Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

6 Strategi Berjualan Online di Marketplace, Langsung dari Om Botak!

Shella Rafiqah Ully
Shella Rafiqah Ully
05 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
perang harga marketplace

Beberapa waktu lalu, Lemonilo mengadakan Lemonilo Entrepreneurs Club yang mengundang Om Botak, seorang Marketplace Expert dan Seller Mentor sebagai pembicara. Lemonilo Entrepreneurs Club sendiri terbuka untuk umum dan tak hanya terbatas pada Wiranilo saja.


Dalam webinar kali ini, Lemonilo mengajak siapa saja yang memiliki bisnis atau yang baru berencana berbisnis untuk belajar strategi bisnis bersama ahlinya. Apa saja saran dari Om Botak agar bisnis yang kamu miliki berjalan lancar ketika berjualan di marketplace? Ini dia daftarnya!




1. Latar belakang Om Botak lebih memilih marketplace

Berjualan online memang memiliki banyak pilihan platform mulai dari sosial media hingga marketplace. Om Botak sendiri sejak memutuskan berjualan online langsung memilih marketplace sebagai tempat berjualan. Menurutnya, berjualan di marketplace sangatlah efektif sebab tidak perlu membangun sistem untuk tempat berjualan, melainkan hanya fokus ke pemasaran produk. banner consideration shipping bg blue


Selain itu, berjualan di marketplace juga bisa memberikan banyak promo kepada customer. Seperti salah satunya promo gratis ongkos kirim yang banyak dicari oleh pelanggan jika berbelanja online di marketplace.


2. Ketentuan yang harus dipatuhi ketika berjualan di marketplace

Calon seller harus memiliki pemahaman soal ketentuan apa saja yang harus dipatuhi untuk bisa berjualan dengan lancar di marketplace. Menurut penjelasan Om Botak, setidaknya ada beberapa ketentuan yang harus dipatuhi jika ingin berjualan di marketplace.


Pertama, tidak boleh berjualan jasa. Kalaupun berjualan jasa, Om Botak menyarankan harus ada barang fisik yang dikirimkan ke customer. Sebab di marketplace menilai transaksi sudah selesai atau belum dengan bukti resi pengiriman barang. Kedua, tidak boleh berjualan produk MLM. Sebab masing-masing sistem MLM sudah memiliki peraturan yang melarang produk-produk mereka dipasarkan di marketplace. Ketiga, produk-produk yang dijual di marketplace harus memiliki sertifikat terkait yang dibutuhkan seperti BPOM atau SNI.


3. Solusi bagi kamu yang ingin berjualan lebih dari satu barang di toko yang sama

Menurut Om Botak cara ini sangat bisa digunakan, namun dengan syarat harus memiliki pangsa pasar yang sama. Om Botak memberikan contoh jika kamu berjualan produk Lemonilo di marketplace, kamu juga bisa sekalian berjualan peralatan dapur. Karena target pasarnya biasanya adalah ibu-ibu muda milenial.banner consideration promotion bg blue


Tak hanya itu, strategi menjual banyak barang dalam satu toko biasanya juga bisa membuat ongkir lebih hemat atau bahkan bisa mendapatkan gratis ongkir.


4. Membentuk mental selama berbisnis

Menjalankan sebuah bisnis tak bisa selamanya berjalan mulus. Pasti ada fase naik turun yang harus dilewati. Salah satunya adalah saat mendapatkan banyak komentar tidak enak dari calon customer atau warganet yang sama sekali tidak mengenalku.


Om Botak menyarankan untuk tidak menanggapi komentar-komentar yang hanya bertujuan untuk menjatuhkan bisnis yang sedang kamu rintis. Karena ketika kamu berjualan sebuah produk, kamu tidak bisa mengharapkan semua orang menyukainya.


Lebih baik fokus saja kepada customer-customer setia yang sudah lebih memahami kualitas produk yang kamu pasarkan. Hal ini akan lebih menguntungkan ketimbang menanggapi haters.


5. Strategi memasang iklan di marketplace

Om Botak menjelaskan dalam memasang iklan produk atau toko harus ada perhitungan untuk menentukan budget iklan. Apakah akan mengambil 10 persen, 5 persen, atau 1 persen saja dari harga produk. Hal ini tidak bisa dilakukan dengan membabi buta demi barang laku.


Namun beda halnya jika tujuan memasang iklan adalah untuk mendapatkan traffic saja bagi toko baru.


“Boleh, boncos (rugi) memang tapi jadi promosi awal. Lama-lama tidak boleh merugi, harus dimanage dengan baik,” ujar Om Botak.


6. Strategi agar bisnis bisa bertahan lama

Berjualan di marketplace biasanya identik dengan perang harga. Ketika akan membeli sebuah produk, biasanya customer akan langsung mengecek di marketplace dan membandingkan harga yang paling murah.


Tapi Om Botak sangat tidak menyarankan bagi seller untuk memberikan harga yang paling rendah dan harus menghindari perang harga dengan seller lain. Satu hal penting yang harus terus ditingkatkan adalah value produk dan toko yang kamu miliki. Kamu boleh menjual produk lebih mahal ketimbang toko lain, tetapi kamu bisa memiliki daya saing dalam bentuk lain. Value yang bisa kamu bangun antara lain adanya kualitas pelayanan terbaik.banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green


Selain itu, jika ingin bisnis bertahan lama, kamu harus bisa mengambil profit yang cukup. Kamu harus benar-benar menghitung cost dan ambil keuntungan yang cukup. Sehingga perusahaan yang kamu jalankan akan menjadi perusahaan yang sehat dan bisa bertahan lama.


Nah itu dia sejumlah tips dari Om Botak soal strategi berjualan online lewat marketplace. Semoga membuat kamu lebih semangat dalam berbisnis ya!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.