Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

7 Buah untuk Ibu Hamil Enak dan Menyehatkan

Rizki Indra
Rizki Indra
06 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Banyak buah untuk ibu hamil yang wajib dikonsumsi setiap hari.

Konsumsi makanan yang sehat sangat penting bagi ibu hamil. Makanan akan menjadi nutrisi yang penting, tidak hanya untuk ibu hamil, tapi juga untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Salah satu jenis makanan yang harus dikonsumsi adalah buah untuk ibu hamil. Namun, tidak semua buah bisa dikonsumsi. Lantas, buah apa saja yang bisa dikonsumsi? Berikut ulasannya:

1. Mangga


Rekomendasi buah untuk ibu hamil yang pertama adalah mangga. Jenis buah ini sangat kaya akan kandungan vitamin seperti vitamin A dan vitamin C. Kandungan vitamin A dalam mangga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah munculnya komplikasi pada janin. Kamu juga dianjurkan mengkonsumsi mangga setidaknya 1 mangkuk setiap hari untuk mencukupi vitamin C harian kamu. banner consideration shipping bg blue

2. Pisang


Pisang mengandung banyak kalium dan kalori sehingga baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Dengan adanya kalium ini penghantaran sinyal saraf, kinerja otot, dan kesimbangan jumlah elektrolit dalam tubuh bisa menjadi lebih terjaga. Selain itu, pisang juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil yang seringkali mengalami morning sickness dan sembelit.

3. Alpukat


Dibandingkan buah untuk ibu hamil lainnya, alpukat mengandung lebih banyak asam folat, sumber vitamin C, vitamin B, vitamin K, serat, kolin dan magnesium. Dengan konsumsi alpukat, keluhan seperti morning sickness dan kaki kram yang sering menyerang ibu hamil bisa diredakan. Perkembangan otak janin juga bisa menjadi lebih baik dengan konsumsi alpukat.

Lebih dari itu, alpukat juga menjadi sumber lemak tidak jenuh tunggal sehat yang dapat membantu tubuh menyerap banyak vitamin. Kandungan lemak alpukat yang tinggi pun dapat membantu kamu kenyang lebih lama, sehingga cenderung dapat menahan lapar.

4. Jeruk


Jeruk mengandung folat, vitamin C dan air yang baik sehingga sangat bagus untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan sehat. Kandungan vitamin C di dalamnya juga dapat membantu mencegah kerusakan sel dan menyerap zat besi.
banner consideration promotion bg blue

Adanya kandungan folat juga sangat baik untuk mencegah adanya kondisi cacat tabung saraf pada calon bayi. Cacat tabung saraf sendiri dapat menyebabkan kondisi seperti spina bifida, yang mana sumsum tulang belakang tidak berkembang dengan baik dan anensefali, yaitu sebagian besar otak dan tengkorak hilang.

5. Semangka


Buah untuk ibu hamil selanjutnya adalah semangka. Jika kamu sering mulas dan kembung, kamu bisa mengkonsumsi semangka yang kaya air untuk meredakan hal ini. Gula alami yang memberi rasa manis pada semangka juga bisa mengatasi dehidrasi dan menghilangkan mual pada ibu hamil di pagi hari. Sedangkan mineral yang dikandungnya dapat membantu kamu mencegah kram otot pada trimester ketiga. Likopen yang ada dalam buah semangka pun lebih banyak daripada buah tomat.

6. Anggur


Anggur juga sangat baik dikonsumsi untuk ibu hamil. Sebab, didalamnya terkandung banyak senyawa seperti pektin, asam organik, serat, folat, antioksidan, dan berbagai vitamin. Nutrisi dalam anggur dapat membantu kamu selama perubahan biologis yang terjadi saat masa kehamilan.  Selain itu, buah yang identik dengan warna ungu ini juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, seperti flavonoid, tanin dan geraniol yang juga dapat membantu mencegah infeksi.

7. Jambu Biji


Jambu biji sangat baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Kandungan beragam nutrisi di dalamnya, seperti vitamin C dan E, polifenol, karotenoidisoflavonoid serta folat menjadikan konsumsi jambu biji selama kehamilan dapat membantu mengendurkan otot, melancarkan pencernaan dan mengurangi sembelit.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah buah untuk ibu hamil yang enak dan menyehatkan. Kamu bisa mengkonsumsi 7 buah di atas secara rutin selama masa kehamilan. Dengan begitu, kesehatanmu dan janin bisa senantiasa terjaga.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.