Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

7 Cara Mengatasi Anak Susah BAB Mudah Dan Aman

Rizki Indra
Rizki Indra
06 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Cara mengatasi anak susah BAB sangat mudah dilakukan.

Setiap orang tua harus memahami bagaimana cara mengatasi anak susah BAB (Buang Air Besar) yang aman. Sebab, sembelit juga bisa terjadi pada anak-anak. Sembelit adalah gangguan pencernaan yang sering terjadi pada anak-anak. Anak mengalami sembelit jika buang air besar kurang dari tiga kali seminggu. Anak berusaha keras dengan cara mengejan saat BAB dan tinja yang dikeluarkan kelihatan keras dan kering.

banner consideration shipping bg blue

Sembelit pada anak dapat disebabkan oleh beberapa hal misalnya kurang serat, kurang air putih, atau terlalu banyak minum susu. Kondisi psikologis seperti stres juga dapat memicu sembelit pada anak. Tidak perlu panik jika anak Anda mengalami sembelit. Hal awal yang perlu Anda cermati adalah, kenali penyebab sembelitnya. Mengetahui penyebab sembelit sejak awal akan memudahkan Anda untuk mengatasi gangguan tersebut. Berikut adalah cara mengatasi sembelit dengan aman:

1. Tambah Asupan Serat


Ubah pola makan anak dan menambah asupan serat yaitu buah dan sayur pada porsi makannya. Sayur dan buah mengandung serat tinggi dan baik untuk melancarkan BAB. Anda bisa menambahkan sayur bayam, wortel, dan brokoli pada menu makanan. Dengan serat yang tercukupi, BAB akan menjadi lebih lancar dan mudah dikeluarkan.

2. Tingkatkan Asupan Cairan


Jagalah agar asupan cairan anak tetap terpenuhi karena jumlah air yang cukup di dalam saluran pencernaan akan memudahkan anak untuk BAB. Beri air putih dan bisa diselingi dengan jus buah atau jus sayur. Saat memberikan jus buah untuk anak hindari penggunaan gula atau pemanis yang berlebihan, sebaiknya gantilah gula dengan madu asli.

3. Ajari Anak Duduk di Toilet


Lima menit setelah makan, ajak anak untuk duduk di toilet. Meski dia tidak mempunyai keinginan untuk BAB tetap mintalah anak untuk melakukannya. Lakukan kebiasaan ini secara rutin setiap hari setelah anak selesai makan. Ciptakan suasana yang tidak mengganggu kenyamanan anak agar dia tidak merasa stres setiap kali hendak BAB.

banner consideration promotion bg blue

4. Kurangi Susu Formula


Kurangi pemberian susu formula menjadi tidak lebih dari 500 ml per hari jika anak telah berusia lebih dari 18 bulan. Pemberian susu formula yang berlebihan dapat menyebabkan anak mengalami sembelit. Jika Anda mendapati anak sering sembelit setiap mengkonsumsi susu formula, sebaiknya hentikan pemberiannya sementara waktu.

5. Mengkonsumsi Yoghurt


Pemberian yoghurt juga sangat baik untuk membantu melancarkan BAB. Yoghurt mengandung bakteri yang baik untuk saluran pencernaan serta dapat membantu melunakkan tinja. Hal ini akan memudahkan tinja untuk dikeluarkan sehingga anak tidak mengalami sembelit.

6. Ajak Anak Untuk Bergerak Secara Aktif


Setidaknya anak harus meluangkan waktu 30-60 menit sehari untuk bergerak dan bermain secara aktif.  Kegiatan yang aktif ini dapat membantu menyehatkan pergerakan usus dan memperlancar kerja saluran pencernaan. Akibatnya usus akan mudah mendorong sisa makanan dan tinja dapat dikeluarkan dengan lancar.

Gerakan-gerakan santai namun menyenangkan bisa dilakukan bersama ibu dan anak. Ajak mereka bermain lompat tali, berlari kecil, atau sekadar berjalan-jalan santai mengelilingi areal perumahan. Lakukan secara rutin setiap hari agar terbentuk kebiasaan untuk selalu bergerak secara aktif.

7. Mengatur Jadwal Makan


Aturlah jadwal makan secara teratur untuk anak. Berikan anak sarapan setiap pagi, dan taati pemberian makan siang dan malam untuk mereka. Disiplin mengenai jam makan akan merangsang gerakan saluran pencernaan menjadi teratur dan anak terbiasa untuk BAB secara rutin pada waktunya.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah 7 cara mengatasi anak susah BAB dengan mudah dan aman. Lakukan semua cara di atas dengan teratur agar anak tidak mengalami sembelit. Apabila anak ternyata masih mengalami sembelit, lakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.