Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

7 Manfaat ASI yang begitu Dahsyatnya bagi Bayi Bunda

Rizki Indra
Rizki Indra
06 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Bayi semakin sehat dengan merasakan manfaat manfaat ASI.
Dengan maraknya produk susu formula untuk bayi membuat para ibu beralih memberi ASI menjadi susu formula. Padahal, manfaat ASI jauh lebih baik dibanding produk susu formula yang beredar di pasaran. Ada berbagai kandungan di dalam ASI yang membuatnya tidak bisa digantikan dengan jenis susu lainnya. Inilah berbagai manfaat Air Susu Ibu (ASI) untuk bayi selengkapnya:

1. ASI Bisa Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh Bayi



Manfaat dari ASI yang pertama adalah untuk kekebalan tubuh si kecil. ASI merupakan satu-satunya asupan makanan yang bisa diberikan kepada bayi baru lahir. Hal ini bukanlah tanpa alasan, tetapi karena ASI ini mengandung zat antibodi sebagai pembentuk kekebalan tubuh yang akan membuat bayi mampu melawan bakteri, virus, dan juga terhindar dari penyakit seperti diare, infeksi saluran pernapasan, meningitis, dan yang lainnya. banner consideration shipping bg blue

2. Meningkatkan Kecerdasan Bayi



Jika Bunda tergiur dengan iklan susu formula yang bisa meningkatkan kecerdasan, sejujurnya manfaat ASI yang paling utama juga adalah untuk meningkatkan kecerdasan bayi. Hal ini dikarenakan dalam ASI terdapat asam lemak yang mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kecerdasan bayi. Sehingga, apabila dibandingkan lebih baik Bunda memilih untuk memberikan ASI yang jauh lebih sehat karena merupakan bahan alami.

3. Memperkuat Tulang Bayi



Manfaat lainnya dari ASI adalah untuk menunjang pertumbuhan tulang, sehingga bayi yang diberi ASI akan mempunyai tulang belakang dan tulang leher yang lebih kuat apabila dibandingkan dengan bayi yang tidak mendapatkan ASI sama sekali. Dengan struktur tulang yang lebih kuat akan menunjang perkembangan bayi untuk lebih cepat dalam mengangkat kepalanya.banner consideration promotion bg blue

4. Membuat Berat Badan Bayi Ideal



Bayi yang mempunyai badan yang gembul memang terlihat lucu, namun apabila ditinjau dari segi kesehatan, bayi berbadan gembul ini tidaklah sehat karena cenderung akan mengalami obesitas sejak dini. Nah, untuk menjaga berat badan bayi tetap ideal, Bunda tidak perlu pusing memutar otak, cukup dengan memberikan ASI eksklusif maka berat badan bayi akan terjaga.

Hal ini dikarenakan, di dalam ASI terkandung zat leptin yang mana fungsinya adalah membuat rasa kenyang dan akan memetabolisme lemak. Selain itu, apabila dibandingkan dengan susu formula, ASI ini bisa merangsang produksi insulin lebih sedikit, sehingga tidak akan timbul pembentukan lemak yang berlebih pada bayi.

5. Mengurangi Risiko Terjadinya Sindrom Kematian Bayi Mendadak



Apakah Bunda pernah mendengar sindrom kematian bayi mendadak atau SIDS (Sudden Infant Death Syndrome)? Sindrom ini adalah kematian mendadak pada bayi sehat tanpa disertai gejala apapun. Nah, untuk meminimalisir terjadinya hal ini, Bunda hanya perlu memberikan ASI secara eksklusif, memang dahsyat bukan manfaat dari ASI ini?

6. Memberikan Asupan Kolesterol Baik yang Tinggi



Untuk menunjang kebutuhan bayi, diperlukan banyak asupan gizi salah satunya yaitu kolesterol. Meskipun pada orang dewasa zat ini harus dihindari, tetapi beda halnya dengan bayi. Kolesterol dibutuhkan bayi untuk membantu proses pertumbuhan dan perkembangannya, dan di dalam ASI sudah bisa dipastikan bahwa kandungan kolesterol ini sangat berlimpah.

7. Mempererat Hubungan Bunda dan si Kecil



Manfaat lain dari ASI bukan hanya berpengaruh pada fisik bayi saja, melainkan pada sisi psikologisnya juga. Karena selama proses menyusui, pastinya Bunda dan sikecil kontak dengan begitu erat, hal inilah yang membuat hubungan si kecil akan lebih erat dengan Bundanya dibandingkan dengan ayahnya.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Nah, itulah 7 manfaat ASI bagi bayi yang dahsyatnya tentu tidak bisa digantikan dengan produk buatan manusia lainnya. Setelah mengetahui informasi ini, diharapkan para ibu akan selalu berkomitmen untuk memberikan ASI eksklusif kepada bayi mereka hingga usia 2 tahun. Dengan begitu, kesehatan tubuh si kecil bisa lebih terjaga dengan berbagai manfaat ASI!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.