Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

6 Tips untuk Atasi Culture Shock di Tempat Kerja Baru, Wajib Baca!

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
16 Nov 2021
Clock Icon
5 menit
Culture Shock di Tempat Kerja Baru

Memiliki tempat kerja atau kantor baru rasanya pasti menyenangkan. Namun di sisi lain, berpindah ke tempat baru juga bisa membuat kita merasa canggung bahkan merasakan culture shock alias gegar budaya. 


Menurut penjelasan dari laman Simon Fraser University, culture shock adalah perasaan yang sering dialami orang ketika memasuki lingkungan baru atau kondisi yang tidak biasa. Culture shock dapat menimbulkan rasa bahagia hingga frustasi bagi siapapun yang mengalaminya. 


Pada kenyataannya, culture shock tidak hanya terjadi saat Lemonizen bepergian ke luar negeri, dalam lingkup yang lebih kecil seperti lingkungan kantor pun bisa saja terjadi. Misalnya melihat pola kerja yang individualis, rekan kerja yang kompetitif atau gaya komunikasi yang terlalu kaku. Ketika gagal beradaptasi, culture shock bisa mengganggu dan menurunkan produktivitas dalam bekerja. 


Lalu, bagaimana ya cara mengatasi culture shock di tempat kerja baru? Tidak perlu panik Lemonizen, ikut saja tips di bawah ini! 


1. Bersikap Ramah pada Semua Orang


Ketika menjadi anggota baru di sebuah perusahaan, kamu perlu memelihara hubungan yang baik juga dengan orang-orang di dalamnya. Interaksi sosial juga sangat penting untuk membantu kamu memahami budaya di tempat kerja baru. 


Untuk itu, pastikan kamu mempersiapkan perkenalan diri yang baik. Cobalah untuk bersikap ramah pada semua orang, sehingga saat bekerja sama dengan mereka kamu bisa merasa lebih nyaman. Namun, pastikan juga kamu tetap memiliki batasan dalam berhubungan dengan rekan kerja, ya. 


2. Kelola Stres dengan Baik 


Menghadapi segudang tanggung jawab baru di tempat baru pasti memberikan kamu tekanan yang cukup besar. Padahal di sisi lain kamu juga perlu membuktikan kualitas pekerjaanmu. Untuk menghadapi hal ini, kamu perlu mengelola tingkat stres dengan baik. 


Pastikan kamu selalu tidur cukup, olahraga setidaknya 30 menit setiap hari dan makan makanan sehat. Jangan lupa juga untuk memelihara support system yang kamu miliki. Misalnya teman, keluarga, atau pasangan. Support system yang tepat bisa menjadi tempatmu untuk berkeluh kesah dan mengurangi sedikit beban yang kamu miliki. 


3. Belajar Memahami Budaya Kantor 


Setiap kantor pasti memiliki budaya yang berbeda-beda. Mulai dari cara berkomunikasi, gaya bahasa, selera humor, pola bekerja dan lain sebagainya. Cobalah untuk memahami budaya yang terjadi di tempat kerjamu yang baru. Terutama, saat kamu dipindahkan ke suatu daerah yang jauh dari tempat tinggal asalmu. 


4. Jangan Membandingkan Diri


Sudah bukan rahasia lagi kalau dunia kerja adalah dunia yang keras dan terkadang tidak mudah dijalani. Kamu bisa saja bertemu dengan beragam karakter dan kepribadian di luar sana. Dilansir dari Bravely, salah satu hal yang perlu kamu lakukan di tempat kerja baru adalah menghindari persaingan antar rekan kerja. Jangan biarkan juga dirimu membandingkan diri dengan rekan kerjamu yang telah lama berada di perusahaan tersebut. 


5. Cari Cara Melepaskan Stres


Sebelum memuncak, cobalah cari cara untuk melepaskan stres yang cocok untukmu. Dilansir dari Healthline, kamu bisa mulai dari cara yang paling sederhana seperti mendengarkan lagu atau latihan pernapasan. Kamu juga bisa berlatih menerapkan sikap mindful untuk mengendalikan rasa takut dan ketegangan yang mungkin muncul. 


6. Bersabar 


Untuk meraih kesuksesan dalam pekerjaan, biasanya dibutuhkan perjalanan panjang. Begitu pula bekerja di tempat baru. Kamu mungkin tidak sabar untuk merasa nyaman di kantor baru. Namun, hal itu tidak bisa didapatkan secara instan. Perlu waktu dan proses untuk menyesuaikan diri, membuktikan prestasi kerja, hingga menjalin hubungan dengan orang-orang di dalamnya.


Itu tadi beberapa tips untuk Lemonizen yang ingin mengatasi culture shock di tempat kerja baru. Di dunia kerja, perubahan adalah hal yang sangat mudah terjadi sehingga penting bagi kamu menguasai cara beradaptasi di lingkungan baru. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.