Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

6 Strategi Memulai Usaha di Masa Pandemi Anda Harus Tahu

Rizki Indra
Rizki Indra
05 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Strategi memulai usaha sangat penting disiapkan agar usaha sukses.

Memang tidak mudah untuk menggeluti usaha di tengah pandemi, sebab ada banyak sekali halangan yang bisa menjadi pengganjal usaha Anda. Untuk itulah Anda membutuhkan strategi memulai usaha yang ampuh. Dengan strategi yang tepat, usaha yang Anda rintis bisa tetap dijalankan dengan optimal.

Seperti yang diketahui bersama pandemi telah membuat sektor ekonomi lumpuh. Banyak usaha yang tidak berjalan, bahkan ada yang terpaksa tutup akibat dampak ekonomi dari penyebaran virus ini. Meski demikian, tidak sedikit pula yang malah berniat hendak memulai usaha baru di masa pandemi ini. Nah, bagi Anda yang sedang memikirkan bagaimana memulai usaha pada masa seperti sekarang ini bisa meniru beberapa langkah berikut.

1. Memeriksa Kondisi Finansial


Langkah awal dalam memulai sebuah usaha dapat dilakukan dengan ara memeriksa bagaimana kondisi keuangan Anda. Karena walau bagaimana pun memulai sebuah usaha tentunya sedikit banyak tetap membutuhkan modal awal. Baik itu berupa uang maupun berupa stock bahan baku atau produk jadi. Karena itu pastikan keuangan Anda cukup untuk merealisasikan rencana usaha Anda. banner consideration shipping bg blue

2. Menyusun Rancangan Usaha


Rencana usaha ini memiliki peranan penting agar usaha Anda memiliki pandangan dan juga visi misi yang jelas. Rancangan usaha ini harus berisi jenis usaha yang akan Anda jalankan, nama produk, target market dan bagaimana cara Anda menjualnya. Selain itu sebaiknya Anda juga mempertimbangkan potensi perkembangan usaha yang akan Anda jalankan tersebut, harga beli dan keuntungannya.

3. Menganalisis Kebutuhan Pasar


Langkah selanjutnya, Anda juga harus mengetahui seperti apa kondisi dan kebutuhan pasar. Anda dapat melakukan riset akan minat masyarakat terhadap produk Anda. Hasilnya dapat dijadikan sebagai evaluasi untuk pengembangan usaha Anda selanjutnya. Sementara untuk melihat reaksi konsumen Anda dapat menawarkan produk secara langsung ke masyarakat, selain itu Anda bisa mengetahui komentar dan testimoni yang mereka ungkapkan.banner consideration promotion bg blue

4. Tentukan Target Market Yang Tepat


Target pasar yang tepat ini dapat membantu Anda dalam menyusun strategi usaha yang tepat pula. Selain itu Anda dapat melakukan pendekatan yang tepat kepada target market Anda. Jika Anda masih bingung, cobalah untuk melakukan analisis terhadap kompetitor usaha Anda. Kemudian lihat siapa saja yang menjadi target pasar mereka. Dari target mereka tersebut, Anda pun akan mendapatkan gambaran siapa saja yang sekiranya akan menjadi target pasar Anda.

5. Perhatikan Masalah Supplier


Jika Anda menjual produk maka masalah distribusi produk ini bisa menjadi hambatan dalam usaha Anda. Terkadang ada beberapa produk yang suplainya terhambat akibat pandemi seperti saat ini terutama jika supplier berasal dari luar negeri. Karena itu, untuk mengantisipasi masalah ini sebaiknya Anda mulai menyusun list yang akan menjadi supplier usaha Anda. Misalnya Anda membuat list supplier bahan baku untuk usaha rumah makan Anda.

6. Memberikan Pelayanan Yang Terbaik


Langkah terakhir adalah dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Kualitas layanan ini sangat berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dan kelancaran usaha Anda kedepannya. Dengan berkomitmen selalu memberikan pelayanan terbaik, konsumen tidak akan ragu lagi untuk merekomendasikan produk Anda kepada orang lain.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikian tadi beberapa strategi memulai usaha di musim pandemi seperti sekarang ini. Selain yang telah dijelaskan di atas, Anda juga dapat melakukan promosi secara online dengan memanfaatkan kekuatan dari media sosial. Misalnya promosi melalui instagram, twitter, facebook, dan sebagainya. Jangan menyerah dengan keadaan dan mulai usaha Anda sekarang juga.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.