Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

7 Contoh Usaha Kecil-Kecilan yang Menghasilkan

Rizki Indra
Rizki Indra
06 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak contoh usaha kecil-kecilan yang mudah diterapkan.

Keterbatasan modal sering menjadi hambatan tersendiri untuk memulai usaha baru. Namun Anda tidak perlu khawatir karena ada usaha yang tetap bisa dimulai dengan modal kecil, bahkan gratis. Hanya mengandalkan kemampuan dan keahlian saja. Berikut ada 7 contoh usaha yang bisa dimulai dengan modal kecil atau bahkan gratis.

banner consideration shipping bg blue

Satu modal yang paling penting sebelum memulai usaha adalah niat dan minat terhadap usaha yang sudah dipilih. Dengan keyakinan bahwa usaha tersebut akan mendatangkan keuntungan. Inilah beberapa usaha dengan modal kecil tersebut:

1. Usaha Warung Kelontong


Usaha ini banyak dipilih karena bisa diselenggarakan di rumah, tanpa harus menyewa tempat baru dan berpotensi ekonomi tinggi. Ibu rumah tangga atau bapak dengan tanpa kesibukan tetap di luar rumah dapat memilih usaha ini sebagai sumber penghasilan.

Alasan utamanya adalah karena warung kelontong yang menjual bahan kebutuhan sehari-hari sangat dibutuhkan masyarakat. Apalagi jika tinggal di pemukiman padat penduduk. Kalaupun ada tetangga memiliki usaha yang sama, tetap bisa bersaing dengan menyediakan barang yang kurang.

2. Bisnis Dropship atau Reseller


Bisnis ini dapat dimulai nyaris tanpa modal. Terutama untuk dropshipper, Anda hanya perlu membantu memasarkan produk. Jika kemudian laku, masalah pengepakan dan pengiriman otomatis diselesaikan oleh supplier. Semakin banyak laku, semakin besar pula potensi pendapatan Anda.


Sedangkan untuk menjadi reseller, Anda perlu modal deposit demi memiliki persediaan barang. Sehingga ketika pembeli datang barang sudah ada dan pembeli tidak perlu menunggu lama untuk memilikinya.

3. Menjadi Penulis Konten


Saat ini profesi penulis konten semakin banyak dibutuhkan. Seiring dengan semakin banyaknya situs yang dibuat untuk bisnis. Kemampuan Anda menulis dapat diuji coba dengan menjadi seorang penulis konten. Jika hasil jangkauan tulisan Anda baik, maka selanjutnya tulisan itu layak dibayar mahal.

4. Bisnis Jasa Potong Rambut


Meskipun setiap orang tidak mungkin mencukur rambutnya seminggu sekali, namun pelanggan jasa potong rambut hampir selalu ramai setiap hari. Jasa ini sangat dibutuhkan terutama pada pria. Untuk wanita, biasanya ada salon khusus lengkap dengan jasa perawatan tubuh lainnya.

banner consideration promotion bg blue

5. Toko Sayur dan Bahan Makanan


Toko sayur dan bahan makanan wajib ada di setiap kampung, komplek, pemukiman, atau permukiman. Tanpa ketersediaan warung sayur dan bahan makanan lainnya, suatu masyarakat akan kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu, bisnis ini cukup menjanjikan.

6. Terima Pesanan Kuker


Menjelang Ramadhan dan lebaran, kue kering alias kuker banyak dicari. Baik untuk keperluan hantaran maupun suguhan di rumah. Jika Anda pandai membuat kue atau memiliki saudara dan tetangga pembuat kue kering, silakan saling bekerjasama untuk bisnis.

7. Buka Jasa Laundry


Jasa laundry biasanya laris di tengah masyarakat perkotaan yang didominasi pelajar atau karyawan. Keberadaan jasa laundry sangat membantu mereka mengurangi beban pekerjaan wajib selain bekerja dan beraktivitas.

Beragam ide bisnis di atas dapat Anda kembangkan berdasarkan kreativitas dan kebutuhan pasar. Misalnya bisnis sayur dan bahan makanan bisa juga ditambah dengan berjualan sarapan saat pagi. Tentu ini akan sangat membantu orang-orang yang tidak sempat memasak pagi.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah beberapa contoh usaha kecil untuk Anda. Jadikan beberapa contoh usaha kecil-kecilan di atas sebagai referensi yang bisa segera dieksekusi. Jangan lupa untuk melakukan analisis usaha sebelum memulai bisnis. Hal ini sangat berguna untuk meminimalisir risiko bisnis di masa depan!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.