Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

7 Manfaat Jantung Pisang Bagi Kesehatan Tubuh Kamu

Rizki Indra
Rizki Indra
06 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat jantung pisang yang harus dirasakan.
Pohon pisang mendapat julukan sebagai pohon seribu guna yang maknanya setiap bagian tubuhnya bisa dimanfaatkan. Salah satu bagian dari pohon pisang yang memiliki banyak manfaat adalah jantung pisang. Jantung pisang diketahui memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh seperti vitamin E, vitamin C, kalium, vitamin A, asam lemak, saponin, mineral, flavonoid, steroid, tanin, glikosida,  asam amino essensial dan non essensial.

Tidak hanya itu saja, jantung pisang juga memiliki kandungan antioksidan, fosfor, magnesium, tembaga, zat besi, kalsium, protein, dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut manfaat jantung pisang bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui.

1. Mengatasi Anemia dan Diabetes



Untuk kamu yang memiliki diabetes dan anemia, jantung pisang memiliki kandungan nutrisi yang dapat membantu mengatasi kedua penyakit ini. Jantung pisang dapat diolah dengan cara direbus atau dimasak menjadi sayur. Kemampuan jantung pisang dalam mengurangi kadar gula darah dan meningkatkan hemoglobin memang patut diacungi jempol. Serat dan zat besi yang ada dalam jantung pisang memiliki peran penting dalam membantu proses produksi sel darah merah dalam tubuh. banner consideration shipping bg blue

2. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan



Jantung pisang memiliki kandungan serat larut dan tidak larut yang dikenal baik dalam membantu melancarkan serta menjaga saluran pencernaan. Serat larut yang ada pada jantung pisang membantu makanan lebih mudah melewati saluran pencernaan karena sudah larut dalam air dan berubah menjadi bentuk gel. Sedangkan serat yang tidak larut akan membantu makanan yang tidak berhasil tercerna untuk melewati saluran pencernaan.

3. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung



Kandungan tannin, flavonoid, acids, dan antioksidan dalam jantung pisang dapat membantu menangkal radikal bebas yang akan masuk ke dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, kandungan ini juga membantu menghilangkan kerusakan oksidatif yang pada umumnya mengarah pada penyakit jantung dan kanker yang berbahaya untuk tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Rahim



Jantung pisang memiliki kandungan yang diketahui baik dalam menjaga kesehatan rahim. Untuk merasakan manfaat yang lebih banyak, kamu bisa menambahkan jintan, kunyit, dan merica. kamu bisa merebusnya bersama dengan jantung pisang. Konsumsi secara rutin agar manfaat yang didapatkan bisa konsisten.banner consideration promotion bg blue

5. Menyembuhkan Infeksi



Jantung pisang dapat digunakan untuk menyembuhkan infeksi atau luka yang ada di tubuh. Dalam jantung pisang, terdapat kandungan etanol yang biasa digunakan dalam mencegah pertumbuhan bakteri patogen. 
Kandungan inilah yang menjadikan jantung pisang dapat digunakan untuk menyembuhkan infeksi. Tidak hanya infeksi akibat bakteri patogen saja, jantung pisang juga dapat digunakan untuk mencegah pertumbuhan parasit penyebab malaria yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.

6. Mencegah Adanya Gangguan pada Saraf



Tahukah kamu, radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti Alzheimer dan Parkinson. Jantung pisang memiliki kemampuan menangkal radikal bebas yang dapat membahayakan tubuh. Penangkalan ini dilakukan berkat adanya antioksidan alami yang ada pada jantung pisang.

Dengan jauhnya tubuh dari radikal bebas, kemungkinan untuk terserang penyakit gangguan saraf seperti Alzheimer dan Parkinson juga menurun. kamu bisa mengkonsumsi jantung pisang ini secara teratur untuk mendapatkan manfaatnya.banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

7. Mengurangi Kecemasan dan Menambah Mood



Kamu memiliki gangguan kecemasan dan moody? Kamu bisa mengatasi hal ini dengan mengkonsumsi jantung pisang secara rutin. Jantung pisang dapat digunakan sebagai antidepresan. Meski dikonsumsi sehari-hari, jantung pisang tidak akan menimbulkan efek samping.

Demikianlah daftar manfaat jantung pisang yang bisa kamu dapatkan. Mengkonsumsi jantung pisang secara rutin bisa membantu memberikan efek baik bagi tubuh. Jadi, mulai sekarang coba konsumsi jantung pisang agar manfaatnya bisa kamu rasakan untuk kesehatan tubuh mu ya Lemonizen!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.