Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

7 Alasan Kenapa Kamu Perlu Mulai Menjadi Wirausaha, Tertarik?

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
03 Nov 2021
Clock Icon
4 menit
Wirausaha

Lebih baik bekerja sebagai karyawan di perusahaan atau menjalankan usaha sendiri, ya? Pertanyaan ini sering kali menjadi perdebatan di masyarakat. Ada yang menganggap menjadi wirausaha lebih baik, tetapi tidak sedikit juga yang menganggap menjadi karyawan adalah pilihan yang lebih aman. 


Padahal tidak ada yang bisa menjamin keduanya. Namun, yang jelas menjadi karyawan maupun seorang wirausahawan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Terlebih, di era sekarang menjual produk menjadi hal yang lebih mudah karena bantuan teknologi. 


Ketika kamu memiliki produk untuk dijual, kamu tidak lagi harus membuka toko atau membayar sewa tempat. Transaksi jual beli pun bisa dilakukan melalui bantuan teknologi dengan lancar. Kamu juga bisa menjangkau pasar yang lebih luas sehingga produk tersebut dikenal di berbagai daerah. Baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Tertarik menjadi seorang pelaku wirausaha? Yuk, cari tahu mengapa kamu perlu memulai usaha sekarang juga! 


1. Bisa Menjalani Hal yang Kamu Suka


Ketika memutuskan memilih menjadi seorang wirausaha, kamu bebas menentukan bisnis apa yang ingin dikelola sesuai dengan visi yang kamu punya atau industri yang membuatmu tertarik. Kamu juga bisa menentukan berbagai peraturan di dalamnya. Misalnya, menerapkan proses kerja yang lebih efisien, memastikan karyawan lebih sejahtera, hingga menciptakan suasana kantor yang berbeda. Tidak sedikit juga pengusaha yang memang belajar dari beberapa pengalamannya menjadi seorang karyawan. Hingga akhirnya berhasil menciptakan lingkungan pekerjaan idamannya sendiri. 


2. Memiliki Kesempatan Belajar Tanpa Batas


Ketika bekerja di suatu perusahaan, kemungkinan besar kamu akan berkutat di suatu bidang yang sama dalam kurun waktu tertentu. Sementara, saat menjadi seorang wirausahawan kamu akan mendapatkan kesempatan belajar banyak hal. Mulai dari bisnis, pengelolaan sumber daya, cara berpikir kreatif, manajemen keuangan dan masih banyak lagi. Kesempatan untuk belajar akan tersedia setiap harinya dan terbuka lebar. 


3. Kesempatan Mencapai Kebebasan Finansial 


Sumber: Freepik.com/ @freepik


Tidak bisa dipungkiri, menjalankan usaha sendiri akan mendatangkan beberapa keuntungan finansial yang cukup tinggi. Bahkan dibandingkan bekerja untuk mendapatkan gaji, keuntungan dari wirausaha bisa jadi jauh lebih tinggi. Dengan pendapatan yang jauh lebih tinggi, tentunya kamu bisa mencapai kebebasan finansial dengan lebih cepat. 


4. Memiliki Kebebasan untuk Menggunakan Waktu


Membuka usaha dapat memberikan kesempatan untuk kamu menggunakan waktu yang  dimiliki. Saat lebih memprioritaskan keluarga, kamu bisa mengambil waktu untuk sejenak berhenti dari pekerjaanmu. Sehingga dapat dikatakan kamu akan memiliki tingkat fleksibilitas waktu yang lebih tinggi bila menjalani wirausaha. Namun di sisi lain, hal ini juga menjadi tantangan karena kamu perlu lebih cermat untuk memaksimalkan waktu bekerja. 


5. Memiliki Banyak Relasi 


Ketika menjalankan wirausaha, tentu kamu akan dituntut untuk memiliki banyak relasi. Mulai dari pemilik usaha lain, vendor, hingga berbagai pihak yang terlibat kerja sama denganmu. Ketika relasi semakin banyak dan luas, kamu juga akan memiliki banyak kesempatan untuk belajar mengelola usaha dari mereka. 


6. Berkesempatan Membantu Lingkungan


Sumber:  Freepik.com/ @freepik


Tidak sedikit dari para pemilik usaha yang akhirnya berhasil memberikan kontribusi pada lingkungan di sekitarnya. Mulai dari menciptakan lapangan kerja, membantu masyarakat mengatasi permasalahan yang terjadi, atau sekedar memberikan bantuan sosial. Dengan menjadi seorang wirausahawan, kesempatan menebarkan hal positif di masyarakat menjadi terbuka luas.


7. Bebas Berkreasi 

Hal lain yang dapat dilakukan ketika kamu mulai berwirausaha adalah menjadi kreatif. Kamu bebas menentukan inovasi yang ingin diterapkan pada produk yang akan dijual. Kamu tidak perlu terpaku pada suatu strategi saja. Setiap harinya, kamu bisa berkreasi untuk mengembangkan penjualanmu. 


Itu tadi tujuh alasan mengapa kamu perlu mulai menjadi wirausaha, menarik bukan, Lemonizen? Kamu juga bisa memulai perjalanan usaha bersama Lemonilo dalam program Wiranilo. Dengan bergabung bersama Wiranilo, kamu bisa memulai usaha dari rumah sambil berkontribusi menyebarkan informasi kesehatan untuk Indonesia. 


Jangan khawatir, kamu juga akan mendapatkan bimbingan dari para ahli di bidang wirausaha. Tunggu apalagi? Klik di sini untuk daftar! 

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.