Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

7 Manfaat Kacang Kapri yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Rizki Indra
Rizki Indra
12 Oct 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat kacang kapri yang penting diketahui.

Kacang kapri merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang banyak diolah menjadi berbagai makanan dan tentunya sangat lezat sekali. Namun, apakah kamu tahu kandungan nutrisi dan manfaat dari kacang ini untuk kesehatan?


Perlu kamu ketahui bahwa, kandungan nutrisi yang dimilik kacang kapri sangat banyak, seperti asam folat, vitamin K, dan vitamin C. Tak hanya itu, kacang kapri juga mengandung berbagai zat mineral yang sangat menyehatkan tubuh. Lalu apa saja manfaat yang akan dirasakan setelah mengkonsumsi kacang kapri ini? Simak di bawah ini.

1. Menangkal Radikal Bebas


Menangkal radikal bebas akan membantu tubuh kamu terhindar dari kanker dan penyakit lainnya. Kandungan antioksidan yang ada pada kacang kapri dinilai bisa melawan semua radikal bebas tersebut. Namun, kamu juga harus mengonsumsi dalam batas jumlah yang wajar.

2. Menjaga Kesehatan Jantung


Kacang kapri juga bisa menjaga kesehatan jantung, karena terdapat kandungan zat mineral di dalamnya. Tekanan darah tinggi pun juga bisa ikut dicegah, di mana hal tersebut merupakan faktor risiko paling utama penyakit jantung. Serat yang tinggi pada kacang ini juga mampu membuat kolesterol total (gabungan dari jumlah kolesterol baik, kolesterol jahat, dan trigliserida dalam setiap desiliter darah)  dan kolesterol jahat menjadi turun. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa menambahkan kacang kapri di menu makanan sehari-hari.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah


Adanya karbohidrat kompleks yang terkandung dalam kacang kapri akan membantu kamu dalam mengontrol tekanan darah. Jenis kacang ini juga termasuk makanan yang indeks glikemiknya rendah sehingga gula darah tidak akan naik drastis. Di samping itu, gula dalam darah akan dilepaskan secara perlahan. Meskipun demikian, para ahli kini masih melakukan penelitian lebih lanjut agar bisa menemukan banyak informasi terkait fungsinya sebagai pengatur gula darah.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan


Anggapan yang banyak ditemui di masyarakat adalah dengan mengonsumsi kacang kapri bisa membuat perut kembung. Ternyata, hal tersebut adalah persepsi yang salah. Karena kacang kapri justru dinilai bisa memberikan efek yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan.


Kandungan serat inilah yang berperan dengan membantu memperlancar pembuangan air besar. Sehingga masalah pencernaan seperti sembelit ringan juga bisa diatasi dengan mudah. Protein pada jenis kacang ini juga ikut menjaga jumlah bakteri baik yang ada pada usus sehingga akan tetap seimbang saat mencerna makanan.

5. Memperoleh Berat Badan yang Ideal


Kandung protein dan serat dari kapri mampu memberikan efek kenyang yang lebih lama. Sehingga ini akan menekan keinginan kamu agar tidak makan lebih banyak dalam selang waktu yang singkat. Sebenarnya jenis kacang-kacangan ini juga sudah banyak digunakan oleh pelaku diet. Mereka sering menambahkan kacang kapri ke dalam menu makanannya agar memperoleh berat badan yang ideal dengan cepat.

6. Memelihara Kesehatan Mata


Ternyata kacang kapri juga memiliki manfaat untuk memelihara kesehatan mata, lho. Kandungan gizi yang berperan adalah lutein. Pemeliharaan ini dilakukan melalui pencegahan katarak serta degenerasi makula pada usia tua. Tak hanya itu, konsumsi kacang kapri yang wajar bisa membuat ketajaman mata kamu menjadi lebih meningkat.

7. Memelihara Kesehatan Kulit


Tentu saja kacang kapri juga memberikan manfaat untuk kulit kamu. Caranya adalah melalui peningkatan kolagen pada tubuh. Seperti yang diketahui, vitamin C inilah yang akan membantu produksi kolagen tersebut. Sehingga kulit menjadi lebih sehat serta penuaan dini bisa diatasi.


Demikianlah 7 manfaat kacang kapri untuk kesehatan tubuh kamu. Agar tidak bosan, kamu bisa mengolah kacang kapri ini dalam bentuk makanan yang lebih bervariasi. Semoga bermanfaat, Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.