Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

7 Cara Untuk Menambah Tinggi Badan Anak

Rizki Indra
Rizki Indra
18 Sep 2021
Clock Icon
3 menit
Cara menambah tinggi badan anak bisa dilakukan dengan aman dan nyaman.

Pernahkah merasa bahwa buah hati memiliki tinggi yang tidak sama dengan teman-teman seusianya? Ketika mengalami hal ini, seringkali orang tua mengupayakan berbagai hal sebagai cara menambah tinggi badan anak.


Pertumbuhan tinggi badan anak seringkali menjadi tolak ukur bahwa tumbuh kembang anak berlangsung baik. Banyak faktor yang memengaruhi pertumbuhan tinggi badan anak, salah satunya adalah genetik. Meski demikian, orang tua dapat mengupayakan agar anak dapat tumbuh secara optimal.


Tidak hanya dipengaruhi oleh genetik kelurga, ada banyak faktor eksternal yang juga mendukung pertumbuhan tinggi badan anak secara optimal. Inilah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menambah tinggi badan anak secara alami:

1. Mengonsumsi Makanan dengan Gizi Seimbang


Cara menambah tinggi badan anak yang pertama adalah dengan makanan bergizi. Makanan dengan komposisi gizi yang seimbang menjadi faktor utama yang mendukung pertumbuhan tinggi badan badan anak. Makanan yang dikonsumsi sebaiknya mengandung unsur-unsur penting yang diperlukan tubuh.


Keseimbangan nutrisi makanan meliputi karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral penting lainnya. Contoh makanan yang dapat memenuhi asupan gizi anak antara lain jenis kacang-kacangan, sayuran dan buah-buahan, aneka produk susu dan olahannya, serta berbagai sumber karbohidrat.

2. Tidur Cukup dan Berkualitas


Dalam proses tumbuh kembang, seorang anak memerlukan asupan energi yang cukup tinggi. Salah satu cara memenuhi kebutuhan ini adalah dengan cara tidur cukup dan harus berkualitas. Saat tidur, tubuh akan melepaskan hormon yang mendukung pertumbuhan tinggi badan anak.


Lamanya waktu tidur bagi bayi tentu saja berbeda dengan batita dan balita. Anak di bawah satu tahun memerlukan waktu tidur hingga 17 jam. Semakin bertambah usianya, maka kebutuhan waktu tidur akan semakin berkurang. Pada remaja usia 14 hingga 17 tahun memerlukan waktu tidur antara 8 hingga 10 jam.

3. Mendapatkan Paparan Sinar Matahari Pagi


Sinar matahari pagi sangatlah penting untuk memperkuat tulang karena kandungan vitamin D yang tinggi. Pertumbuhan otot dan tulang anak yang menjadi faktor pendukung pertumbuhan tinggi badan dipengaruhi oleh kecukupan vitamin ini.


Perlu diingat bahwa paparan sinar matahari terbaik adalah pagi hari pada rentang waktu pukul 09.00 hingga 10.00. Setelah itu, anak perlu memakai tabir surya jika ingin beraktivitas di bawah terik matahari.

4. Berenang


Bermain air merupakan salah satu aktivitas yang disukai oleh sebagian besar anak. Ajarkan dan ajak si kecil untuk melakukan olahraga renang secara rutin. Berenang dinilai bisa membuat keseluruhan tubuh anak bergerak. Hal ini dapat membantu untuk menambah tinggi badan anak dengan cara yang menyenangkan.

5. Menjaga Postur Tubuh Tetap Baik


Menjaga postur tubuh anak secara baik dan tepat akan sangat membantu untuk menambah tinggi badan anak. Posisi tidak tegap akan memberikan beban berlebih pada tubuh. Apabila dibiarkan terus menerus, posisi ini akan membuat seorang anak terlihat lebih pendek.

6. Mengajari Anak Posisi Bergelantungan


Menambah tinggi badan dengan rutin melakukan posisi bergelantungan sudah dikenal sejak lama. Ajari anak untuk rutin melakukan posisi ini agar tinggi badannya bertambah. Olahraga ini akan membantu pertumbuhan tulang belakang yang menjadi faktor penting dalam pertumbuhan tinggi badan.

7. Rutin Jogging


Olahraga ini dapat dilakukan secara rutin bersama seluruh anggota keluarga. Dengan rutin melakukan jogging, maka tulang kaki anak akan semakin kuat. Selain itu, dengan joging maka jumlah hormon pertumbuhan di dalam tubuh semakin meningkat.


Berbagai cara menambah tinggi badan anak ini akan efektif apabila dilakukan saat masa pertumbuhan. Jadi, pastikan si kecil mendapatkan asupan gizi dan nutrisi yang cukup serta aktivitas fisik yang memadai agar pertumbuhannya berjalan optimal. Namun, apabila anak mengalami kondisi kesehatan khusus seperti malnutrisi, maka orang tua perlu berkonsultasi dengan dokter.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.