Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

7 Manfaat Baik Buah Zaitun yang Wajib Kamu Ketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
07 Sep 2021
Clock Icon
3 menit
Manfaat buah zaitun untuk kesehatan tubuh sangat banyak dan penting diketahui.

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan minyak zaitun, kan? Sering diambil minyak esensialnya, ternyata manfaat buah zaitun memang sangat banyak, diantaranya sebagai perawatan kulit dan menjaga kesehatan tubuh. Buah dengan nama latin Olea europea ini lebih dikenal berkat manfaat minyak atsirinya. Namun, ternyata mengonsumsi buahnya pun menjanjikan segudang manfaat bagi kesehatan.


Buah mungil kaya beragam antioksidan ini memang layak masuk dalam jajaran buah bermanfaat tinggi bagi kesehatan. Buah zaitun memiliki kandungan serat, vitamin, kalium, mineral, dan berbagai jenis antioksidan. Kandungan nutrisi yang kaya membuat buah berwarna hijau ini menjadi buruan orang untuk menjaga kesehatan dan juga kecantikan. Berikut ini adalah beberapa manfaat zaitun yang perlu kamu ketahui.

1. Menurunkan Kadar Kolesterol


Minyak zaitun mampu meningkatkan kadar kolesterol baik. Hal ini membantu tubuh memerangi kadar kolesterol jahat dan menurunkan kadarnya di dalam darah. Dengan demikian, mengganti konsumsi minyak lainnya dengan menggunakan zaitun dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit kolesterol.

2. Mengatasi Infeksi Bakteri


Salah satu manfaat lain yang ada pada buah zaitun adalah kandungan antioksidan mampu membantu mengatasi infeksi akibat serangan bakteri. Beberapa infeksi bakteri dapat menyebabkan penyakit yang cukup serius terhadap tubuh. Oleh sebab itu, sebaiknya tambahkan buah zaitun ke dalam pola makan sehat sehari-hari.

3. Mencegah Pertumbuhan Kanker


Buah zaitun juga memiliki kemampuan dalam mengatasi sekaligus menghambat pertumbuhan sel kanker. Antioksidan dan asam oleatnya cukup efektif dalam memerangi keberadaan sel abnormal dalam tubuh agar tidak berkembang semakin ganas. Mengonsumsi buah maupun minyaknya memiliki manfaat yang sama dalam hal ini.

4. Menyehatkan Jantung


Kandungan asam oleat dan kolesterol baik di dalam buah ini secara keseluruhan menyehatkan kondisi darah dan pembuluhnya. Pada akhirnya, dapat berdampak juga pada kesehatan jantung sebagai organ yang bertugas memompa darah. Itulah sebabnya, banyak orang yang memilih mengonsumsi zaitun untuk menjaga kesehatan jantungnya.

5. Meningkatkan Gairah Seksual


Manfaat lain dari buah ini adalah dinilai bisa meningkatkan gairah seksual. Zaitun bisa membuat pria lebih bergairah dan perkasa. Hal tersebut dipicu dari kemampuannya menyehatkan pembuluh dan melancarkan peredaran darah. Bahkan, sejak dahulu, bangsa Yunani menggunakannya sebagai sajian untuk menyehatkan fungsi seksual.

6. Mengatasi Bau Mulut


Sering mengalami gangguan bau mulut? Cobalah berkumur dengan menambahkan minyak zaitun. Fungsi antibakteri di dalam minyak zaitun mampu membersihkan dan menyehatkan area gigi serta rongga mulut. Apabila mulut bebas bakteri jahat, maka akan terasa lebih segar, sehat, dan bebas dari aroma tidak sedap.


Selain mengatasi bau tak sedap, kemampuan minyak zaitun lainnya juga bisa menjaga agar gigi tidak mengalami kerusakan.

7. Menjaga Daya Ingat


Semakin bertambahnya usia, kesehatan otak dan fungsinya akan semakin menurun. Meskipun wajar, ada baiknya tetapi ada baiknya meminimalisir. Siapapun pasti ingin agar fungsi otak tetap sehat dan bekerja maksimal hingga usia lanjut, bukan? Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi buah yang kaya antioksidan ini.


Senyawa alami polifenol membantu mengurangi tingkat stres di dalam otak. Stres yang dapat membuat menurunnya kinerja otak ini cukup berbahaya, karena menyebabkan kepikunan. Jadi, ada baiknya rutin mengonsumsi buah mungil ini dari sekarang untuk meningkatkan 25% kemampuan memori otak.


Begitu banyak manfaat buah zaitun yang sayang jika terlewat. Memasukkan buah zaitun dalam menu diet seimbang merupakan langkah tepat. Jadi, jangan hanya mengonsumsi minyaknya saja, buahnya pun kaya manfaat.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.