Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

6 Tips Optimalkan Bisnis Hanya dengan Media Sosial

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
05 Aug 2021
Clock Icon
5 menit
bisnis dari media sosial

Jika dikelola dengan benar, ada kalanya media sosial bisa memberikan pemasukan tambahan. Seperti halnya yang dilakukan oleh Muri Handayani, founder @sekolahbisnisonline. Dalam kesempatan sharing bersama Lemonilo Entrepreneurs Club, Muri pun menceritakan pengalamannya merintis bisnis online lewat media sosial.


Muri memulai bisnis online fashion baju muslim Razha di tahun 2008. Kala itu ia mulai dari Kaskus, Multiply, lalu Facebook. Semakin ke sini, Muri pun harus semakin mengikuti perkembangan zaman yang terjadi. 


Kini bisnisnya semakin dikenal lewat Instagram dan Tiktok. Menurut Muri, pebisnis harus mau mengikuti perkembangan zaman. Dan inilah tips-tips lain dari Muri bagi kamu yang ingin berbisnis lewat sosial media. banner consideration shipping bg blue


1. Bergabung Komunitas Sesama Online Shop

Menurut Muri, sebagai pebisnis harus sering memperbarui pengetahuan yang dimiliki. Jika tidak, kamu tidak akan bisa mengikuti perkembangan zaman. 


Seperti pengalaman Muri, awalnya ia hanya menggunakan Instagram dan Facebook sebagai platform yang ia gunakan untuk berjualan online. Tren TikTok yang sedang merajai tak ia hiraukan karena ia berpikir konten TikTok hanya berisi tarian.


Namun, pola pikirnya berubah sampai akhirnya ia mau mencoba berjualan di TikTok. Tak disangka, dari TikTok ia justru mendapat banyak orderan bahkan sampai ratusan. “Kalau konten sudah masuk di fyp, bisa dapat 100-700 chat orderan dalam sehari,” jelas Muri.


Dari pengalaman inilah Muri menyarankan agar para pebisnis tidak pernah berhenti belajar hal baru. Salah satu caranya adalah dengan bergabung ke komunitas sesama online shop. Di dalam komunitas, kamu akan bertemu banyak orang dengan pengalaman dan pengetahuan berbeda sehingga bisa dilakukan tukar pengalaman dan info-info terbaru.


2. Mampu Meningkatkan Awareness Agar Produk Dikenal Calon Customer

Saat produkmu tidak dilirik oleh konsumen, jangan langsung putus asa dan memutuskan untuk berhenti berbisnis. Bisa jadi produk yang kamu jual tidak dilirik oleh konsumen karena memang produk yang kamu pasarkan belum dikenal.


Menurut Muri, cara yang bisa membuat produk lebih dikenal oleh calon konsumen adalah dengan membuat konten promosi yang shareable. Semakin banyak orang yang membagikan konten bisnis kamu, maka akan semakin banyak pula yang akan mengenal produk kamu.


3. Kenali Target Pasar yang Akan Dituju

Satu hal yang menjadi pegangan Muri dalam berjualan adalah kamu tidak bisa menjual produkmu ke semua orang, meski produkmu bisa digunakan untuk semua kalangan dan usia. Saat berbisnis online, kamu harus mengenal siapa target pasar yang akan kamu sasar seperti mencari tahu apa gendernya, seperti apa daya belinya, dan berapa usianya.banner consideration promotion bg blue


“Bedakan user dan customer. User yang bisa menggunakan, tapi user belum tentu bisa jadi customer. Seperti misalnya Mie Lemonilo bisa dikonsumsi semua usia, ini disebut user. Tapi customer tidak bisa semua usia, harus lebih spesifik misal targetnya adalah ibu muda,” jelas Muri.


4. Membuat Tampilan Profile Media Sosial Terlihat Kredibel

Ketika customer sudah menemukan akun jualan milikmu, yakinkan customer dengan profile media sosial yang kredibel. Buat profile akun bisnis onlinemu di media sosial terlihat kredibel. Seperti misalnya kualitas foto yang baik, sering memperbarui unggahan, contact person yang jelas, serta respon yang baik saat customer bertanya.


5. Rutin Melakukan Evaluasi Produk

Produk yang laku hari ini, belum tentu akan terus diminati oleh customer di waktu yang akan datang. Itulah mengapa penting bagi kamu yang menjalankan bisnis online untuk terus melakukan evaluasi produk. Menurut Muri, jangan terlalu cinta dengan produk yang kamu jual. Jika dirasa sudah tak memenuhi selera pasar, maka segera cari pengganti produk yang saat ini sedang dibutuhkan pasar.


“Yang harus dimantain dengan baik adalah bisnisnya. Bisnisnya yang harus bisa bertahan lama, bukan produknya. Lebarkan platform untuk melakukan digital marketing. Evaluasi produk, apakah masih diminati pasar, kalau tidak, tinggalkan,” kata Muri.


6. Miliki Mental Baja

Saat menjalani bisnis, kadang kamu akan mendapatkan komentar tidak enak. Muri mengatakan sebagai pebisnis harus menutup telinga terhadap komentar-komentar yang tidak berfaedah. Sebab saat berjualan, kamu tidak bisa membahagiakan semua orang.banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green


Yuk mulai berwirausaha dengan mudah dari rumah dengan bergabung bersama Wiranilo. Join di sini!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.