7 Manfaat Brokoli Bagi Kulit dan Kesehatan Tubuh yang Harus Kamu Pahami

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki bentuk unik dan juga warna hijau yang menyegarkan mata. Meskipun tampilan luar brokoli sangat menyejukkan, nyatanya tidak semua orang suka dengan rasa sayuran yang satu ini. Padahal, brokoli memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. 
Berbagai macam vitamin, mineral, dan serat terdapat di dalamnya sehingga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Inilah 7 manfaat brokoli yang sangat baik untuk kesehatan kamu: 

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sumber: Freepik.com/photo by 8photo
Manfaat brokoli yang pertama adalah bisa membantu meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh kamu. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan vitamin C yang ada di sayur brokoli. Di tengah pandemi virus yang banyak beredar akhir-akhir ini, tidak ada salahnya jika kamu menjaga imunitas tubuh dengan banyak-banyak mengkonsumsi brokoli. Pasalnya, dengan daya tahan tubuh yang baik, kamu bisa terhindari dari berbagai virus maupun penyakit.

2. Membantu Proses Penurunan Berat Badan

Memiliki tubuh yang ideal, merupakan dambaan semua orang. Mengonsumsi sayuran maupun buah-buahan yang kaya akan serat bisa menjadi salah satu jalan untuk membantu proses penurunan berat badan. Salah satu sayuran yang bisa kamu konsumsi adalah brokoli. Kandungan serat yang ada di dalamnya bisa membuat tubuh kenyang lebih lama, sehingga mencegah makan berlebih yang dapat berdampak pada kenaikan berat badan.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Sumber: Freepik.com/photo by valeria_aksakova
Manfaat brokoli selanjutnya ternyata sangat bagus bagi kesehatan jantung. Brokoli yang kana akan mineral seperti kalium, magnesium, serat, dan asam lemak omega-3 bisa membantu menjaga kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh (low density lipoprotein/LDL). Kalium yang ada dalam brokolis juga berperan sebagai vasodilator yang dapat membuka atau melebarkan pembuluh darah, dan juga menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Hal inilah yang bisa menjaga kesehatan jantungmu.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain bermanfaat bagi jantung, nyatanya brokoli juga bermanfaat bagi kesehatan tulang. Pasalnya, brokoli kaya akan kalsium yang sangat penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan gigi serta tulang. Dengan mengkonsumsi brokoli, kamu sudah berkontribusi untuk menjaga kepadatan tulang yang lebih sehat, termasuk pencegahan osteoporosis.

banner consideration promotion bg blue

5. Menyehatkan Kulit

Sumber: Freepik.com/photo by senivpetro
Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh dalam, faktanya brokoli juga memiliki banyak khasiat untuk merawat kulit. Kandungan glukorafanin yang berubah menjadi sulforafan mampu membantu dalam proses perbaikan kulit sehingga membuat kulit akan selalu nampak sehat.

6. Menjadi Tabir Surya Alami

Ada banyak cara untuk mengkonsumsi brokoli. Kamu bisa mengolahnya secara langsung, maupun menjadikannya ekstrak. Mengkonsumsi ekstrak brokoli ternyata juga mampu melindungi kulit dari kerusakan dan kanker akibat sinar UV. Belum lagi kandungan vitamin A dan C yang tinggi di dalamnya yang akan menjaga kulitmu mulus dan sehat. Pasalnya, selain mampu melawan radikal bebas vitamin C juga membantu memproduksi kolagen yang meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi keriput. 

7. Mencegah Penuaan Dini

Sumber: Freepik.com/photo by master1305
Salah satu kandungan yang terdapat dalam brokoli adalah NMN atau kepanjangan dari nikotinamida mononukleotida yang memiliki manfaat anti-aging. Selain itu, NMN ini juga menghasilkan bahan lain yang penting untuk metabolisme energi yang berpotensi menghilangkan beberapa tanda-tanda yang sering dikaitkan dengan penuaan.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Itulah tujuh manfaat brokoli bagi kesehatan tubuh maupun kulit. Brokoli memang menyimpan banyak sekali manfaat dan khasiat baik untuk kesehatan tubuh. Tidak heran jika brokoli banyak dikonsumsi sebagai makanan pendamping diet. 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami