Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

7 Makanan dan Minuman yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
06 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Makanan dan Minuman untuk Diet

Berat badan yang berlebihan kerap dikaitkan dengan berbagai penyakit, bahkan penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung.

Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan. Salah satu yang paling umum adalah mengubah kebiasaan makan menjadi lebih sehat.

banner consideration shipping bg blue

Untuk mendapatkan pola makan yang sehat, diperlukan makanan dan minuman yang mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Dilansir dari Healthline, berikut adalah 7 makanan dan minuman yang bisa membantu kamu menurunkan berat badan dengan lebih cepat:

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memang punya segudang manfaat. Salah satunya adalah untuk membantu menurunkan berat badan. 

Menambahkan minyak kelapa ke dalam makanan diperkirakan dapat meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan trigliserida.

Selain itu, mengonsumsi minyak kelapa juga bisa membantu menurunkan berat badan. Dalam sebuah penelitian, pria gemuk yang menambahkan dua sendok makan minyak kelapa setiap hari ke dalam makanannya mengalami penurunan berat badan yang cukup signifikan.

2. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel sarat akan manfaat kesehatan yang telah terbukti melalui beberapa penelitian. Mengonsumsi cuka sari apel dipercaya mampu mengurangi nafsu makan dan menurunkan kadar gula darah pada penderita penyakit diabetes.

Terlebih lagi, komponen utama cuka, asam asetat, telah terbukti dalam beberapa penelitian mampu meningkatkan pembakaran lemak dan mengurangi penyimpanan lemak di perut.

Dalam sebuah studi yang melibatkan 144 orang pria bertubuh gemuk, mereka yang menambahkan dua sendok makan cuka apel ke dalam makanan mereka selama 12 minggu mengalami penurunan berat badan hingga 1,7 kilogram. 

3. Telur

Telur utuh telah terbukti membantu melindungi kesehatan jantung pada mereka yang berisiko tinggi terkena penyakit kronis.

Selain itu, telur adalah makanan penurun berat badan yang ampuh. Penelitian menunjukkan, sarapan dengan bahan dasar telur mampu mengurangi rasa lapar dan meningkatkan perasaan kenyang lebih lama.

4. Ikan Berlemak

Ikan berlemak atau fatty fish seperti salmon, sarden, mackerel mengandung asam lemak omega-3 yang telah terbukti mampu mengurangi peradangan dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Selain itu, kandungan asam lemak omega-3 juga bisa membantumu menghilangkan lemak dalam tubuh. Dalam studi yang melibatkan 44 orang dewasa, mereka yang mengonsumsi suplemen minyak mengalami penurunan berat badan dan kadar kortisol.

banner consideration promotion bg blue

Apalagi, ikan adalah sumber protein berkualitas tinggi. Mencerna protein akan membantu perasaan kenyang tahan lebih lama.

5. Cabai

Cabai atau paprika  memang terkadang membuat mulut dan perut terasa tidak nyaman. Namun, cabai mengandung antioksidan yang kuat untuk mengatasi peradangan dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa satu antioksidan dalam cabai yang disebut capsaicin dapat membantu mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat.

Terlebih lagi, senyawa capsaicin ini mampu membantu membakar lebih banyak kalori dan menghilangkan lemak dalam tubuh.

6. Kopi

Kopi merupakan salah satu minuman paling populer di dunia. Kopi adalah sumber kafein yang dapat meningkatkan suasana hati dan fisik.

Selain itu, kopi juga bisa membantu membakar lemak. Dalam sebuah studi kecil yang melibatkan sembilan orang, mereka yang mengonsumsi kafein setiap satu jam sebelum olahraga membakar lemak dua kali lebih banyak.

Penelitan lain juga menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan tingkat metabolisme dalam tubuh. Namun bergantung pada jumlah kafein yang dikonsumsi.

7. Teh hijau


Teh hijau adalah pilihan minuman yang sangat baik untuk kesehatan. Studi membuktikan bahwa teh hijau dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan melindungi tubuh dari kanker jenis tertentu.

Selain itu, teh hijau adalah sumber kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) yang sangat baik, antioksidan yang mendorong pembakaran lemak dan hilangnya lemak perut.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green


Itu tadi deretan makanan dan minuman yang dapat membantu kamu menurunkan berat badan. Namun untuk mendapatkan berat badan ideal, kamu juga tetap perlu berolahraga ya, Lemonizen. Jangan sampai mengandalkan makanan dan minuman saja, selamat mencoba! 

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.