7 Manfaat Air Mawar yang Bukan Hanya Untuk Hiasan Ruangan

17 Sep 2020 @ 13:46:33
Bunga mawar sering digunakan sebagai lambang ungkapan cinta. Namun, siapa sangka jika bunga yang memiliki wangi mewah dan feminim ini bukan hanya untuk hiasan, tetapi juga memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Manfaat tersebut didapatkan pada air mawar yang terbuat dari penyulingan kelopak bunga mawar. Penasaran apa saja manfaat air mawar? Yuk simak ulasan berikut. 

1. Melembapkan Kulit Wajah



Salah satu manfaat air mawar untuk wajah yaitu dapat melembabkan kulit. Air mawar mengandung pelembab alami dan antioksidan yang dapat mencegah kulit kering.Agar kulit tidak kering serta selalu terlihat segar, air mawar bisa dimanfaatkan sebagai toner atau pembersih wajah  alami. Kamu juga bisa menyemprotkan air mawar ke bagian kulit tubuh lainnya, seperti tangan dan kaki yang mudah kering.

2. Mengurangi Jerawat



Kebanyakan produk kecantikan kulit mengandung pH tinggi yang dapat menyebabkan masalah kulit, seperti jerawat, psoriasis, dan keriput. Nah, sedangkan air mawar memiliki pH yang sedikit asam, sehingga mampu mengembalikan keseimbangan pH kulit. Selain itu, air mawar juga mengandung antiseptik dan antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Gunakanlah air mawar sebagai toner setiap pagi dan malam hari, terutama setelah wajah selesai dibersihkan. 

3. Mengatasi Mata Lelah



Air mawar dapat membantu mengatasi sejumlah keluhan pada mata, salah satunya mata lelah. Kamu hanya perlu mengompres bagian mata menggunakan kapas yang sudah dibasahi air mawar, lalu biarkan selama sekitar 20 menit. Agar mendapatkan hasil maksimal, gunakan cara ini secara rutin. Untuk memperoleh air mawar, kamu bisa membelinya di toko kecantikan atau secara online. Jika kesulitan mencari produk air mawar, kamu dapat membeli produk toner air mawar di sejumlah outlet kecantikan.

4. Menghambat Penuaan Dini



Hasil sebuah penelitian memperlihatkan, bahwa air mawar dapat menghambat penuaan dini  dengan cara mengurangi munculnya garis halus dan kerutan di area wajah. Hal ini terjadi karena kandungan antioksidan dan zat pelembab dalam air mawar. Selain itu, efek antioksidan pada air mawar juga dipercaya mampu menangkal radikal bebas  dan menghambat kerusakan kulit yang dapat membuat kulit lebih cepat tua dan keriput.

Meski demikian, penelitian yang meneliti tentang manfaat air mawar untuk penuaan dini pada wajah masih terbatas. Oleh karena itu, efektivitas air mawar untuk menghambat penuaan dini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

5. Mencerahkan Kulit Wajah



Manfaat air mawar selanjutnya yaitu untuk mencerahkan kulit. Hal ini karena terdapat kandungan vitamin A dan E yang bekerja sangat baik untuk membantu eksfoliasi di kulit wajah.  Selain itu, sifat antioksidan dalam air mawar membantu memperkuat sel-sel kulit dan meregenerasi jaringan kulit.

6. Meredakan Peradangan Pada Kulit



Ekstrak mawar mempunyai kandungan polifenol dan flavonoid yang memiliki sifat antioksidan dan antiradang. Kandungan pada air mawar ini bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada kulit, sehingga dapat meredakan gejala penyakit eksim dan rosacea. Untuk menggunakannya, kamu bisa mengoleskan kapas yang sudah dibasahi air mawar pada area kulit yang bermasalah.

7. Memberikan Efek Relaksasi



Air mawar dapat memberikan kesegaran dan efek relaksasi atau menenangkan. Oleh karena itu, air mawar cocok digunakan sebagai campuran air untuk berendam dengan air hangat. Kamu bisa mencampurkan dua gelas ekstrak air mawar untuk merelaksasi tubuh untuk mandi setelah lelah beraktivitas seharian, sehingga setelah selesai mandi kamu akan kembali semangat menjalani aktivitas.

Dari informasi ini bisa kita tahu, jika manfaat air mawar memang sangat beragam untuk tubuh. Mulai sekarang, kamu bisa menggunakan air mawar ini untuk keperluan kesehatan tubuh dan kecantikan kamu!

Artikel Terkait

Ketahui 6 Manfaat Masker Putih Telur dan Cara Membuatnya
Ada banyak sekali manfaat masker putih telur untuk kesehatan kulit wajah dan kecantikan kamu..
Rizki Indra
17 September 2020
7 Manfaat Lidah Buaya (Aloe Vera) Untuk Kecantikan
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat lidah buaya atau aloe vera untuk kecantikan..
Rizki Indra
16 September 2020
Cara Mengatasi Wajah Berminyak yang Efektif
Bagi wanita yang memiliki jenis kulit wajah yang berminyak, inilah cara mengatasi wajah berminyak yang efektif..
Rizki Indra
02 September 2020