Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

7 Buah Terbaik untuk Diet, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Lulu
Lulu
06 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
7 Buah Terbaik untuk Diet, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Buah merupakan cemilan alami yang mengandung vitamin, serat, dan nutrisi penting lain yang mampu mendukung pola makan yang sehat.

Buah juga umumnya rendah kalori dan tinggi serat sehingga bisa membantu menurunkan berat badan secara aman.

Faktanya, makan buah secara rutin dikaitkan dengan penurunan berat badan, penurunan risiko diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, hingga kanker.

Bagi yang ingin menurunkan berat badan, inilah 7 buat terbaik untuk diet, sebagaimana dilansir dari healthline:

1. Apel


Apel merupakan buah yang rendah kalori dan tinggi serat. Satu buah apel berukuran besar mengandung 116 kalori dan 5,4 gram serat.

Sebuah studi observasi yang melibatkan 124.086 orang menemukan bahwa orang yang makan apel secara rutin kehilangan berat badan hingga 0,56 kg per porsi harian selama periode empat tahun.

Buah-buahan rendah kalori seperti apel lebih mengenyangkan sehingga bisa mengurangi nafsu makan.

Penelitian menunjukkan bahwa apel paling baik dimakan secara utuh sehingga manfaatnya untuk menurunkan berat badan lebih maksimal. banner consideration shipping bg blue

2. Berries


Buah beri merupakan buah pembangkit tenaga yang tinggi nutrisi dan rendah kalori. Misalnya, 74 gram blueberry hanya mengandung 42 kalori namun sudah bisa memenuhi vitamin C sebanyak 12 persen dari kebutuhan harian.

Buah beri juga terbukti mengenyangkan. Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi buah beri dapat mengenyangkan untuk waktu yang cukup lama.

Selain itu, makan buah beri dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan risiko peradangan yang bisa sangat membantu orang yang obesitas.

Buah beri bisa ditambahkan ke sereal atau yogurt untuk sarapan. Bisa juga dicampur dengan smoothie yang menggunakan bahan-bahan sehat lainnya.

3. Markisa


Satu buah markisa hanya mengandung 17 kalori dan kaya akan serat, vitamin C, vitamin A, zat besi, dan kalium.

Untuk buah yang berukuran sekecil markisa, serat di dalamnya cukup banyak sehingga bisa membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, serat dapat memperlambat pencernaan dan membantu merasa kenyang lebih lama dengan mengendalikan nafsu makan.

Tak hanya buahnya yang bermanfaat, biji markisa juga menyediakan piceatannol, yakni zat yang terkait dengan penurunan tekanan darah dan peningkatan sensitivitas insulin.

4. Kiwi


Buah kiwi sangat padat nutrisi. Buah dengan daging berwarna hijau cerah ini merupakan sumber vitamin C, vitamin E, folat, dan serat yang sangat baik.

Dalam sebuah penelitian, 41 orang dengan pradiabetes yang mengonsumsi dua buah kiwi setiap hari selama 12 minggu memiliki kadar vitamin C yang tinggi, mengalami penurunan tekanan darah, dan penurunan lingkar pinggang.

Studi tambahan mencatat bahwa buah kiwi dapat membantu mengontrol gula darah dan meningkatkan kesehatan usus.

Buah kiwi dengan tekstur yang lembut dan rasa yang manis bisa dimakan secara utuh, dibuat jus, dibuat salad, atau ditambahkan ke sereal.banner consideration promotion bg blue

5. Melon


Melon termasuk buah yang rendah kalori dan memiliki kandungan air yang tinggi. Ini membuat melon sangat ramah bagi mereka yang sedang menurunkan berat badan.

Selain rendah kalori, melon juga kaya akan serat, kalium, dan antioksidan, seperti vitamin C, berta-karoten, dan likopen.

Mengonsumsi buah-buahan dengan kandungan air yang tinggi juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Melon bisa dinikmati langsung atau menjadi tambahan salad buah. Selain itu, melon juga bisa dicampur menjadi smoothie.

6. Jeruk


Jeruk merupakan buah yang sangat baik untuk diet karena kaya vitamin C dan tinggi serat sehingga sangat mengenyangkan.

Faktanya, buah jeruk empat kali lebih mengenyangkan dibandingkan croissant. Penelitian menemukan bahwa makan buah jeruk utuh lebih baik daripada jus jeruk karena lebih bisa mengontrol nafsu makan.banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

7. Pisang


Terakhir, ada buah pisang yang padat kalori dan padat nutrisi. Buah pisang memasok kalium, magnesium, mangan, serat, dan banyak antioksidan.

Selain itu, sebuah penelitian mengatakan bahwa makan pisang setiap hari mampu mengurangi gula darah dan kolesterol.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.