Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

7 Makanan yang Mengandung Vitamin A Enak Dikonsumsi

Rizki Indra
Rizki Indra
06 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak makanan yang mengandung vitamin A yang wajib dikonsumsi.

Vitamin A dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata dan biasanya orang akan langsung teringat wortel. Padahal makanan yang mengandung vitamin A bukan hanya wortel saja karena masih banyak lagi lainnya. Di samping itu vitamin A bukan hanya diperlukan untuk menjaga kesehatan mata saja namun juga kondisi tubuh lainnya.

Selain bagus untuk memelihara kesehatan mata nyatanya vitamin A juga dibutuhkan tubuh untuk menjaga kekebalan tubuh. Beta karoten yang ada di dalam vitamin A merupakan senyawa antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Bukan hanya itu saja karena vitamin A juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan reproduksi.

banner consideration shipping bg blue

Mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan vitamin A merupakan langkah mudah dan enak untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut. Nah, ini lah berbagai makanan yang mengandung vitamin A dan sangat baik untuk kamu konsumsi:

1. Hati Sapi


Kamu bisa mengonsumsi hati sapi agar vitamin A di dalam tubuh bisa dipenuhi. Sebagaimana manusia, hewan sapi menyimpan juga cadangan vitamin A di dalam organ hatinya. Makan satu porsi atau sekitar 3 gram hati sapi bisa memenuhi kebutuhan vitamin A sebanyak 6800 mikrogram. Kamu bisa mengolahnya sesuai selera apakah digoreng atau dimasak.

2. Ubi Jalar


Sehat itu tidak harus mahal karena kebutuhan nutrisi tubuh bisa dipenuhi dengan sumber makanan yang murah meriah. Contohnya vitamin A yang terdapat di dalam ubi jalar. Umbi-umbian berharga murah ini mengandung beta karoten yang merupakan senyawa di dalam vitamin A.

Kamu bisa memilih ubi jalar yang berwarna orange atau kuning karena beta karoten memang identik dengan warna tersebut. Bonus kesehatan lainnya yang bisa kamu dapatkan kalau konsumsi ubi jalar adalah mencegah kanker terutama pada prostat dan usus besar.

3. Kacang Polong


Kacang berwarna hijau ini juga banyak mengandung vitamin A dan tentunya sering dijadikan sebagai camilan. Kamu akan mendapatkan vitamin A sebanyak 66 mikrogram di dalam satu cangkir kacang polong rebus. Bukan itu saja karena kacang polong juga merupakan sumber serat yang baik dan juga zat besi.

4. Bayam


Sayuran favorit Popeye ini juga kaya vitamin A dan bisa kamu konsumsi setiap saat. Merebus setengah cangkir bayam dan memakannya membantu tubuh mendapatkan asupan vitamin A sebesar 573 mikrogram. Bayam juga dikenal sebagai sumber zat besi yang mampu mencegah anemia serta baik untuk menjaga kesehatan organ jantung kamu.

banner consideration promotion bg blue

5. Wortel


Tidak ada yang memungkiri bahwa wortel merupakan sumber vitamin A paling populer di dalam masyarakat. Sayuran kesukaan kelinci ini memang tinggi beta karoten dan hal tersebut sudah terlihat dari warnanya. Beta karoten di dalam wortel mencapai 459 mikrogram dalam porsi setengah cangkir.

6. Paprika Merah


Sayuran dari keluarga cabe ini juga merupakan sumber vitamin A terutama yang warnanya merah. Kalau kamu makan setengah cangkir paprika merah maka tubuh akan mendapatkan asupan vitamin A sebesar 117 mikrogram. Menambahkan paprika merah di dalam masakan tumis selain menambah rasa juga menjadi lebih sehat karena mengandung vitamin A.

7. Melon


Buah beraroma wangi tersebut memiliki kandungan vitamin A sebesar 135 mikrogram dalam setiap setengah cangkirnya. Kamu bisa langsung memakannya sebagai buah ataupun membuatnya menjadi jus dan smoothies.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Manakah makanan yang mengandung vitamin A yang paling kamu sukai? Mulai sekarang perbanyak konsumsinya agar kesehatan mata selalu terjaga. Apalagi berbagai makanan tersebut juga sangat mudah ditemukan disekitar kita. Jadi jangan sampai tidak mengonsumsinya ya!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.