7 Makanan Terbaik untuk Kulit Sehat, Mulus, dan Glowing

Nutrisi sangat penting untuk kesehatan. Pola makan yang buruk bisa merusak metabolisme, menyebabkan berat badan berlebih, hingga merusak organ-organ penting seperti jantung dan hati.

Selain itu, makanan  yang masuk ke dalam tubuh juga memengaruhi kondisi kulit. Asupan yang tidak tepat bisa membuat kulit mengalami penuaan dini atau masalah lainnya.

Dilansir dari healthline, berikut adalah 7 makanan terbaik yang mampu membuat kulit sehat, mulus, dan glowing:

banner consideration shipping bg blue

1. Ikan berlemak


Ikan berlemak seperti salmon merupakan makanan yang sangat baik untuk kesehatan kulit karena kaya akan asam lemak omega-3.

Asam lemak omega-3 dibutuhkan untuk membantu menjaga kulit tetap kenyal dan lembab sehinga kekurangan lemak omega-3 dapat mengakibatkan kulit kering.

2. Alpukat


Alpukat kaya akan lemak sehat. Lemak ini bermanfaat bagi banyak fungsi tubuh, termasuk untuk kesehatan kulit.

Mencukupi kebutuhan lemak ini sangat penting untuk membantu menjaga kulit tetap elastis dan tidak kering.

Sebuah studi yang melibatkan 700 wanita menemukan, asupan tinggi lemak total, khususnya jenis lemak sehat, dikaitkan dengan kesehatan kulit.

Alpukat juga mengandung senyawa yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

3. Kenari


Kacang kenari memiliki banyak karakter yang menjadikannya makanan yang sehat untuk kulit. Kenari adalah sumber asam lemak esensial yang baik, yang merupakan lemak yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh.

Faktanya, kenari lebih kaya dibandingkan kebanyakan kacang lainnya untuk kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6.

Karena kenari mengandung rasio yang baik dari asam lemak ini, kenari dapat membantu melawan potensi respon inflamasi terhadap omega-6 yang berlebihan.

4. Ubi jalar


Beta karoten ditemukan dalam wortel, bayam, dan ubi jalar. Beta karoten ini berfungsi sebagai provitamin A yang bisa diubah menjadi vitamin A.

Salah satu sumber beta karoten, ubi jalar, merupakan makanan yang baik karena memiliki beta karoten yang menyediakan lebih dari enam kali kebutuhan harian vitamin A.

banner consideration promotion bg blue

Karotenoid seperti beta karoten membantu menjaga kulit dengan bekerja sebagai tabir surya alami dan melindungi kulit dari sinar UV.

5. Paprika


Sebagaimana ubi jalar, paprika merupakan sumber beta karoten yang sangat baik. Di dalam tubuh, beta karoten diubah menjadi vitamin A.

Satu cangkir paprika merah mengandung 156 persen vitamin A dari kebutuhan harian. Selain itu, paprika juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik.

Vitamin ini dibutuhkan untuk memproduksi kolagen protein yang berfungsi menjaga kulit agar tetap kencang dan tidak keriput.

Sebuah studi observasi yang melibatkan wanita telah mengaitkan makan banyak vitamin C dengan penurunan risiko kulit keriput.

6. Tomat


Tomat adalah sumber vitamin C yang baik dan mengandung semua karotenoid utama, termasuk likopen.

Beta karoten, lutein, dan likopen telah terbukti mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Ketiganya juga mampu mencegah kerutan. Tomat yang kaya akan karotenoid merupakan makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

7. Kedelai


Kedelai mengandung isoflavon, yakni senyawa tumbuhan yang mampu memblokir estrogen di dalam tubuh.

Isoflavon bermanfaat bagi kesehatan kulit. Sebuah penelitian yang melibatkan wanita paruh baya membuktikan, konsumsi kedelai setiap hari selama 8-12 minggu mampu mengurangi kerutan halus dan meningkatkan elastisitas kulit.

Pada wanita pascamenopause, kedelai juga dapat melembabkan kulit yang kering dan meningkatkan kolagen.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami