Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

7 Cara Merawat Rambut yang Rusak Mudah dan Cepat

Rizki Indra
Rizki Indra
06 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Cara merawat rambut yang rusak sangat mudah dilakukan.

Siapapun wajib mengetahui cara merawat rambut agar tetap sehat. Pasalnya, rambut merupakan mahkota yang wajib dijaga, baik perempuan maupun laki-laki. Namun, karena sibuk dengan aktivitas sehingga rambut sering terabaikan. Alhasil, rambut rusak dan tidak terawat. Sebab itulah Anda harus tetap melakukan perawatan meskipun dengan cara yang sederhana.

Mengingat rambut adalah bagian tubuh yang dapat menunjang penampilan, tak heran banyak orang yang rela menghabiskan uang untuk menjadikannya indah. Padahal tidak perlu menghabiskan uang banyak pun, tetap dapat merawat rambut. Hasilnya, juga bisa menyehatkan rambut.

banner consideration shipping bg blue

Bagi Anda yang malas ribet, dan ingin mendapatkan hasil maksimal dalam waktu singkat, memang salon solusinya. Nah sebenarnya selain di salon, cara merawat mahkota kepala ini bisa dilakukan di rumah. Tentunya tidak hanya mudah, tetapi juga murah. Ikuti cara berikut untuk merawat rambut yang rusak.

1. Gunakan Minyak Kelapa


Untuk merawat rambut yang rusak Anda dapat mengoleskan minyak alami seperti minyak kelapa pada rambut. Minyak ini dipercaya dapat melembabkan rambut sekaligus melindunginya dari kerusakan. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan minyak zaitun untuk menjaga kelembaban rambut. Zaitun juga dapat memperkuat rambut hingga ke akar-akarnya.

2. Jangan Mencuci Rambut Terlalu Sering


Cara merawat yang kedua yaitu hindari mencuci rambut terlalu sering. Terlebih lagi bagi Anda yang memiliki rambut kering dan mengembang. Kebiasaan terlalu sering mencucinya akan memperburuk kondisi rambut yakni kering dan rusak. Ada baiknya untuk memberi jeda ketika mencuci rambut 1-2 kali dalam seminggu.

3. Gunakan Sampo yang Berbahan Ringan


Cara merawat rambut selanjutnya adalah dengan memilih sampo yang tepat. Memilih sampo yang tepat akan membuat rambut nyaman dan tampak indah berkilau. Namun, sebelum menggunakan sampo sebaiknya Anda harus mengetahui jenis rambut yang Anda miliki. Jika rambut Anda tergolong kering dan mengembang sebaiknya gunakan sampo yang berbahan ringan.

banner consideration promotion bg blue

Pilih sampo yang sedikit mengandung deterjen serta hindari sampo yang terdapat sulfat di dalamnya. Selain itu, rambut kering dan mengembang tidak cocok dengan sampo yang mengandung alkohol, sehingga Anda wajib menghindarinya. Dengan demikian Anda telah melakukan perawatan rambut dengan tepat.

4. Memakai Kondisioner Sehabis Keramas


Agar tetap sehat serta kadar minyak alami dalam rambut terjaga, gunakanlah kondisioner setelah keramas dengan sampo. Kondisioner dapat membuat kutikula rambut tetap sehat dan rambut menjadi lebih lembap.

5. Melindungi Rambut dari Sengatan Sinar Matahari Langsung


Banyaknya aktivitas di luar rumah membuat rambut menjadi kotor dan kering akibat terpapar sinar matahari. Oleh karena itu, cara merawat agar rambut tidak kering yaitu memakai topi ketika berada di luar ruangan. Selain itu, sebaiknya gunakan penutup kepala saat berenang baik di kolam atau laut. Ini untuk menjaga rambut dari garam dan klorin.

6. Minum Air Putih yang Cukup


Mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup dapat membantu menyehatkan rambut. Karena air tersebut dapat menghidrasi sel-sel di kulit rambut dan kuku. Kelembaban tersebut sangat dibutuhkan agar tidak terjadi rambut kering dan rusak.

7. Batasi Memakai Alat Pengubah Gaya Rambut


Sebagian orang sering menggunakan alat styling rambut untuk mendapatkan bentuk rambut sesuai keinginannya. Seperti catokan, alat pengeriting, dan pengering rambut. Namun, perlu Anda ketahui jika terlalu sering menggunakan alat semacam itu justru merusak rambut. Oleh karena itu, merawat rambut agar tidak semakin rusak Anda harus membatasinya.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah 7 cara merawat rambut yang mudah dilakukan serta Anda tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah banyak. Dengan menerapkan cara di atas dijamin rambut tetap sehat dan terjaga dari kerusakan. Selamat mencoba tips ini ya Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.