Download Aplikasi Lemonilo
Butuh Bantuan?
Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

6 Tips Jitu Menghilangkan Karang Gigi yang Membandel

Rizki Indra
Rizki Indra
02 Dec 2020
Clock Icon
3 menit
Kulit jeruk jadi salah satu cara menghilangkan karang gigi.
Karang gigi merupakan plak yang mengeras pada gigi. Bahkan bisa terbentuk dari bawah gusi dan bisa menyebabkan iritasi pada gusi. Karang di gigi akan membuat plak lebih luas untuk berkembang dan menyebabkan permukaan jadi lebih lengket sehingga memicu penyakit yang lebih serius lagi seperti radang gusi.

Tidak hanya mengancam kesehatan, karang pada gigi juga akan membuat kamu kurang percaya diri. Hal ini karena bau mulut yang tidak sedap dan juga gigi yang terlihat kuning. Apalagi jika berbicara dengan orang lain kamu harus menutup mulut dan membuat orang lain merasa tidak nyaman. Untuk itu berikut tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya:

1. Menggunakan Baking Soda



Selain bisa menghilangkan karang gigi, baking soda juga bisa membantu kamu untuk memutihkan gigi. Caranya cukup mudah, gosokkan sedikit baking soda pada gigi dan gusi menggunakan sikat gigi seperti saat kamu gosok gigi. Setelah itu, diamkan baking soda selama 15 menit sebelum dibilas menggunakan air.
 
Walaupun rasanya tidak enak, baking soda bisa menetralkan asam berbahaya dari soda dan makanan di mulut kamu. Selain itu, baking soda juga mampu membunuh bakteri dan memutihkan gigi kamu secara alami.

2. Menggunakan Cuka Putih



Dilansir dari Bloor West Smiles Dental menyarankan untuk berkumur menggunakan campuran air hangat, garam, dan cuka putih. Kamu bisa berkumur menggunakan campuran itu sekali dalam sehari.  Asam alami yang diperoleh dari cuka putih efektif untuk membunuh bakteri dan mencegah infeksi.

3. Menggunakan Kulit Jeruk



Kulit jeruk dapat membantu kamu untuk menghilangkan plak di gigi. Cara menggunakan kulit jeruk sangat mudah dilakukan. Kamu hanya perlu mengusapkan bagian dalam kulit jeruk pada gigi dan gusi kamu. Tips menghilangkan karang di gigi ini cukup jitu karena kulit jeruk mengandung vitamin C dan antimikroba.

4. Mengunyah Daun Sirih



Mungkin kamu pernah melihat nenek, kakek atau orang tua yang sedang mengunyah sesuatu? Sebenarnya yang mereka kunyah adalah daun sirih. Ini karena daun sirih mampu membersihkan karang gigi dan menghilangkan bau mulut yang tidak sedap.

Caranya, ambil selembar daun sirih, bisa kamu tambahkan 1 batang cengkeh juga. Haluskan bahan tersebut, tetapi jangan terlalu halus. Lalu kunyah campuran di atas sesering mungkin supaya hasilnya maksimal.

5. Tidak Makan Sembarangan



Tips ini dilakukan agar tidak memperparah karang di gigi dan untuk mencegah bertambahnya karang di gigi. Hal ini karena bakteri yang di mulut tentu berasal dari makanan yang masuk ke dalam mulut kamu. Apalagi saat kamu mengonsumsi makanan manis dan bertepung, justru akan memberikan kesempatan bagi bakteri untuk berkembang biak. Maka saat bakteri bertemu dengan makanan manis dan bertepung akan mengeluarkan zat asam penyebab dari plak di gigi.

6. Mengonsumsi Buah dan Sayuran



Buah dan sayuran telah diketahui memiliki kandungan yang baik bagi tubuh, demikian juga untuk kesehatan mulut. Dengan mengunyah buah dan sayur secara rutin, kamu dapat menghilangkan karang gigi di mulut. Terutama jika mengonsumsi apel, melon, wortel, dan seledri.  Selain itu, mengkonsumsi buah dan sayur juga akan membantu bau mulut yang tidak sedap berkurang.

Itulah 6 tips jitu menghilangkan karang gigi yang membandel yang harus kamu aplikasikan sesering mungkin supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba!
Komentar
Belum ada komentar.
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.