Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

7 Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
06 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Manfaat daun singkong sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Masyarakat Indonesia pasti sangat mengenal tanaman singkong. Umbi singkong banyak dimanfaatkan oleh penduduk sebagai sumber pangan alternatif selain padi. Daun singkong juga dapat diolah menjadi makanan yang lezat seperti tumis dan sayur santan. Selain dapat diolah menjadi makanan enak, ada banyak sekali manfaat daun singkong untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan.

Mungkin tidak banyak yang tahu kalau daun singkong mengandung banyak nutrisi, rendah lemak dan kalori. Kandungan nutrisi pada daun singkong antara lain adalah vitamin A, B, C, dan mineral seperti kalium, kalsium, dan besi. Daun singkong dipercaya bermanfaat bagi tubuh manusia dan dapat mengatasi berbagai jenis penyakit. Inilah berbagai manfaat tersebut:

1. Sebagai Sumber Protein dan Energi


Daun singkong mengandung kadar protein yang cukup tinggi. Kandungan asam amino esensial yang dimiliki protein pada daun singkong setara dengan jumlah protein yang terdapat pada telur ayam. Tak heran jika daun singkong bermanfaat untuk memenuhi asupan protein dan dapat menjadi sumber energi bagi tubuh. banner consideration shipping bg blue

2. Membantu Program Penurunan Berat Badan dan Melancarkan Pencernaan


Daun singkong memiliki kandungan asam amino esensial yang tinggi. Mengkonsumsi daun singkong akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Oleh karena itulah daun singkong sangat cocok bila dijadikan sebagai menu diet. Daun singkong juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan saluran pencernaan.

3. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol


Daun singkong mengandung serat tinggi yang diyakini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Namun perlu diingat ketika mengolahnya, kamu harus menghindari penggunaan santan. Penambahan santan pada masakan olahan daun singkong justru akan mengakibatkan kolesterol jahat di dalam darah mengalami peningkatan.

4. Membantu Regenerasi Sel di Dalam Tubuh


Daun singkong mengandung asam amino yang tinggi. Asam amino esensial ini digunakan oleh tubuh untuk melakukan proses regenerasi sel dan memperbaiki. Kandungan asam amino di dalam daun singkong akan membantu tubuh memperbaiki sel-sel yang rusak serta membentuk sel-sel yang baru.banner consideration promotion bg blue

5. Mengatasi Radang Sendi


Para penderita radang sendi (arthritis) bisa mengambil manfaat dari kandungan magnesium yang terkandung di dalam daun singkong. Magnesium ini dapat membantu memadatkan tulang. Selain mengurangi resiko radang sendi, magnesium di dalam daun singkong dapat meminimalisir terjadinya patah tulang.

6. Meningkatkan Imunitas Tubuh


Daun singkong mengandung vitamin C dan asam folat cukup tinggi yang mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Vitamin C dapat melawan bakteri dan mikroorganisme jahat yang masuk ke dalam tubuh, serta menghalangi radikal bebas. Adapun asam folat berperan penting dalam pembentukan dan perbaikan fungsi DNA.

7. Baik untuk Ibu Hamil dan Menyusui


Manfaat daun singkong yang terakhir adalah baik untuk ibu hamil dan juga menyusui. Daun singkong mengandung berbagai nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Zat besi di dalam daun singkong mampu menghindarkan ibu hamil dari anemia. Vitamin C menjaga kesehatan ibu hamil dan meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Kandungan asam folat di dalam daun singkong sangat berguna untuk tumbuh kembang janin.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam daun singkong sangat berguna bagi ibu menyusui. Mengkonsumsi daun singkong secara benar dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Sebaiknya ibu menyusui mengolah daun singkong dengan cara merebusnya sebentar agar vitamin yang terkandung di dalamnya tidak rusak karena suhu tinggi.

Mengingat manfaat daun singkong yang sangat banyak, maka sangat sayang kalau kamu sampai melewatkan masakan berbahan daun ini dalam menu santap bersama keluarga. Daun singkong dapat diolah dengan cara yang mudah seperti direbus maupun dibuat tumis. Tambahkan Bumbu Penyedap Segala dari Lemonilo saat mengolahnya agar lebih nikmat!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.