Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

7 Manfaat Biji Alpukat untuk Kesehatan Tubuh, Wajib Tahu

Rizki Indra
Rizki Indra
22 Sep 2021
Clock Icon
3 menit
Manfaat biji alpukat sangat penting diketahui dan wajib dikonsumsi setiap hari.

Tidak hanya daging buahnya saja yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh, ternyata manfaat biji alpukat juga baik untuk kesehatan, lho. Biji alpukat terbentuk dengan cangkang yang sangat keras dengan ukuran yang cukup besar hampir 15 hingga 18 persen dari ukuran keseluruhan buahnya.


Di dalam biji alpukat terdapat kandungan asam lemak, karbohidrat, serat pangan, dan protein. Tidak hanya itu, biji alpukat juga dipercaya mengandung fitokimia yang di dalamnya berpotensi sebagai antioksidan. Bagi kamu yang penasaran apa saja manfaat dari biji alpukat, berikut pembahasan selengkapnya.

1. Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Dilansir dari laman kesehatan Healthline, sejak lama di negara Nigeria biji alpukat dimanfaatkan sebagai pengontrol tekanan darah dengan dijadikan ekstrak. Ekstrak biji alpukat dipercaya dapat mengontrol tekanan darah tinggi agar kembali normal. Di dalam alpukat mengandung mineral berupa kalium yang berguna untuk mengontrol tekanan darah.

2. Membantu Mengatasi Penyakit Maag


Maag atau penyakit asam lambung menjadi penyakit yang paling sering diderita hampir sebagian besar orang. Gangguan lambung satu ini sering kali membuat penderitanya mengalami rasa sakit di ulu hati yang bisanya disertai muntah dan badan lemas. Biji alpukat juga dipercaya dapat membantu mengatasi penyakit asam lambung ini. Untuk mengantisipasi terserang penyakit asam lambung sebaiknya disertai dengan mengonsumsi makanan yang dapat mencegah penyakit asam lambung.

3. Membantu Menjaga Daya Tahan Tubuh


Daya tahan tubuh yang kuat sangat berguna untuk melawan berbagai penyakit yang menginfeksi tubuh. Untuk memperkuat sistem daya tahan tubuh salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat seperti ekstrak biji alpukat. Kegunaan biji alpukat juga dapat menjaga daya tahan tubuh supaya tubuh tidak mudah terserang berbagai penyakit.


Tingginya kandungan antioksidan yang ada di dalam biji alpukat dapat membantu memperkuat sistem imun atau kekebalan tubuh. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam biji alpukat mencapai 70 persen, kandungan tersebut membuat biji alpukat berkhasiat menangkal radikal bebas.

4. Membantu Mengatasi Peradangan


Biji alpukat ternyata memiliki manfaat yang cukup beragam untuk kesehatan tubuh, salah satu di antaranya adalah membantu menyembuhkan peradangan. Biji alpukat mempunyai fungsi sebagai anti-inflamasi yang berguna untuk membantu menyembuhkan peradangan pada tubuh. Untuk mendapatkan khasiat tersebut cukup dengan mengkonsumsi ekstrak biji alpukat.

5. Sebagai Anti-Aging


Seperti yang telah dibahas sebelum bahwa biji alpukat mengandung antioksidan yang tinggi, tidak hanya pada bagian daging buahnya saja. Biji alpukat juga mengandung senyawa polifenol yang merupakan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu fungsi antioksidan dapat berguna sebagai anti-aging untuk mencegah penuaan dini. Agar tetap awet muda, mengonsumsi ekstrak biji alpukat secara rutin dengan dosis yang tepat akan menjadi solusinya.

6. Membantu Mengatasi Susah Buang Air Besar


Susah buang air besar atau sembelit memang bukanlah penyakit yang serius, tapi jika tidak segera diatasi bisa mengarah ke berbagai gangguan kesehatan lain. Kandungan serat pangan alami yang ada di dalam biji alpukat dinilai bisa membantu mengatasi susah buang air besar.

7. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol


Tidak hanya daging buahnya yang mengandung lemak baik yang dapat membantu mengurangi kolesterol jahat LDL dan meningkatkan kolesterol baik HDL. Biji alpukat juga bersifat sebagai penurun kolesterol karena kandungan antioksidan yang ada di dalamnya mampu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.


Setelah mengetahui manfaat biji alpukat untuk kesehatan rasanya sayang jika dibuang begitu saja. Biji alpukat bisa dijadikan ekstrak untuk membantu tubuh terhindar dari berbagai penyakit. Kamu bisa mengonsumsi ekstrak biji alpukat yang sudah siap untuk konsumsi atau dalam bentuk suplemen agar lebih praktis.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.