6 Pilihan Tepung Bebas Gluten untuk Hasilkan Makanan Sehat dan Nikmat

22 Sep 2020 @ 17:21:43
Tepung merupakan bahan makanan yang umum digunakan untuk pembuatan berbagai produk, seperti mie dan roti.  Perlu diketahui bahwa sebagian besar produk makanan ini dibuat dari tepung terigu. 

Meski tidak menjadi masalah bagi banyak orang, tepung terigu tidak cocok untuk orang yang sensitif terhadap gluten. Tak perlu khawatir, ada beragam tepung bebas gluten yang mudah ditemui di pasaran.

Masing-masing tepung bebas gluten ini memiliki rasa, tekstur, dan kandungan nutrisi yang berbeda. Dirangkum dari Healthline, berikut ini adalah 6 pilihan tepung bebas gluten terbaik yang bisa kamu gunakan di dapur sehatmu.

1. Tepung almond

Tepung almond merupakan tepung bebas gluten yang paling umum. Satu cangkir tepung almond mengandung sekitar 90 kacang almond sehingga rasanya tidak berubah.

Jika ingin membuat makanan yang dipanggang dengan tepung almond, makanan akan terasa lebih padat sehingga penting untuk memperhatikan komposisi bahan lainnya.

Tepung almond mengandung banyak mineral, di antaranya adalah zat besi, magnesum, kalsium, kalium, tembaga, dan mangan. Selain itu, tepung almond juga merupakan sumber vitamin E dan lemak tak jenuh tunggal.

2. Tepung sorgum

Tepung sorgum memiliki warna yang cerah serta rasa yang lembut dan manis. Tepung sorgum dianggap sebagai tepung yang padat dan penggunaannya biasa dicampur dengan tepung bebas gluten lain.

Biji sorgum kaya akan serat dan protein yang dapat memperlambat penyerapan gula. Selain itu, sorgum juga mengandung zat besi, mineral, dan antioksidan yang membantu melawan peradangan.

3. Tepung bayam

Tepung bayam bisa menggantikan 25 persen tepung terigu namun harus dikombinasikan dengan tepung jenis lain jika ingin membuat makanan yang dipanggang.

Tepung bayam banyak digunakan untuk membuat kulit pai, roti, dan tortilla. Kaya akan serat, protein, mikronutrien mangan, magnesium, fosfor, besi, dan selenium, membuat tepung bebas gluten ini dapat membantu fungsi otak serta menjaga kesehatan tulang.

4. Tepung jagung

Tepung jagung dibuat dari biji utuh dan biasa digunakan sebagai pengental. Selain itu, tepung jagung bisa juga digunakan untuk membuat roti dan tortilla. Tersedia dalam varietas putih dan kuning, tepung jagung dapat dikombinasikan dengan tepung bebas gluten lainnya untuk membuat pizza.

Tepung jagung tinggi serat dan sumber karotenoid lutein dan zeaxanthin. Kedua senyawa ini bertindak sebagai antioksidan dan bermanfaat bagi kesehatan mata dengan mengurangi degenerasi makula terkait usia.
Selain itu, tepung jagung juga tinggi vitamin B6, taimin, mangan, magnesium, dan selenium antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

5. Tepung beras merah

Tepung beras merah terbuat dari beras merah yang digiling halus. Tepung beras merah bisa digunakan untuk pengental saus atau membuat mie.
Tepung bebas gluten ini kaya akan protein dan sarat yang keduanya dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan menurunkan berat badan. 

Selain itu, tepung beras merah juga mengandung zat besi, vitain B, magnesium, mangan, serta senyawa tanaman lignan. Senyawa lignan ini terbukti mampu mencegah penyakit jantung.

6. Tepung oat

Tepung oat sangat cocok digunakan untuk membuat makanan yang dipanggang karena akan memberikan cita rasa yang lebih kaya. Oat mengandung sejenis serat larut yang disebut beta-glukan dan memiliki banyak manfaat.

Selain itu, tepung bebas gluten ini juga kaya akan nutrisi seperti protein, magnesium, fosfor, vitamin B, dan kelompok antioksidan avenanthramides. Kandungan nutrisi dalam tepung oat mamberikan perlindungan dari penyakit jantung dan menurunkan kadar gula darah.

Artikel Terkait

Kenali 6 Jenis Minyak untuk Masakan, Mana yang Sering Kamu Gunakan?
Salah satunya adalah minyak kelapa yang bisa digunakan hingga tiga kali penggorengan..
Shella Rafiqah Ully
14 Oktober 2020
Resep Sundubu Jjigae ala Drakor Itaewon Class, Spesial Pakai Mie Lemonilo!
Makanan khas Cafe DanBam di drama korea Itaewon Class ini jadi lebih spesial dengan mie instan Lemonilo!..
Shella Rafiqah Ully
08 Oktober 2020
4 Cara Mengolah Kacang Almond Jadi Cemilan Sehat dan Enak
Mulai dari kacang almond panggang, dicampur oatmeal, hingga diolah menjadi kue pai..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020