7 Manfaat Durian Bagi Kesehatan Tubuh Kamu

02 Sep 2020 @ 09:33:42
Durian yang dikenal sebagai raja buah ini selain mempunyai cita rasa yang lezat dan bau yang kuat, ternyata juga mempunyai segudang kesehatan untuk tubuh. Apa saja manfaat durian untuk kesehatan tubuh yang tidak disadari oleh sebagian orang? Simak ulasanya pada penjelasan artikel di bawah ini.

1. Memperkaya Kandungan Antioksidan pada Tubuh



Manfaat pertama yang terkandung dalam buah durian adalah, kaya akan antioksidan yang bagus untuk kesehatan tubuh. Antioksidan ini juga bisa melindungi tubuh dari risiko kanker maupun radikal bebas. Terdapat sebuah studi yang mengungkapkan bahwa durian mengandung vitamin E dan beta karoten yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. 

Tidak hanya itu, durian juga mengandung potasium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Akan tetapi, studi tentang menurunkan tekanan darah ini perlu dikaji lebih lanjut lagi. Pasalnya, mengkonsumsi durian dengan jumlah banyak bisa membuat tubuh terasa panas.

2. Tinggi Karbohidrat



Selain tinggi akan kandungan antioksidan di dalamnya, ternyata durian yang dikenal sebagai raja buah ini juga tinggi akan karbohidrat. Dalam satu buah durian sendiri, terdapat sekitar 150 kalori, yang cukup untuk kebutuhan harian tubuh. 

3. Menurunkan Kadar Gula Darah



Manfaat dari buah durian selanjutnya adalah bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Meskipun bercita rasa manis, nyatanya buah tropis yang satu ini memiliki indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik sendiri dapat merujuk pada seberapa cepat suatu makanan dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Hal ini berarti bahwa, buah durian berbeda dengan buah tropis lainnya yang cepat dalam menaikkan kadar gula darah dalam tubuh. Sehingga aman dikonsumsi bagi orang yang terkena diabetes. Namun tetap memperhatikan jumlah durian yang dikonsumsi.

4. Banyak Mengandung Nutrisi


Di balik rasanya yang begitu lezat, nyatanya buah durian juga memiliki banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Salah satunya adalah kandungan serat yang dapat mencegah diare, sembelit, dan divertikulitis atau infeksi pada kantongan di saluran pencernaan. Tidak hanya serat, nyatanya durian juga memenuhi asupan protein yang tinggi Buah eksotis berkulit tajam ini juga mengandung vitamin C, vitamin B-6, potasium, tembaga, riboflavin, dan tiamin.

5. Mengurangi Resiko Kanker


Kanker merupakan salah satu penyakit yang masih menjadi momok tersendiri dalam dunia medis. Siapa sangka jika kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah durian diyakini bermanfaat dalam menangkal radikal bebas pemicu kanker.

Bahkan sekarang ini, banyak ekstrak buah durian yang dijual di pasaran karena diyakini dapat mencegah penyebaran sel kanker payudara. Meskipun begitu, masih diperlukan adanya riset yang lebih mendalam lagi mengenai manfaat dari durian yang satu ini.

6. Melawan Infeksi Bakteri



Manfaat durian selanjutnya adalah terletak pada kulitnya yang tebal dan berduri. Kandungan senyawa flavonoid, steroid, terpenoid, fenolik dan tanin pada kulit durian, dapat melawan bakteri Propionibacterium acnes penyebab jerawat.

Sebuah penelitian yang dilakukan telah membuktikan hal ini. Akan tetapi, untuk mendapatkan hasil yang benar-benar akurat, masih diperlukan riset mendalam mengenai ini.

7. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Manfaat durian bagi kesehatan tubuh berikutnya adalah mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini karena dalam durian mengandung kalium sebanyak 436 mg  di dalam 1 buah durian. Kandungan kalium inilah yang dapat membantu tubuh dalam menjaga kesehatan otot, tulang, saraf dan pembuluh darah, serta menurunkan tekanan darah tinggi.

Itulah ketujuh manfaat durian bagi kesehatan tubuh kamu. Dari informasi ini kita bisa mengetahui, bahwa meski sering diabaikan karena baunya yang terlampau kuat dan menyengat, namun durian memiliki segudang manfaat yang baik untuk tubuh. 

Artikel Terkait

Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020
Inilah Fakta 6 Manfaat Daun Bidara Yang Harus Diketahui
Inilah berbagai manfaat daun bidara yang harus kamu tahu untuk kecantikan dan kesehatan tubuh..
Rizki Indra
17 September 2020
Inilah 7 Manfaat Daun Binahong, Salah Satunya Percepat Penyembuhan Luka
Ada banyak sekali manfaat daun binahong untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk menyembuhkan luka..
Rizki Indra
17 September 2020