Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

7 Manfaat Jahe yang Telah Terbukti, Menurunkan Berat Badan hingga Kolesterol

Lulu
Lulu
06 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Manfaat Jahe
Jahe merupakan rempah-rempah yang paling sehat. Ia termasuk keluarga zingiberaceae yang berkerabat dengan kunyit, kapulaga, dan lengkuas.

Jahe bisa digunakan untuk bumbu masakan, namun sering juga digunakan sebagai bahan dalam pengobatan tradisional.

Manfaat kesehatan dari jahe pun telah terbukti secara ilmiah sehingga tidak perlu diragukan. Dilansir dari healthline, berikut adalah 7 manfaat jahe untuk kesehatan yang telah terbukti:

1. Mengatasi mual



Jahe tampaknya sangat efektif untuk mengatasi mual. Jahe bisa mengatasi mual dengan penyebab yang berbeda, salah satunya adalah mual akibat kehamilan.

Menurut ulasan dari 12 penelitian yang melibatkan total 1.278 perempuan hamil, 11-15 gram jahe dapat mengurangi gejala mual secara signifikan.
Meski jahe bisa mengatasi mual, diskusikan dengan dokter sebelum mengonsumsinya dalam jumlah banyak saat menjalani kehamilan.

2. Menurunkan berat badan



Jahe dapat berperan dalam menurunkan berat badan. Sebuah tinjauan literatur di tahun 2019 menyimpulkan, suplementasi jahe secara signifikan mampu mengurangi berat badan.




Sebuah studi di tahun 2016 yang melibatkan 80 wanita menemukan bahwa jahe juga membantu menurunkan indeks massa tubuh (BMI) dan kadar insulin darah.

Peserta penelitian menerima dosis harian yang relatif tinggi, yakni 2 gram bubuk jahe setiap hari selama 12 minggu.

3. Mengatasi osteoartritis



Osteoartritis (OA) adalah masalah kesehatan yang cukup umum namun menimbulkan rasa tidak nyaman karena menyebabkan gejala nyeri sendi dan kaku.

Sebuah tinjauan menyebutkan bahwa orang yang mengatasi OA dengan jahe mengalami rasa sakit yang berkurang secara signifikan.

Peserta penelitian menerima 500 mg-1 gram jahe setiap hari selama 3 hingga 12 minggu. Mayoritas dari peserta telah didiagnosis mengidap OA lutut.

4. Menurunkan gula darah



Jahe memiliki sifat anti-diabetes. Dalam sebuah studi di tahun 2015 yang melibatkan peserta dengan diabetes tipe 2 menemukan bahwa 2 gram bubuk jahe per hari dapat menurunkan gula darah sebesar 12 persen.
banner consideration promotion bg blue
Ada juga penurunan rasio apoliproprotein hingga 28 persen dan apolipoprotein A-I hingga 23 persen yang merupakan efek samping dari stres oksidatif.

Meski demikian, untuk melihat manfaat jahe bagi penyakit diabetes, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

5. Mengatasi gangguan pencernaan kronis



Gangguan pencernaan kronis ditandai dengan rasa sakit dan tidak nyaman di bagian atas perut yang terjadi secara berulang.

Diyakini bahwa pemicu utama gangguan pencernaan adalah pengosongan perut yang lembat. Orang yang mengalami dispepsia fungsional membutuhkan waktu 12,3 menit untuk mengosongkan perut setelah mengonsumsi jahe.

Ini lebih cepat dari mengonsumsi plasebo yang membutuhkan hingga 16,1 menit sehingga jahe sangat bermanfaat untuk pencernaan.

6. Mengurangi nyeri haid



Dismenore atau nyeri saat haid memang menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Untuk mengatasinya, ada cara yang sangat mudah, yakni dengan mengonsumsi jahe.

Sebuah penelitian di tahun 2009 yang melibatkan 150 wanita menemukan bahwa jahe mampu mengurangi nyeri dengan efektivitas setara dua obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID).

Para wanita tersebut mengonsumsi jahe atau NSAID selama 3 hari pertama periode menstruasi. Ketigakelompok mendapatkan 4 dosis harian bubuk jahe 250 mg, asam mefenamat, atau ibuprofen.

7. Menurunkan kolesterol



Kadar kolesterol jahat yang tinggi berkaitan dengan risiko penyakit jantung sehingga tidak boleh disepelekan.

Dalam sebuah studi di tahun 2018 terhadap 60 orang dengan hiperlipidemia, 30 orang yang menerima 5 gram bubuk jahe setiap hari mengalami penurunkan kadar kolesterol jahat hingga 17,4 persen selama 3 bulan.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Meski penurunan kolesterol sangat signifikan, perlu diingat bahwa peserta penelitian menerima jahe dengan dosis yang sangat tinggi.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.