Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

7 Cara Mencegah Lonjakan Gula Darah untuk Hindari Diabetes

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
06 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Mencegah kenaikan gula darah

Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang harus kamu cegah sejak dini. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) melaporkan, bahwa setidaknya 13 persen orang dewasa di Amerika Serikat (AS) diketaui mengalami diabetes dan 34 persen menderita prediabetes.

Ketika tubuh memiliki kadar gula darah yang tinggi dalam jangka waktu yang panjang, kondisi ini dapat memicu timbulnya penyakit diabetes. 
Gula darah tinggi akan terjadi ketika tubuh tidak membuat cukup insulin atau tidak bisa menggunakan insulin dengan efektif.

Untuk mengurangi risiko terkena diabetes, kamu perlu membatasi konsumsi gula. Mengonsumsi gula dalam jumlah berlebih dapat menyebabkan lonjakan gula darah serta meningkatkan risiko penyakit jantung. Sebuah studi selama 15 tahun mengungkapkan, orang yang mengonsumsi banyak gula tambahan lebih berisiko meninggal dunia akibat penyakit jantung.

Namun selain membatasi konsumsi gula, kamu juga bisa melakukan beberapa hal lain.Dilansir dari Healthline, berikut adalah 7 cara mengontrol gula darah tinggi selain menghindari konsumsi gula:

1. Olahraga Teratur


Cara mengontrol gula darah tinggi yang pertama adalah olahraga secara teratur. Kebiasaan ini akan mempertahankan berat badan dan meningkatkan sensitivitas insulin.Bentuk olahraga yang berguna termasuk angkat beban, jalan cepat, lari, bersepeda, hiking, berenang, dan lain-lain. banner consideration shipping bg blue

2. Batasi Asupan Karbohidrat


American Diabetes Association (ADA) merekomendasikan pengelolaan asupan karbohidrat dengan menghitung jumlah karbohidrat yang dibutuhkan tubuh. Banyak penelitian menunjukkan, diet rendah karbohidrat mampu membantu menurunkan kadar gula darah dan mencegah lonjakan gula darah.

3. Tingkatkan Asupan Serat


Serat mampu memperlambat pencernaan karbohidrat dan penyerapan gula. Untuk mengontrol gula darah tinggi, sebaiknya perbanyak asupan serat larut. Selain itu, diet tinggi serat dapat membantu tubuh mengontrol diabetes tipe 1 dengan lebih baik. Adapun makanan tinggi serat adalah sayuran, buah, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

4. Hindari Dehidrasi


Minum cukup air dapat menjadi cara mengontrol gula darah tinggi secara efektif. Selain mencegah dehidrasi, asupan air yang cukup juga dapat membuang kelebihan gula melalui urin.Sebuah studi observasi menunjukkan, minum lebih banyak air membuat risiko kelebihan gula darah berkurang.banner consideration promotion bg blue

5. Pilih Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah


Mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah telah terbukti mampu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Selain memperhatikan indeks glikemik pada makanan, jumlah karbohidrat juga penting diperhatikan.

Menurut Dr. Zachary Bloomgarden, profesor di Fakultas Kedokteran Mount Sinai, New York, makanan kaya gula tidak baik bagi kesehatan karena mengandung kalori.

Seseorang dengan penyakit diabetes yang tubuhnya tidak mampu memproduksi insulin atau resisten terhadapnya, konsumsi gula akan langsung melonjakkan kadar gula dalam tubuh.

Selain itu, konsumsi gula bagi penderita penyakit diabetes tidak hanya akan meningkatkan kadar gula darah, tetapi juga trigliserida.

6. Mengelola Stres


Stres dapat memengaruhi kadar gula darah. Hormon seperti glucagon dan kortisol disekresikan selama stres sehingga bisa meningkatkan kadar gula darah.Sebuah studi menunjukkan, olahraga, relaksasi, dan meditasi secara signifikan mengurangi stress dan menurunkan gula darah.

7. Tidur berkualitas


Mendapatkan tidur yang cukup memang sangat baik untuk kesehatan. Kebiasaan tidur yang buruk dan kurang istirahat dapat memengaruhi gula darah dan sensitivitas insulin.

Selain itu, tidur yang buruk dapat meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan berat badan sehingga tidak baik untuk kesehatan secara keseluruhan.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Perlu diketahui juga bahwa mencegah diabetes tidak hanya dengan mengontrol kadar gula darah tetapi juga menjaga agar berat badan tetap stabil.

Sudah tahu kan cara mengurangi lonjakan gula darah? Yuk Lemonizen, mulai kebiasaan yang lebih sehat dari sekarang! 

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.