Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

7 Cara Menurunkan Risiko Kanker Payudara, Perempuan Wajib Coba!

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
06 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Kanker payudara

Kanker payudara merupakan penyakit menakutkan bagi banyak perempuan. Meski dapat terjadi juga pada laki-laki, penyakit ini tercatat sebagai penyebab utama kematian perempuan di dunia lho. Terlebih, kanker payudara seringkali tidak disadari kemunculannya. 


Ada beberapa faktor risiko pada penyakit kanker payudara. Mulai dari, usia, faktor keturunan, konsumsi alkohol, kelainan genetik, kebiasaan merokok hingga obesitas setelah menopause. 

banner consideration shipping bg blue


Namun kabar baiknya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan uncuk mencegah munculnya kanker payudara. Dilansir dari Pusat Pengendalian Penyakit Amerika (CDC) dan National Foundation For Cancer Research berikut adalah hal yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya kanker payudara


1. Rutin Berolahraga


Menurut penelitian, wanita yang rutin berolahraga ternyata memiliki risiko kanker payudara yang lebih rendah bila dibandingkan dengan wanita yang tidak pernah berolahraga. Di samping mencegah kanker payudara, olahraga diketahui dapat melepas stres, membantu menurunkan berat badan, hingga meningkatkan massa tulang. Kamu bisa memulai olahraga dengan berjalan pagi selama 30 menit setiap hari.


2. Menjaga Asupan Makanan


Sudah bukan rahasia lagi kalau asupan makanan memiliki pengaruh besar pada kondisi kesehatan tubuh. Termasuk untuk mencegah kanker payudara. Untuk itu, Lemonizen perlu memperbanyak konsumsi sayur, buah, biji-bijian serta kacang-kacangan. Dengan begitu, asupan makananmu lebih bernutrisi. 


Di samping itu, menjaga asupan makan juga dapat berpengaruh pada berat badan Lemonizen. Menurut penelitian, perempuan sebaiknya memperhatikan berat agar tidak mengalami obesitas. Pasalnya kelebihan berat badan dapat berpengaruh juga pada produksi hormon estrogen dalam tubuh yang kemudian meningkatkan risiko kanker payudara.


3. Hindari Alkohol dan Rokok


Kebiasaan minum alkohol serta merokok punya banyak pengaruh untuk kesehatan tubuh. Termasuk penyakit kanker payudara. Menurut penelitian, konsumsi alkohol yang rutin dapat meningkatkan risiko kanker payudara antara 30 hingga 50 persen lho. 


Sementara itu, merokok juga diketahui dapat meningkatkan berbagai risiko kanker. Tidak terkecuali kanker payudara. Bila kamu memiliki kecanduan pada alkohol maupun rokok, tidak ada salahnya lho berkonsultasi dengan dokter agar kamu bisa berhenti.


4. Rutin Periksa Payudara 


Pemeriksaan payudara secara rutin memang tidak akan mencegah datangnya kanker payudara. Namun hal ini perlu dilakukan agar kanker payudara bisa ditangani secepat mungkin. Biasanya untuk melakukan pemeriksaan payudara, kamu perlu melakukan prosedur mammogram yakni proses pemeriksaan payudara menggunakan sinar-X dengan dosis rendah.

banner consideration promotion bg blue


5. Menyusui Anak 


Bila kamu sudah memiliki anak, usahakan untuk menyusui anak secara langsung karena menyusui anak dianggap sebagai cara untuk mencegah kanker payudara.Para ahli belum mengetahui alasan pasti di balik hal ini. Namun kemungkinan saat menyusui kadar hormon estrogen dalam tubuh menjadi stabil. 


6. Batasi Terapi Hormon


Terapi hormon kombinasi diketahui dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Bila kamu perlu menjalani terapi hormon, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter dan gunakan dosis terendah. Di samping itu, pastikan juga terapi hormon yang kamu lakukan berada di bawah pengawasan dokter ya. 


7. Meningkatkan Asupan Vitamin D


Menurut penelitian asupan vitamin D juga punya peran untuk menurunkan risiko munculnya kanker payudara. Untuk mendapatkan asupan vitamin D kamu bisa pilih berbagai makanan yang kaya akan vitamin D. Mulai dari ikan sarden, ikan tuna, ikan patin, udang, jamur, hingga kuning telur atau suplemen vitamin D. Di samping itu, kamu juga perlu berjemur di bawah sinar matahari pagi. Secara alami, vitamin D dapat diproduksi oleh tubuh ketika terpapar sinar matahari.


banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itu tadi beberapa cara mencegah atau menurunkan risiko kanker payudara. Yuk, mulai pelihara kebiasaan-kebiasaan di atas untuk menjaga kondisi payudara agar tetap sehat. Bila kamu melihat perubahan pada payudara seperti benjolan atau perubahan kulit, jangan ragu untuk periksakan diri ke dokter ya. 


Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.