7 Kunci Diet Sehat Sambil Puasa, No.7 yang Paling Penting!

24 Mei 2019 @ 16:46:36
Sembari memenuhi kewajiban agama untuk beribadah, bagi sebagian orang, puasa kerap kali dijadikan momen dan kesempatan untuk menurunkan berat badan. Meski saat puasa tubuh mendapat asupan makanan yang terbatas dibanding hari-hari biasa, melakukan diet saat puasa tentu tak boleh dilakukan sembarangan. Kamu perlu menjaga asupanmu dengan selalu mengkonsumsi makanan sehat untuk diet dan memilih makanan pengganti nasi yang bergizi seimbang. Catat nih, 7 hal yang harus kamu perhatikan agar sukses menurunkan berat badan sekaligus menjaga kesehatan saat diet di bulan Ramadan!

1. Kontrol Asupan Kalori

Makan berlebihan saat berbuka puasa hanya akan merusak pola dietmu. Sebaliknya, jika ingin dietmu tetap sukses dan kesehatan  terjaga, kamu disarankan mengonsumsi makanan sehat untuk diet dan mengontrol asupan kalori harian yang masuk. Hindari makanan tinggi kalori dan lemak dan utamakan makanan bergizi seimbang yang kaya serat dan protein. Dengan begitu, kamu bisa menurunkan berat badan tanpa harus kehilangan energi yang diperlukan untuk beraktivitas sambil berpuasa.

2. Kurangi Konsumsi Gula dan Karbohidrat

Momen puasa bukannya bikin diet makin sukses malah berat badan tambah naik, setelah dicek rupanya ini karena kamu kebanyakan konsumsi karbohidrat dan makanan manis pas lagi buka puasa. Hati-hati, lho! Kalau mau dietmu berjalan sukses, baiknya pilih menu berbuka yang rendah gula dan rendah karbohidrat. Utamakan juga bahan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti gandum utuh, nasi merah dan lainnya.

3. Jaga Asupan Nutrisi

Untuk menjaga kesehatan, kamu tetap harus mendapatkan asupan nutrisi yang cukup setiap hari selama puasa. Apalagi kalau berencana diet sambil puasa ya, kebutuhan akan nutrisi seimbang jadi semakin dibutuhkan. Jadi, pastikan makanan yang kamu konsumsi saat sahur atau berbuka mengandung protein, serat, dan lemak sehat. Sementara untuk mendapat asupan karbohidrat, pilih makanan pengganti nasi yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi merah atau kentang.

4. Hindari Konsumsi Bahan Makanan Olahan

Jika ingin tetap diet saat puasa, makan makanan sehat dengan gizi seimbang sudah pasti wajib hukumnya. Selain itu, yang penting kamu hindari adalah pilihan untuk makan makanan dari bahan olahan seperti fast food. Ini karena makanan olahan biasanya memiliki kandungan lemak, sodium, dan pemanis buatan yang tinggi. Kamu harus benar-benar perbanyak konsumsi bahan makanan segar seperti sayur dan buah agar diet saat puasa dapat berjalan lancar.

5. Kurangi Konsumsi Gorengan

Keseringan makan gorengan saat puasa benar-benar bisa membuat berat badanmu bertambah karena makanan yang digoreng mengandung lemak trans dan lemak jenuh yang tinggi. Jadi, ingat ya untuk menghindari konsumsi gorengan saat berbuka atau sahur. Sebagai alternatif makanan sehat untuk diet, kamu bisa beralih menyantap makanan yang dimasak dengan cara ditumis, dikukus, atau direbus. 

6. Harus Makan Sahur

Saat melewatkan waktu makan sahur, kamu akan lebih tergoda untuk mengonsumsi makanan yang tinggi kalori saat berbuka puasa. Akibatnya, diet bisa gagal dan berat badan justru semakin gampang bertambah. Sebaiknya usahakan untuk selalu makan sahur dengan makanan yang sehat dan bergizi ya, dan jangan lupa untuk makan makanan pengganti nasi seperti kentang dan umbi untuk maksimalkan proses dietmu. 

7. Tahan Nafsu Saat Idul Fitri

Ini bakal jadi poin yang paling penting, nih. Diet yang kamu lakukan selama sebulan saat puasa akan gagal seketika bila kamu tidak bisa mengendalikan diri saat Idul Fitri tiba. Ini karena biasanya saat Idul Fitri makanan yang tersaji biasanya adalah hidangan-hidangan yang tinggi lemak dan gula, mulai dari opor ayam, ketupat, hingga kue-kue lebaran. Untuk mendapatkan berat badan ideal dan tubuh yang terjaga kesehatannya, ada baiknya konsumsi hidangan-hidangan tersebut secukupnya dan tidak berlebihan ya. Ingat, jangan jadikan Idul Fitri sebagai momenmu untuk balas dendam makan saat diet dan puasa!

Dengan mengkonsumsi makanan sehat dan mengikuti tips-tips di atas, mendapatkan berat badan ideal setelah bulan Ramadan bisa jadi bukan hanya sekadar impian. Sudah siap menjalankan ibadah puasa sekaligus diet dengan sehat, Lemonizen?


Artikel Terkait

Ayah Milenial: Bangun Hubungan Setara Mengurus Rumah Tangga
Ayah milenial berbeda dengan ayah generasi sebelumnya. Mereka membangun hubungan yang setara dalam hal mengurus rumah ta..
Shella Rafiqah Ully
17 Juni 2019
Mudik Anti Panik Saat Bawa Si Kecil, Begini Persiapannya
Mudik bersama si kecil sering bikin repot dan panik. Berikut tips mudik anti panik yang bisa orang tua terapkan sebelum ..
Shella Rafiqah Ully
02 Juni 2019
Cara Tepat Membuat Aneka Gorengan Sehat
Menyantap aneka gorengan yang diolah dalam minyak goreng memang nikmat, namun kerap dianggap kurang sehat. Simak cara me..
Shella Rafiqah Ully
29 Mei 2019