6 Salad Dressing Sehat dan Nikmat, Cocok untuk Semua Jenis Salad

25 Aug 2020 @ 18:53:25
Salad adalah pilihan menu yang tepat untuk pola makan sehat. Apalagi, jika kamu sedang menjalankan program penurunan berat badan. Salad buah maupun salad sayur menawarkan kalori sehat sekaligus mengenyangkan perut. Selain itu, vitamin dan mineral yang tinggi juga terkandung dalam salad.

Meski demikian, mengonsumsi salad bisa jadi tidak sehat. Pasalnya, ada saus atau salad dressing yang belum tentu sehat. Jika salah memilih, upaya mengendalikan kalori dengan makan salad bisa jadi sia-sia. Dirangkum dari laman Wholefully, berikut adalah beberapa salad dressing sehat yang bisa kamu coba.

Greek Yogurt
Salad dressing yang bahan utamanya adalah greek yogurt mengandung lemak dan protein yang sehat. Jika kamu ingin salad dressing yang lebih ringan, gunakan greek yogurt yang rendah lemak. Rasanya yang unik dan otentik cocok dipadukan dengan berbagai jenis salad, lho! 

Sebagai catatan, simpan salad dressing ini di toples yang kedap udara dan letakkan di lemari es hingga seminggu. Kamu bisa juga menambahkan ¼ cangkir buttermilk jika ingin tekstur salad dressing yang lebih kental.

Chile-Lime
Suka dengan salad dressing yang segar? Cobalah salad dressing Chile-Lime yang pedas dan asam ini. Kamu bisa juga menambahan lebih banyak cabai merah untuk mendapatkan rasa pedas yang lebih ‘nendang’. Chile-Lime sangat cocok disantap dengan salad kacang hingga taco salad. Yum!

Honey Mustard
Honey mustard memberikan sensasi salad dressing yang manis dan ‘tajam’. Resepnya juga sangat mudah, lho! Kamu hanya perlu mencampurkan madu dengan mustard. Jika ingin rasa manis yang lebih kuat, tambahkan madu dalam jumlah lebih banyak. Tak hanya cocok disantap dengan berbagai jenis salad, honey mustard juga sangat nikmat untuk marinasi daging.

Italian Salad Dressing
Para pecinta salad sepertinya akan jatuh cinta dengan Italian salad dressing. Rasanya manis namun tidak terlalu kuat. Ada juga campuran bumbu yang memunculkan rasa pedas dan rasa yang otentik dari tambahan keju parmesan. Selain untuk salad, Italian salad dressing biasanya juga digunakan untuk pasta, marinasi ayam atau ikan, dan saus roti.

Greek Yogurt Blue Cheese
Suka dengan blue cheese? Cobalah salad dressing ini. Saus blue cheese dan greek yogurt memberikan rasa yang lembut dan nikmat. Salad dressing ini juga menggunakan greek yogurt yang alami. Jika kamu ingin blue cheese lebih terasa, pastikan kamu menghaluskannya sebelum mencampur dengan greek yogurt. Cita rasa yang lezat dan protein sehat akan kamu dapat dari greek yogurt blue cheese.
 
Sesame-Ginger
Sesuai namanya, salad dressing ini mempunyai rasa perpaduan antara jahe dan wijen. Cita rasa pedas yang otentik membuat salad dressing ini kental dengan nuansa Asia. Selain untuk salad, salad dressing ini cocok juga disantap dengan daging ayam atau sapi.

Perlu diingat, setelah kamu mengonsumsi salad, kamu masih harus menjaga pola makan dan rutin olahraga. Pasalnya, hanya menyantap salad tidak akan membuat pola hidupmu selalu sehat. Aktivitas fisik juga dibutuhkan untuk membakar lemak dan kalori dalam tubuh.

Jika kamu sudah menyantap salad di siang hari, bukan berarti kamu boleh makan apapun atau ngemil sepuasnya di malam hari. Tetap jaga asupan sehari-hari, ya! Perhatikan lemak dan kalori jika kamu ingin pola makan yang seimbang dan menyehatkan. Takaran salad dressing yang kamu gunakan untuk salad seharusnya juga dibatasi tidak lebih dari dua sendok makan.


Artikel Terkait

4 Fakta Dark Chocolate, Bisa Turunkan Berat Badan?
Dark chocolate memiliki fakta gizi yang perlu kamu ketahui, terutama yang berkaitan dengan penurunan berat badan dan kan..
Norman Mahardhika
25 Agustus 2020