Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

7 Gerakan Pemanasan yang Harus Dilakukan Sebelum Olahraga

Rizki Indra
Rizki Indra
18 Nov 2021
Clock Icon
3 menit
Gerakan pemanasan penting dilakukan sebelum olahraga agar tubuh terjaga.

Gerakan pemanasan merupakan hal yang wajib dilakukan sebelum berolahraga. Hal ini bermanfaat untuk melenturkan otot-otot sehingga dapat bergerak lebih lancar. Selain itu, pemanasan juga berfungsi untuk memaksimalkan manfaat dari olahraga. Banyak ragam gerakan yang berfungsi sebagai pemanasan sebelum melakukan olahraga inti.


Selain memaksimalkan manfaat olahraga, pemanasan yang tepat dapat mengurangi risiko cedera ketika berolahraga. Sebenarnya gerakan apa saja yang harus dilakukan untuk pemanasan? Inilah beberapa gerakan pemanasan yang bisa kamu lakukan:

1. Gerakan Memutar Kepala dan Leher


Saat melakukan pemanasan atau peregangan, kepala dan leher biasanya menjadi prioritas pertama. Gerakan memutar kepala ini dilakukan dalam posisi berdiri tegak dengan membuka kaki selebar bahu.


Putar kepala searah jarum jam kemudian lakukan gerakan yang sama dengan arah sebaliknya. Masing-masing gerakan memutar dilakukan delapan hitungan dengan kecepatan standar. Hal ini untuk menghindari cedera atau justru muncul rasa pusing jika memutar kepala dan leher secara cepat.

2. Putar Bahu Kiri dan Kanan


Peregangan yang kedua dilakukan pada bagian bahu kiri dan kanan. Posisikan badan tegak berdiri dengan kepala menghadap lurus ke depan. Buka kaki selebar bahu dan angkat lengan ke samping setinggi bahu.


Gerakkan bahu ke arah dalam dan luar dengan masing-masing putaran sebanyak delapan hitungan. Lakukan gerakan ini dengan santai tanpa perlu terburu-buru sehingga bahu menjadi rileks dan tidak kaku.

3. Memutar Bagian Lengan


Setelah peregangan pada bagian bahu, maka selanjutnya adalah lengan. Masih dalam posisi berdiri tegak dengan kaki terbuka selebar bahu, angkat lengan ke atas selebar bahu. Gerakkan lengan bersamaan ke atas dan ke bawah secara perlahan. Lakukan gerakan tersebut dalam delapan hitungan.

4. Putar Pergelangan Tangan


Sebelum melakukan olahraga inti, bagian tubuh yang perlu untuk diregangkan selanjutnya adalah pergelangan tangan. Gerakan peregangan pergelangan tangan cukup sederhana dan mudah. Tangan dalam posisi menggenggam, kemudian putar ke arah dalam serta luar secara bergantian. Putar pergelangan tangan dengan kecepatan sedang, jangan terlalu cepat atau justru terlalu lambat. Hal ini bermanfaat untuk memaksimalkan fungsi gerakan memutar pergelangan tangan.

5. Menggerakkan Torso dengan Posisi Membungkuk


Bungkukkan badan ke arah depan hingga membentuk sudut 90 derajat. Dalam posisi membungkuk ini, kedua kaki dan lutut harus tetap lurus, tidak boleh ditekuk. Gerakkan torso ke arah kiri dan kanan masing-masing dalam delapan hitungan.


Gerakan ini sangat penting untuk meminimalisir cedera pada bagian pinggang. Selain itu, dengan melakukan peregangan pada torso dengan cara menggerakkannya pada posisi membungkuk, pinggang akan menjadi lebih lentur.

6. Putar Pinggang


Berdirilah dengan posisi tegak kemudian letakkan kedua tangan pada posisi bertolak pinggang. Putar pinggang ke arah kiri dan kanan bergantian secara perlahan. Lakukan gerakan ini masing-masing dalam delapan hitungan.

7. Mengangkat dan Memutar Kaki


Bagian yang tidak boleh diabaikan saat melakukan pemanasan adalah kaki. Hal ini sangat penting untuk mencegah terjadinya cedera kaki. Pertama-tama, angkat sebelah kaki dengan posisi lutut ditekuk ke arah depan. Lakukan bergantian antara kaki kiri dan kanan masing-masing dalam delapan hitungan.


Selanjutnya, tekuk salah satu lutut kemudian tarik kaki ke arah belakang. Tahan selama delapan hitungan sebelum berganti ke bagian kaki lainnya. Apabila sudah selesai, selanjutnya tekuk lutut dan tarik ke arah samping secara bergantian kaki kiri dan kanan.


Itulah berbagai gerakan pemanasan yang harus kamu lakukan sebelum berolahraga. Selain memaksimalkan manfaat dan meminimalisir risiko cedera, gerakan pemanasan juga dapat merangsang produksi hormon kortisol dan juga memacu adrenalin. Kedua hal ini sangat diperlukan untuk menghasilkan energi yang akan digunakan saat berolahraga. Jadi pastikan untuk selalu melakukan peregangan sebelum masuk ke olahraga inti ya, Lemonizen! Selamat berolahraga!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.