Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

7 Bahaya dan Penyakit Akibat Duduk Terlalu Lama

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
06 Aug 2021
Clock Icon
5 menit
Efek samping duduk bagi kesehatan tubuh

Dalam satu hari, berapa lama kamu menghabiskan waktu untuk duduk? Hati-hati Lemonizen, ternyata terlalu banyak duduk bisa memberikan efek negatif untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan lho.

Efek dari terlalu banyak duduk pun sulit diatasi dengan berolahraga. Bahkan, jika kamu berolahraga selama 7 jam dalam seminggu, hal tersebut tidak bisa mengatasi efek dari duduk selama 7 jam.

Oleh sebab itu, penting untuk terus aktif sehingga efek negatif dari terlalu banyak duduk bisa dihindari. Dilansir dari WebMD dan Healthline, berikut adalah 7 dampak buruk dari terlalu banyak duduk:

1. Rentan terkena penyakit kronis


Terlalu banyak duduk, dapat menyebabkan tubuh rentan terkena berbagai penyakit kronis. Penyakit kronis tersebut termasuk penyakit demensia, jantung, diabetes, kadar kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan stroke. banner consideration shipping bg blue

Untuk menurunkan risiko masalah kesehatan ini, kamu perlu untuk aktif bergerak sepanjang hari serta menjalankan olahraga rutin. 

2. Mengalami DVT


Orang yang terlalu banyak duduk sepanjang hari kemungkinan mengalami deep vein thrombosis (DVT).

DVT merupakan kondisi gumpalan yang terbentuk  di kaki dan kerap terjadi karena duduk terlalu lama. Kondisi ini bisa menjadi serius jika gumpalan pecah dan bersarang di paru-paru.

Beberapa orang yang mengalami DVT merasakan gejala bengkak dan nyeri, tetapi sebagian  tidak merasakan gejala apapun. 

3. Merusak postur punggung


Posisi duduk memberikan tekanan yang besar pada otot punggung, leher, dan tulang belakang. Lebih buruk lagi, jika duduk dengan posisi membungkuk.

Untuk mengakalinya, carilah kursi senyaman mungkin yang bisa menopang punggung untuk mengurangi risiko sakit punggung.

Meski demikian, ketika kursi yang digunakan sudah nyaman, duduk terlalu lama tetap memberikan efek untuk kesehatan.

4. Berat badan bertambah


Bergerak menyebabkan otot melepas molekul seperti lipoprotein lipase yang membantu proses pemecahan lemak dan gula yang dikonsumsi. Sehingga ketika terlalu banyak duduk, pelepasan molekul akan berkurang. 

Sebuah studi mengatakan, pria yang menghabiskan lebih banyak waktu untuk duduk akan mengalami penambahan berat badan.

5.Kecemasan dan depresi

Siapa sangka, terlalu banyak duduk ternyata tidak hanya memberikan dampak buruk untuk kesehatan tubuh, tetapi juga kesehatan mental.banner consideration promotion bg blue

Risiko depresi dan kecemasan ternyata lebih tinggi pada orang yang lebih banyak duduk dan jarang bergerak.Ini bisa jadi karena seseorang yang terlalu banyak duduk dan kurang bergerak memiliki tubuh yang tidak bugar sehingga tidak memberikan efek baik untuk kesehatan mental.

6. Risiko penyakit jantung


Jantung merupakan organ tubuh yang paling rentan terdampak saat kamu banyak duduk. Duduk dapat mengganggu kesehatan jantung dan menyebabkan penyakit kardiovaskular.

Bahkan sebuah studi menemukan, pria yang menghabiskan lebih dari 23 jam per minggu untuk duduk memiliki risiko 64 persen lebih besar meninggal akibat penyakit kardiovaskular.

Para ahli mengatakan, orang yang lebih banyak duduk juga memiliki 147 persen risiko lebih tinggi menderita serangan jantung dan stroke.

7. Menyebabkan varises


Duduk dalam waktu lama juga dapat menyebabkan darah berkumpul di area kaki. Hal ini dapat menyebabkan varises atau pembuluh darah yang terlihat seperti laba-laba. 

Meski umumnya tidak membahayakan kesehatan, pembuluh darah yang membengkak dan tampak menonjol bisa mengganggu penampilan.

Dalam kasus yang jarang terjadi, varises bisa menyebabkan kondisi yang lebih serius, seperti pembekuan darah.banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itu tadi berbagai efek samping dari terlalu lama duduk. Meski terdengar sederhana, duduk ternyata memberikan banyak dampak buruk bagi kesehatan tubuh. 

Untuk itu, berikan waktu tubuh beristirahat dan sejenak aktif bergerak saat kamu butuh duduk berlama-lama. Yuk mulai kebiasaan yang lebih baik dari sekarang!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.