Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

7 Manfaat Daun Ketapang Untuk Kesehatan Kamu

Rizki Indra
Rizki Indra
06 Sep 2021
Clock Icon
3 menit
Sehatkan tubuh dengan beberapa manfaat daun ketapang.

Bagi para pecinta ikan cupang tentu tidak asing dengan manfaat daun ketapang. Namun benarkah bahwa daun tumbuhan ini hanya bermanfaat untuk budidaya ikan cupang? Ternyata tumbuhan asli Asia Tenggara dan cukup mudah dijumpai di Indonesia ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.


Pohon ketapang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya bagian daunnya saja yang bermanfaat, namun juga batang dan akarnya. Pohon yang dapat mencapai ketinggian hingga 35 meter ini memiliki kandungan flavonoid yang bagus untuk kesehatan manusia. Lalu, apa saja manfaat dari daun ketapang bagi kesehatan? Simak artikel di bawah ini.

1. Mempercepat Proses Penyembuhan Penyakit pada Kulit


Khasiat daun ketapang untuk kesehatan tubuh salah satunya adalah membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit yang terjadi pada kulit. Kadas, kurap, dan jamur kulit dapat disembuhkan dengan daun ketapang karena daun ini mengandung senyawa antijamur dan anti bakteri.


Cara penggunaannya cukup sederhana, siapkan daun ketapang yang sudah dicuci bersih kemudian lumatkan hingga mengeluarkan saripatinya. Oleskan lumatan daun ketapang di atas permukaan kulit yang mau diobati. Ulangi setiap hari hingga penyakit sembuh.

2. Membantu Menyembuhkan Sariawan


Munculnya sariawan pada bibir atau pipi bagian dalam tentu sangat mengganggu dan juga sakit jika terkena gesekan dengan makanan. Siapa sangka bahwa daun dari tumbuhan yang mudah dijumpai di sekitar pantai ini memiliki kemampuan menyembuhkan sariawan. Kandungan antiseptik di dalam daun ketapang cukup efektif untuk membantu menyembuhkan sariawan.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Hipertensi


Bagi penderita hipertensi, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi rebusan daun ketapang. Hal ini berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Cara mengonsumsi rebusan daun ketapang cukup mudah, olah terlebih dahulu daun ketapang menjadi ekstrak. Setelah mendapatkan ekstrak daun ketapang tadi, kamu bisa meminum langsung hasil rebusan daun ketapang berupa ekstrak daun ketapang untuk mengurangi risiko penyakit hipertensi.

4. Mengatasi Nyeri Perut karena Haid


Nyeri perut saat datang bulan sering dialami oleh sebagian perempuan. Aktivitas menjadi terganggu karena kondisi ini. Apabila di sekitar lingkungan kamu ada pohon ketapang, tidak ada salahnya untuk mencoba meredakan nyeri haid ini dengan menggunakan daun ketapang.


Cara meredakan nyeri perut karena haid sangat mudah untuk dilakukan. Cukup dengan merebus beberapa lembar daun ketapang yang telah dicuci bersih. Minum air rebusan daun ketapang tersebut secara rutin hingga nyeri perut hilang.

5. Membantu Memperlancar Proses Pencernaan


Gangguan pencernaan tentu saja menyebabkan rasa tidak nyaman pada bagian perut. Apabila kamu mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit atau diare, ternyata daun ketapang dapat dijadikan solusi.


Caranya cukup mudah, rebus daun ketapang dan minum. Lakukan hal ini beberapa kali secara rutin hingga pencernaan kembali normal.

6. Bermanfaat Untuk Kesehatan ibu Hamil dan Janin


Khasiat daun ketapang yang sering tidak diketahui adalah kemampuannya untuk mengoptimalkan pertumbuhan janin di dalam kandungan. Daun ketapang memiliki kandungan asam folat yang sangat bagus untuk tumbuh kembang janin semasa masih ada di dalam rahim.


Ibu hamil bisa mengonsumsi air rebusan daun ketapang secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya. Meski demikian, demi keamanan ibu dan janin, penting untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

7. Meningkatkan Daya Ingat


Daya ingat yang menurun akan sangat berpengaruh terhadap banyak aspek kehidupan seseorang. Penurunan daya ingat ini bisa terjadi karena banyak faktor, salah satunya adalah usia. Mengonsumsi air rebusan daun ketapang secara rutin ternyata mampu membantu meningkatkan kinerja otak dan mempertajam daya ingat.


Setelah mengetahui beberapa manfaat daun ketapang, ada baiknya kamu mencoba mengonsumsinya apabila di sekitar tempat tinggal mudah menemukan pohon ketapang. Selamat mencoba.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.