7 Ide Sarapan yang Baik untuk Diet, Praktis, dan Nggak Mahal!

Sarapan adalah waktu makan yang tidak boleh dilewatkan. Dengan sarapan, kamu bisa mengontrol nafsu makan sekaligus menjaga energi baik sepanjang hari. Bagi kamu yang sedang diet, sarapan juga tidak boleh dilewatkan. Berikut ini ada ide sarapan yang baik untuk diet. Coba yuk, Lemonizen!  

1. Telur 

Salah satu menu praktis yang bisa kamu nikmati di pagi hari adalah telur. Pertama, kamu bisa membuat omelet yang dicampur dengan sayuran. Kocok lepas telur, kemudian tambahkan bayam serta butter untuk menambah rasa. Masak hingga matang dan santap selagi hangat. Selain omelet, kamu juga bisa menyiapkan telur rebus untuk sarapan. Sajikan dengan perpaduan sayuran untuk menambah asupan gizi yang lebih kaya. 

2. Oatmeal

Pilihan bahan sarapan yang baik untuk diet lainnya adalah oatmeal. Oatmeal merupakan salah satu bahan makanan yang paling sehat karena tinggi serat, mineral, dan vitamin. Oatmeal juga bisa diolah ke dalam berbagai sajian. Mulai dari resep dengan cita rasa manis, gurih, dingin, atau hangat. Sebagai pilihan, kamu bisa cek ide resep sarapan oatmeal dari Lemonilo Kitchen. 

3. Smoothies

Campuran yoghurt, susu, buah, dan sayur bisa jadi ide sarapan yang baik untuk diet. Selain menyegarkan dan mengenyangkan, smoothies juga cocok dijadikan menu sarapan yang bisa kamu nikmati dalam perjalanan karena praktis untuk dikonsumsi. Jadi, tidak ada alasan untuk melewatkan sarapan ya, Lemonizen. 

4. Roti gandum

Sudah bukan rahasia lagi kalau roti gandum adalah roti tinggi serat yang lebih mengenyangkan dan cocok untuk diet. Kamu bisa padukan roti gandum dengan selai buah, telur, atau potongan buah segar. Roti gandum juga cocok jadi pilihan bekal untuk dinikmati dalam perjalanan. 

Baca juga: 6 Jenis Roti Sehat yang Cocok Dikonsumsi saat Diet, Tertarik Mencoba?


5. Pisang

Pisang adalah buah tinggi serat dan rendah kalori, sehingga dapat menjadi menu sarapan yang baik untuk diet. Dilansir dari Healthline, satu buah pisang ukuran sedang dapat memenuhi 12 persen kebutuhan serat harian. Selain itu, pisang kaya akan serat yang dapat membantu rasa kenyang lebih tahan lama. Pisang juga dapat berperan untuk mengurangi lemak perut. Kamu bisa menyajikan pisang dengan susu atau yogurt. Tapi kamu juga bisa memilih menyantap langsung pisang segar atau memakan pisang rebus sebagai menu sarapan. 

6. Buah berry

Buah berry seperti strawberry, blueberry, blackberry, dan raspberry semuanya kaya akan nutrisi tapi rendah kalori. Buah berry juga mengandung banyak vitamin dan serat, sehingga perut tidak akan mudah lapar. Dilansir dari PubMed Central, penelitian menunjukkan makan buah berry setiap hari dapat menurunkan berat badan hingga 0,5 kg. 

7. Jeruk bali

Lemonizen suka dengan jeruk bali? Kamu bisa jadikan ini sebagai pilihan ide sarapan yang baik untuk diet, lho. Jeruk bali memiliki kandungan air dan serat yang tinggi. Keduanya dapat berperan penting untuk menurunkan berat badan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada 85 orang, mengonsumsi jeruk bali setiap pagi dapat membantu menurunkan massa lemak tubuh sebesar 1,1persen, meningkatkan penurunan berat badan sebesar 7,1 persen  dan mengurangi asupan kalori sebesar 20–29 persen.

Itu tadi pilihan menu sarapan yang baik untuk diet dan tentunya nggak sulit untuk disiapkan di pagi hari. Bagikan juga cerita dan menu sarapan yang jadi andalanmu saat diet di kolom komentar, yuk! 

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami