:

1. Kutu Air


Kondisi kutu air atau tinea pedis biasa terjadi pada kulit kaki yang terlalu lembab. Misalnya karena terlalu lama memakai kaus kaki sampai berkeringat atau sebab lainnya. Kutu air ini termasuk jamur yang bisa menyebar kepada orang lain. Baik itu melalui perantara handuk atau lainnya. Jadi, sebaiknya hindari tempat yang tergenang air. Namun, kondisi ini bisa juga terjadi saat kulit kering.

2. Eksim


Gejalanya biasanya berupa kulit kering, terasa gatal, dan mulai mengelupas ketika digaruk. Eksim atau dermatitis merupakan penyakit kulit kronis yang menyebabkan kulit meradang hingga pecah-pecah. Kondisi ini bukan hanya terjadi pada kaki, tetapi bisa juga di bagian kulit kepala, dahi, dan pipi. Penyakit ini bisa menyerang orang-orang dari berbagai usia. Maka dari itu, jika mengalami gejalanya, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

3. Iritasi


Biasanya, iritasi terjadi akibat penggunaan sabun atau detergen yang kurang cocok. Dengan begitu, semakin lama kelembaban kulit akan ikut menghilang. Hal inilah yang menyebabkan kulit kaki pecah-pecah. Sebaiknya gunakan sabun atau deterjen yang aman digunakan pada berbagai jenis kulit. Bisa juga dengan memakai produk herbal atau alami. Dengan begitu, adanya iritasi akan terminimalisir.

4. Kekurangan Nutrisi


Kebutuhan nutrisi yang tidak tercukupi dengan baik, ternyata juga bisa menjadi penyebab kulit kaki pecah-pecah, lho. Khususnya nutrisi mineral dan vitamin yang dapat menjaga kelembaban kulit.  Oleh karena itu, pastikan selalu mengonsumsi makanan yang bergizi. Terutama yang mengandung vitamin D, E, dan C, serta kandungan yang lainnya. Dengan begitu, nutrisi tubuh terpenuhi dan terhindar dari kondisi kulit pecah-pecah.

5. Obesitas


Kelebihan berat badan juga menjadi salah satu faktor timbulnya kulit pada kaki pecah-pecah. Hal itu karena tekanan badan yang lebih berat daripada ukuran normal. Jadi, tumpuan pada kaki pun meningkat. Hal itulah yang membuat kulit lebih rentan mengalami kerusakan. Apalagi obesitas juga dapat memicu penyakit kronis lainnya. Maka dari itu, selalu jaga pola hidup sehat agar kesehatan juga tetap terjaga.

6. Tanda Penuaan


Ternyata tanda penuaan bukan hanya kerutan di wajah, melainkan juga terlihat pada kaki. Sebab, usia yang bertambah, elastisitas kulit pun akan semakin menurun. Maka dari itu, kulit menjadi lebih kering dan kasar.


Namun, bukan berarti tidak ada pencegahannya. Jika kulit wajah bisa menjadi lebih lembab dengan skincare. Pada kaki pun sama, seseorang bisa memakai krim khusus kaki untuk menjaganya dari kekeringan.


Selain itu, juga bisa melakukan pembersihan secara rutin dan gunakan alas yang lembut saat berjalan. Baik itu di dalam atau luar rumah. Dengan begitu, akan meminimalisir adanya kerusakan pada kulit kaki.


Itulah berbagai penyebab kaki pecah-pecah yang harus kamu waspadai. Mulai dari kutu air, kekurangan nutrisi, hingga obesitas. Dengan memahami berbagai penyebab ini, kamu bisa menghindarinya agar tidak sampai mengalami pecah-pecah pada kaki.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.