Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

6 Tips Persiapan Orang Tua untuk Anak yang Akan Kembali Sekolah Tatap Muka

Mondials Anindhita
Mondials Anindhita
01 Oct 2021
Clock Icon
5 menit
6 Tips Persiapan Orang Tua untuk Anak yang Akan Kembali Sekolah Tatap Muka

Sekolah tatap muka atau yang sering disebut Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sudah mulai dilakukan secara bertahap dan terbatas sejak tanggal 30 Agustus 2021 kemarin di Provinsi DKI Jakarta. Hal ini seperti yang tertuang dalam Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nomor 883 Tahun 2021. Dalam surat tersebut terdapat 610 sekolah yang diizinkan menggelar pembelajaran tatap muka terbatas setelah melalui asesmen.


Bagi orang tua yang anaknya akan kembali bersekolah tatap muka mungkin memiliki sejumlah kekhawatiran. Meski sejumlah daerah mulai masuk zona hijau, tetapi penularan virus masih sangat mungkin terjadi. Namun, jika orang tua harus mengambil keputusan untuk melepas anak kembali sekolah tatap muka, apa saja sih yang harus disiapkan?


1. Rutin edukasi anak soal protokol kesehatan



Pandemi COVID-19 membuat seluruh tatanan kehidupan masyarakat ikut berubah. Salah satunya, kini masyarakat erat dengan yang dinamakan protokol kesehatan. Karena menjalankan protokol kesehatan dengan ketat dan benar, paling tidak bisa mengurangi risiko tertular virus.


Bagi orang tua yang anaknya akan kembali bersekolah tatap muka, harus secara rutin mengedukasi anak soal protokol kesehatan. Pastikan anak untuk selalu menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.


Anak-anak juga harus diberi pengertian bahwa virus Corona belum benar-benar hilang, sehingga harus tetap waspada dengan menjalankan protokol kesehatan secara ketat. Selain itu, tak hanya edukasi, orang tua juga harus membekali anak-anak new normal kit yang lengkap seperti misalnya hand sanitizer, tisu basah, dan tempat makan dan minum pribadi.


2. Pantau terus kondisi kesehatan anak

Hal kedua yang penting untuk terus diperhatikan adalah kondisi kesehatan anak. Jangan sampai anak datang ke sekolah dengan kondisi kesehatan yang kurang baik. Sebab jika kondisi kesehatan anak kurang baik, biasanya ia akan rentan tertular penyakit karena imunitas yang menurun.


Orang tua harus memastikan anak memiliki istirahat yang cukup, agar kondisi badannya segar dan bugar saat menghadiri PTM.


(Baca juga: 5 Cara Bangun Rasa Percaya Diri Pada Anak, Moms Bisa Lakukan Sejak Mereka Dini)


3. Jaga asupan nutrisi



Tak hanya memantau kesehatan anak sebelum mengikuti pembelajaran tatap muka, orang tua juga harus menjaga asupan nutrisi anak. Caranya dengan memberi asupan makanan bergizi seimbang untuk anak.


Asupan makanan bergizi seimbang antara lain protein nabati dan protein hewani, serta jangan lupa asupan buah-buahan dan sayur. Dan bila perlu, pemberian suplemen vitamin juga bisa diberikan kepada anak.


4. Lengkapi vaksinasi COVID-19 untuk anak 12 tahun ke atas

Bagi orang tua yang memiliki anak berusia di atas 12 tahun, pastikan mereka sudah mendapat vaksinasi COVID-19 lengkap dua dosis. Vaksin memang tak 100 persen membuat anak-anak kebal dari virus, tapi paling tidak vaksinasi bisa melindungi anak-anak dari gejala berat jika ternyata terinfeksi virus ini.


(Baca juga: Resep Sushi Roll Crispy Chimi Tempe, Kriuknya Bikin Nagih!)


5. Jalin komunikasi dengan sekolah



Persiapan pembelajaran tatap muka tak hanya dilakukan oleh orang tua dan anak saja, tetapi juga pihak sekolah. Orang tua lebih baik harus proaktif untuk menjalin komunikasi dengan sekolah.


Orang tua bisa menanyakan dengan detail apa saja persiapan sekolah untuk menyiapkan PTM, fasilitas yang disiapkan untuk menerapkan protokol kesehatan, kesiapan para tenaga pengajar, dan semacamnya.


6. Jangan panik

Dan hal paling terakhir yang harus dilakukan orang tua yang anaknya akan melakukan pembelajaran adalah jangan panik. Orang tua harus tetap tenang dalam menyikapi hal ini. Karena jika orang tua panik, anak biasanya akan ikut merasakan hal yang sama.


Tips agar tetap tenang adalah orang tua harus sebisa mungkin menghindari berita-berita hoaks tentang COVID-19. Jika mendapat sebuah informasi, pastikan orang tua benar-benar mengecek kebenaran sumber dan berita tersebut.


Itu dia sejumlah tips yang orang tua bisa lakukan untuk menyiapkan anak menghadiri PTM. Hingga saat ini wacana PTM memang masih menjadi kontroversi. Keputusan dan pilihan kembali lagi sepenuhnya kepada orang tua, tapi yang perlu diingat masing-masing pilihan tentu memiliki konsekuensinya sendiri.


Semoga tips ini bisa membantu para Lemoparents, ya!



Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.