Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

7 Cara Alami Melancarkan ASI, Bunda Harus Tahu

Rizki Indra
Rizki Indra
06 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Banyak cara melancarkan ASI yang wajib diketahui.

Banyak ibu muda yang baru melahirkan anak mencari informasi mengenai cara melancarkan ASI. Sebab, pengalaman menyusui yang baru pertama kalinya, ditambah kondisi lain dapat menyebabkan produksi ASI belum optimal. Oleh sebab itu, kali ini akan dibahas mengenai cara agar produksi ASI menjadi lancar.

Momen memberikan ASI kepada buah hati adalah saat yang menyenangkan. Namun, tak jarang, mood ibu menjadi kacau karena ASI yang diproduksi sangat sedikit, sehingga tidak mencukupi kebutuhan bayi. Tak perlu khawatir jika mengalami hal ini karena ada beberapa cara alami yang dapat dilakukan agar produksi ASI lancar.


1. Mengompres Payudara

Tempelkan handuk dengan suhu hangat ke payudara untuk membuatnya sedikit rileks. Cara ini dapat membantu agar ASI lebih lancar saat dihisap oleh bayi. Selain itu, membiasakan diri untuk membersihkan kedua puting sebelum menyusui,  juga dapat membantu melancarkan produksi ASI. banner consideration shipping bg blue

2. Perhatikan Frekuensi Menyusui

Tubuh memiliki mekanisme untuk mengatur jumlah produksi ASI. Semakin sering disusukan, tubuh akan mendeteksinya dan memacu kelenjar susu untuk lebih cepat dan banyak dalam produksi ASI. Sebaliknya, jika jarang disusukan atau dipompa, produksi ASI juga akan menjadi berkurang. Jadi sebaiknya, biarkan bayi menyusu setidaknya dua hingga tiga jam sekali.

3. Menghindari Stres Saat Masa Menyusui

Kelelahan pasca melahirkan dan selama menjaga bayi dapat membuat seorang ibu mengalami stres. Akibatnya, dapat berpengaruh juga pada produksi ASI. Jadi, tingkatkan kemampuan mengelola stres agar tidak sampai mengganggu. Motivasi diri agar mampu menghadapi seluruh kerepotan selama merawat bayi.

4. Memberikan Pijatan Ringan Pada Payudara

Cara lain dalam melancarkan ASI adalah dengan melakukan pijatan ringan dan lembut pada payudara. Tujuannya untuk memberikan rasa rileks dan memacu produksi air susu ibu. Cara ini dapat dilakukan sejak kehamilan memasuki trimester ketiga, sebagai persiapan masa menyusui.

5. Mengonsumsi Makanan Sehat, Terutama Yang Melancarkan ASI

Produksi ASI juga sangat dipengaruhi asupan makanan yang dikonsumsi ibu menyusui. Semakin tinggi nutrisinya, makan kualitas ASI juga semakin meningkat. Selain itu, ada beberapa jenis makanan yang memang bermanfaat dalam meningkatkan jumlah produksi ASI. Dengan rutin mengkonsumsinya, ASI menjadi semakin lancar.
banner consideration promotion bg blue

Beberapa makanan yang baik dikonsumsi ibu untuk meningkatkan jumlah ASI adalah pepaya, wortel, dan bayam. Sayur daun katuk juga banyak dikenal sebagai makanan ibu menyusui. Selain itu, juga dapat mengkonsumsi berbagai jenis kacang-kacangan. Konsumsi makanan secara alami ini cukup efektif sebagai pelancar ASI.

6. Istirahat yang Cukup

Menyusui dan mengurus bayi, tak jarang membuat seorang ibu menjadi kelelahan, dan ASI berkurang. Sebaiknya berbagi tugas dengan suami dan anggota keluarga lain untuk mengerjakan pekerjaan rumah, sehingga ibu menyusui memiliki waktu untuk beristirahat yang cukup dan berkualitas.

Tak ada salahnya memasak menggunakan bumbu siap masak produksi Lemonilo yang praktis dan sehat. Pilihan bumbu halus dan bumbu siap olahnya membuat memasak jadi lebih cepat selesai, tetapi tetap sehat karena tidak mengandung MSG dan pengawet. Jadi, ibu menyusui dapat cepat selesai memasak, sehingga sempat lebih lama beristirahat.

7. Banyak Mengonsumsi Air Putih

Ibu menyusui memiliki kebutuhan cairan yang relatif lebih banyak. Hal ini disebabkan proses produksi ASI memerlukan jumlah cairan yang cukup. Dehidrasi yang dialami ibu menyusui dapat menyebabkan jumlah ASI menjadi lebih sedikit, sehingga proses menyusui jadi terhambat.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah tadi beberapa cara melancarkan ASI yang alami. Bagi seorang ibu yang baru pertama kali menyusui, perlu menanamkan rasa percaya diri agar proses menyusui tidak terhambat. Selain itu, perlu ketelatenan karena baik ibu maupun bayi sedang sama-sama belajar dalam proses menyusui ini. Semoga bermanfaat dan semoga fase menyusui Anda bisa berjalan menyenangkan dan lancar!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.