Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

7 Makanan yang Punya Dampak Buruk untuk Kesehatan

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
06 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Makanan buruk untuk kesehatan

Di balik rasa lezatnya, makanan atau minuman yang kamu konsumsi nggak selalu sehat lho, Lemonizen. Beberapa jenis makanan dan minuman justru punya dampak buruk untuk kesehatan sehingga konsumsinya perlu dibatasi. 

banner consideration shipping bg blue


Bila kamu masih sering makan makanan secara sembarangan, kamu perlu berhati-hati akan dampak buruknya. Dilansir dari Healthline dan Eat This Not That, berikut adalah 7 makanan yang tidak sehat untuk tubuh:


1. Minuman manis


Gula tambahan adalah salah satu bahan yang paling buruk dalam makanan. Namun, beberapa sumber gula dianggap paling buruk dan minuman manis pun sangat berbahaya untuk kesehatan.

Ketika meminum kalori cair, otak tampaknya tidak mencatatnya sebagai makanan.

Dengan demikian, kamu mungkin akan meningkatkan total asupan kalori secara gratis.

Ketika dikonsumsi dalam jumlahh besar, gula dapat mendorong resistensi insulin dan sangat terkait dengan penyakit hati berlemak.

2. Pizza


Pizza merupakan salah satu pilihan junk food yang paling populer di dunia. Meski punya rasa yang nikmat, kebanyakan pizza yang dijual dibuat dengan bahan-bahan yang tidak sehat. Misalnya daging yang telah melalui banyak proses, seperti sosis. Selain itu, pizza juga cenderung mengandung kalori yang tinggi sehingga bisa menambah berat badan dan tidak baik untuk kesehatan secara keseluruhan.


3. Roti putih


Roti memang menjadi pilihan makanan yang cocok untuk sarapan. Namun konsumsinya perlu dibatasi mulai sekarang. Pasalnya, sebagian besar roti yang dijual di supermarket atau minimarket dibuat dari gandum olahan yang rendah serat dan nutrisi penting serta mampu menimbulkan lonjakan gula darah.

Bagi kamu yang ingin mengganti konsumsi roti putih, cobalah beralih ke roti gandum. Roti gandum bisa menjadi pilihan yang lebih sehat sehingga kamu tidak perlu terlalu khawatir pada kesehatan tubuh. 


4. Jus buah

Jus buah sering dianggap menyehatkan karena menggunakan buah sebagai bahan utamanya. Meski beberapa jus buah mengandung antioksidan dan vitamin C, bukan berarti jus buah bebas dari risiko gangguan kesehatan lho.

banner consideration promotion bg blue


Jus buah mengandung gula cair dalam jumlah tinggi. Faktanya, jus buah menyimpan gula sebanyak minuman manis seperti soda. Beberapa jus buah telah terbukti memiliki manfaat kesehatan meski mengandung gula seperti jus delima dan jus blueberry.


5. Sereal manis


Sereal sarapan bagi biasanya dibuat dari biji-bijian seperti gandum, oat, dan jagung. Sereal merupakan sajian yang sangat populer di kalangan anak-anak dan sering dikonsumsi dengan susu saat sarapan pagi. 


Namun ternyata untuk menciptakan rasa yang lebih enak, biji-bijian tersebut harus melalui serangkaian proses panjang. Mulai dari dipanggang, diparut, dijadikan bubur, dan sebagainya. Di samping itu, sereal juga umumnya tinggi akan gula tambahan. Beberapa di antaranya memiliki cita rasa yang sangat manis seperti permen sehingga kandungan gulanya bisa berbahaya untuk tubuh.


6. Makanan yang digoreng atau dipanggang


Menggoreng, memanggang, dan membakar adalah beberapa metode memasak yang bisa dibilang kurang sehat. Namun di sisi lain, makanan yang dimasak dengan cara ini kerap dianggap lebih enak dan padat kalori. 


Beberapa jenis senyawa kimia yang tidak sehat juga terbentuk saat makanan diproses menggunakan api besar. Mulai dari akrilamida, akrolein, amina hetrosiklik, oksisterol, hidrokarbon, aromatik polisiklik, dan produk akhir glikasi lanjutan. 


7. Kentang goreng dan keripik kentang


Kentang memang punya manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, hal ini tidak berlaku lagi bagi kentang goreng dan keripik kentang.Kentang goreng maupun kripik kentang sangat tinggi kalori dan mudah dimakan dalam jumlah banyak. 


Beberapa penelitian juga telah mengaitkan kentang goreng dan kripik kentang dengan penambahan berat badan.Makan ini juga mengandung sejumlah besar akrilamida yang merupakan zat karsinogenik yang terbentuk ketika kentang digoreng, dibakar, atau dipanggang.


banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Hmm, sudah tahukan, Lemonizen makanan dan minuman apa saja yang ternyata buruk untuk kesehatan. Adakah makanan favoritmu? 
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.