Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

7 Hal Yang Baik Untuk Perkembangan Kognitif Buah Hati

Rizki Indra
Rizki Indra
10 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Perkembangan kognitif buah hati wajib diketahui sejak dini.

Perkembangan kognitif merupakan tahap perkembangan anak yang mengacu pada pengembangan penalaran, pemikiran, emosi, pemecahan masalah, dan juga kreatifitas. Banyak perubahan yang terjadi pada anak baik dari segi fisik maupun emosional.


Kognitif anak akan berkembang seiring dengan pertambahan usianya. Selain itu, faktor keluarga dan juga lingkungan akan sangat mempengaruhi tahap perkembangan pada kognitif anak-anak. Bagi anak-anak yang telah sekolah, maka sekolah juga memiliki peran penting dalam pertumbuhan kognitif anak.


Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada anak. Orang tua dapat memberikan beragam stimulus kepada buah hati untuk merangsang perkembangan kognitif anak. Berikut ini 7 hal yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak.

1. Mengajak Buah Hati Bernyanyi


Menyanyi menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan orang tua bersama dengan buah hati. Anak akan belajar tentang kata serta hubungan antar kata melalui lagu. Pilihan bahasa lagu dapat disesuaikan dengan usia anak.

2. Belajar Mengenali Suara di Lingkungan Sekitar


Ada banyak sekali suara dan bunyi-bunyian di sekitar yang dapat menjadi media belajar anak. Kokok ayam, kicau burung, suara kendaraan, bahkan suara air mengalir dapat menjadi sarana belajar yang menyenangkan bagi anak-anak.

3. Bermain Bentuk dan Warna


Dunia anak adalah dunia bermain. Oleh karena itu sangat tentu sangat menyenangkan jika anak-anak diajak untuk bermain sambil belajar. Mengenali ragam bentuk benda dapat dengan mudah dilakukan sambil bermain. Saat ini tersedia banyak alat permainan edukatif yang dapat dimanfaatkan untuk belajar tentang bentu.


Pengenalan tentang warna juga perlu dilakukan orang tua untuk semakin meningkatkan kemampuan kognitif buah hati. Anak perlu mengetahui dan memahami tentang warna-warna dasar beserta turunannya. Beragam benda berwarna yang ada di rumah dapat digunakan sebagai sarana belajar yang menyenangkan.

4. Bermain Halang Rintang


Tidak ada salahnya untuk mengajak buah hati bermain halang rintang. Hal ini untuk melatih anak agar mampu memikirkan solusi jika menemukan rintangan. Keranjang pakaian, buku, dan juga tumpukan mainan dapat digunakan sebagai rintangan saat anak sedang berjalan. Biarkan anak-anak menemukan sendiri caranya untuk melewati halangan tersebut.

5. Mengunjungi Tempat-Tempat Menarik


Siapa yang tidak suka berkunjung ke tempat-tempat menarik? Tidak harus pergi ke tempat yang jauh untuk mengajarkan hal baru bagi anak. Tempat-tempat yang ada di sekitar rumah bisa menjadi ruang eksplorasi yang menyenangkan bagi anak-anak.

6. Mengajak Anak Mengambil Keputusan


Sejak kecil orang tua sudah bisa mengajarkan anak untuk mengambil keputusan. Memberikan pertanyaan pilihan bisa menjadi salah satu alternatif mengajarkan anak membuat keputusan. Bertanya kepada anak tentang warna baju yang akan dikenakan adalah contoh sederhana mengajarkan mengambil keputusan.

7. Mengajak Anak Untuk Berbicara


Sering mendapati ibu hamil yang mengajak bayi dalam kandungannya berbicara? Ternyata, bayi sejak masih dalam kandungan sudah bisa diajak berkomunikasi. Bahasa merupakan salah satu aspek penting dalam pertumbuhan kognitif anak. Oleh karena itu, orang tua yang selalu aktif mengajak anak berbicara akan semakin merangsang pertumbuhan kognitif anak.


Mengajak anak untuk berbicara berarti juga berarti orang tua memberikan ruang bagi buah hati untuk berbagi cerita. Anak dapat belajar mengungkapkan ekspresi dari cerita yang disampaikan. Hal ini tentu akan semakin melatih kemampuan berbahasa dari anak.


Selain tujuh cara tersebut, masih banyak hal baik lainnya yang bisa orang tua lakukan untuk semakin menunjang perkembangan kognitif anak. Jadikan acara bermain menjadi sarana belajar yang menyenangkan bagi buah hati. Dukung kognitif anak untuk semakin bertumbuh dan berkembang dengan selalu memperhatikan setiap tahapannya dan hadir untuk mendampingi.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.