Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

6 Vitamin Kuku Dengan Bahan Alami yang Sederhana

Rizki Indra
Rizki Indra
06 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Vitamin kuku sangat penting untuk kesehatan kuku.

Salah satu bagian tubuh yang jarang diperhatikan adalah kuku. Sebetulnya kuku juga membutuhkan perhatian dan perawatan yang baik. Vitamin kuku bisa didapatkan dari bahan makanan sehari-hari tanpa disadari. Kesehatan kuku perlu dijaga agar tidak mudah rapuh dan terkena penyakit yang tidak diinginkan.

Makanan yang sehat dan bernutrisi tinggi memang bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah terpenuhinya vitamin kuku jadi kuku bisa sehat dan terawat. Kuku yang asupannya tidak terpenuhi bisa menyebabkan berbagai masalah yang pasti tidak nyaman untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

1. Vitamin B7 


Vitamin kuku yang perlu dipenuhi adalah vitamin B7 yang bisa didapatkan dari kuning telur, susu dan salmon. Vitamin B7 ini biasa disebut dengan biotin. Biotin atau vitamin B7 ini bisa menjaga kesehatan kuku sehingga kuku bisa menjadi kuat. Jika kuku rapuh tandanya tubuh kekurangan asupan vitamin B7. Biotin ini fungsinya adalah untuk memaksimalkan metabolisme asam amino sebagai pembentuk protein yang dibutuhkan sel kuku. Asam amino yang cukup bisa memperkuat sel kuku jadi kuku tidak mudah patah dan tidak rapuh. banner consideration shipping bg blue

2. Zat Besi


Zat besi adalah salah satu kebutuhan kuku dan rambut agar bisa kuat dan kokoh. Asupan zat besi yang cukup pada tubuh bisa membantu pembentukan sel darah merah yang berfungsi untuk menyalurkan oksigen pada sel rambut dan kuku. Hal ini membantu pertumbuhan kuku bisa lebih cepat dan kuat. Sumber zat besi ada pada daging merah, hati ayam atau sapi, seafood, dan sayuran hijau terutama kangkung dan bayam. Jika tidak ingin kuku mudah patah dan rapuh sering konsumsi bayam dan kangkung sebagai sumber zat besi yang bagus.

3. Magnesium


Magnesium ini adalah salah satu kebutuhan tubuh untuk memproduksi protein yang dibutuhkan kuku. Adanya magnesium bisa membuat pertumbuhan kuku maksimal dan lancar. Kuku yang kuat artinya kebutuhan magnesium tubuh tercukupi dengan baik. Magnesium sendiri ada pada makanan seperti gandum, sayur hijau, edamame, dan kacang-kacangan.

4. Protein Nabati dan Hewani


Nutrisi yang paling penting untuk metabolisme tubuh dan setiap bagian tubuh adalah protein. Baik protein nabati dan hewani harus dipenuhi dengan baik agar kuku bisa tumbuh sehat. Kuku yang sehat warnanya tidak kuning, tidak mudah patah, dan tidak rapuh.Kuku yang rusak menandakan adanya nutrisi atau vitamin kuku kurang tercukupi. Hal ini membuat sel-sel pada kuku mudah rusak dan sulit terjadi regenerasi.
banner consideration promotion bg blue

Dari protein nabati dan hewani, maka asupan keratin yang dibutuhkan kuku bisa terpenuhi dengan baik. Kuku akan tumbuh dengan baik dan kuat. Makanan yang menjadi sumber protein sendiri ada banyak dan semuanya enak untuk dikonsumsi, ada telur, daging, susu, tahu, tempe, ikan, dan masih banyak lagi.

5. Zinc


Pertumbuhan kuku yang sehat dan kuat selain membutuhkan vitamin kuku juga membutuhkan zinc. Zinc ini bisa membuat kuku tidak mudah patah atau rapuh. Kuku yang kekurangan zinc biasanya ditandai dengan adanya bintik putih yang menandakan kekuatan kuku menurun. Zinc ini sendiri ada pada ikan, telur, kedelai, almond, dan juga beragam biji-bijian.

6. Vitamin C


Vitamin kuku yang satu ini cocok sekali untuk menjaga kesehatan kuku karena membantu kebutuhan kolagen yang bisa menjaga kondisi kuku selalu dalam keadaan yang sehat. Vitamin C ini ada pada buah-buahan seperti jeruk, kiwi, dan stroberi. Selain itu banyak juga ragam sayuran yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itu dia beberapa vitamin kuku dan nutrisi yang perlu dipenuhi agar kuku terawat dan terhindar dari penyakit yang berbahaya. Pastikan untuk selalu memperhatikan makanan yang dikonsumsi dan pilih makanan sehat dan bernutrisi tinggi.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.