Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kecantikan

6 Penyebab Wajah Berkomedo yang Harus Kamu Hindari

Rizki Indra
Rizki Indra
27 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak penyebab komedo yang wajib diketahui agar terhindar dari komedo.

Komedo adalah salah satu permasalahan pada wajah yang sudah sangat umum dan dialami oleh setiap orang. Habitat yang paling umum untuk komedo adalah hidung dan dagu. Sama seperti permasalahan kulit yang lain, ada penyebab yang membuat si komedo ini muncul. Jika penyebab ini tidak dihindari, komedo akan merasa betah untuk tinggal di wajah. Komedo dapat membuat wajah tampak kusam dan kotor. Alhasil, rasa percaya diri akan menurun karena komedo yang muncul di wajah. Berikut penyebab komedo yang sebaiknya kamu hindari.

1. Asupan Makanan yang Tidak Sehat

Makanan menjadi salah satu faktor utama yang membuat komedo sering muncul di wajah. Sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan berlemak dapat memicu kemunculan komedo di wajah. Terlebih jika makanan tersebut memiliki kandungan karbohidrat dan gula yang tinggi. Beberapa jenis makanan yang sebaiknya dibatasi adalah kue, kacang-kacangan, makanan cepat saji, gorengan, dan permen.

2. Tidak Rajin Membersihkan Sisa Makeup


Sisa makeup yang menumpuk dan tidak dibersihkan turut menjadi penyebab komedo yang banyak terjadi. Kosmetik memiliki kandungan bahan yang kurang baik apabila dibiarkan terlalu lama menempel pada wajah. Pada akhirnya, sisa makeup akan membuat pori-pori menjadi tertutup.


Maka dari itu, selalu bersihkan sisa makeup sebelum tidur dengan metode double cleansing. Metode double cleansing akan membantu membersihkan kotoran yang menumpuk hingga ke  lapisan terdalam kulit. Kamu bisa menggunakan cleansing balm, cleansing oil, atau micellar water lalu melanjutkannya dengan facial wash.

3. Stres yang Tidak Terkendali


Stres merupakan salah satu gangguan yang dapat menyebabkan komedo mudah muncul. Hormon penyebab stres menjadi meningkat yang juga turut mempengaruhi produksi sebum pada wajah. Tidak hanya memicu munculnya komedo, stres juga dapat membuat wajah tampak lebih kusam dan berjerawat. Kamu bisa mengurangi stres dengan mengatur pola pikir, berusaha berpikir lebih positif, istirahat yang cukup, makan makanan bergizi, dan olahraga teratur.

4. Kurang Asupan Air Putih


Meski terlihat sepele, air putih sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Selain dapat menimbulkan masalah kesehatan, kekurangan air putih dapat membuat komedo muncul. Biasanya, area hidung menjadi habitat favorit bagi komedo yang muncul akibat kurang air putih ini.


Kulit pun berubah menjadi lebih kusam dan terlihat kurang sehat. Menggunakan skincare saja tidaklah cukup untuk membuat kulit terbebas dari komedo. Kamu perlu rutin minum air putih dan mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur.

5. Kurang Menjaga Kebersihan


Kurang menjaga kebersihan turut mempengaruhi kondisi kulit wajah. Debu dan kotoran yang tidak dibersihkan akan menyumbat pori-pori wajah dan membuat munculnya komedo. Untuk itu, kamu disarankan agar selalu melakukan double cleansing setiap hari sebelum tidur, rutin mencuci tangan sebelum menggunakan skincare, mengganti sprei secara rutin, membersihkan layar smartphone, membersihkan alat makeup secara rutin, dan mencuci handuk.

6. Menggunakan Skincare yang Tidak Sesuai


Setiap orang memiliki tipe kulit yang berbeda-beda. Hal inilah yang membuat kamu harus bisa memilih skincare yang sesuai dengan tipe kulit kamu. Bukan tanpa alasan, beberapa kandungan bahan yang ada di skincare terkadang kurang ‘friendly’ untuk diterapkan pada kulit. Seperti kulit sensitif yang tidak tahan dengan skincare beralkohol atau mengandung fragrance.


Aturan seperti ini juga berlaku pada pemilik jenis kulit oily, kering, dan kombinasi. Skincare yang tidak cocok akan memicu munculnya komedo pada wajah. Maka dari itu, pilih skincare yang sesuai dengan tipe kulit kamu.


Demikianlah enam penyebab komedo paling umum yang perlu kamu ketahui. Sebagai permasalah kulit yang paling umum dan mudah muncul, komedo memang cukup menjengkelkan karena dapat membuat wajah kurang paripurna. Hindari enam penyebab di atas agar komedo tidak mudah muncul.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.