7 Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan Lambung Anda

16 Sep 2020 @ 18:55:21
Kunyit putih putih adalah tanaman asli yang berasal dari India dan Indonesia. Namun, sekarang sudah banyak dibudidayakan di Eropa untuk dilakukan pengolahan kembali. Sedangkan di Indonesia, kunyit putih seringkali diolah untuk digunakan sebagai bumbu yang ditambahkan ke masakan kari. Padahal, kunyit putih juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat kunyit putih? Yuk simak ulasan berikut.

1. Mengatasi dan Mengobati Sakit Maag



Sebelum kamu mengonsumsi obat-obatan kimia untuk mengatasi penyakit maag, sebaiknya gunakan kunyit putih sebagai pengobatan alami. Maag bisa diredakan dengan kunyit putih. Hal ini sebabkan karena adanya kandungan saponin, gula, minyak atsiri, flavonoid, tanin, serta kurkumin dalam kunyit putih tersebut. 

Adanya berbagai kandungan tersebut memberikan manfaat yang efektif dalam mengobati penyakit maag.  Jika dikonsumsi secara rutin, kunyit putih dapat mengurangi keasaman cairan lambung agar terhindar dari sakit maag.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan



Minyak esensial dari kunyit putih dapat bermanfaat untuk mengobati berbagai masalah gangguan pencernaan, seperti kolik, kram otot, cacingan, perut kembung, jarang buang air besar, dan penurunan nafsu makan akibat lidah terasa pahit. Kunyit putih juga dapat membantu meredakan radang usus yang dipicu karena stres berlebihan.

3. Mengurangi Rasa Sakit



Kunyit putih memiliki kandungan senyawa bernama Curcumenol yang dapat mengurangi rasa sakit, bahkan bisa lebih baik dari aspirin.  Sebagai obat alami untuk menghilangkan rasa sakit ini, kunyit putih sangat berguna sebagai obat penyakit radang usus. Selain itu, jika kunyit putih digunakan untuk terapi jangka pendek dapat berperan sebagai penekan peradangan, sehingga tak ada lagi penyempitan saluran udara.

4. Mengatasi Masalah Pernafasan



Sistem pernapasan yang sering terjadi masalah karena cairan, seperti dahak dan lendir yang menumpuk di paru-paru dan area lain bisa diobati dengan kunyit putih. Kunyit putih bermanfaat untuk mengatasi dahak dan lendir yang menyumbat saluran hidung sehingga menyebabkan kesulitan bernapas dan gangguan pernapasan seperti pilek, asma, dan batuk.

5. Antimikroba dan Anti Jamur



Berdasarkan Journal of Pharmacy and Pharmacology menunjukkan bahwa, kunyit putih mengandung sifat antimikroba dan antijamur yang cukup baik. Ekstrak kunyit putih ini sudah terbukti dapat melawan beberapa spesies bakteri penyebab penyakit, seperti bakteri E. Coli dan dan Staphylococcus.

Kunyit putih juga mampu melawan infeksi jamur, seperti Candida dan Aspergillus, dan menghambat aktivitas jamur-jamur lainnya pada tubuh manusia. Selain itu, manfaat kunyit putih juga dapat mengurangi jumlah bakteri jahat di mulut dengan hasil yang setara dengan produk obat kumur yang beredar di pasaran.

6. Obat Alergi Alami



Kunyit putih mengandung senyawa curcuminoids yang bermanfaat sebagai anti-alergi sehingga dapat mengatasi gejala reaksi alergi pada kulit. Dengan adanya kunyit putih, laju pelepasan histamin bisa dihambat sehingga reaksi dari alergi bisa diatasi.

7. Meredakan Nyeri Haid



Masa haid pada wanita memang seringkali menimbulkan banyak keluhan dan juga rasa tak nyaman untuk beraktivitas. Walaupun tidak semua wanita yang mengalami haid merasakan sakit. Namun, bagi kamu yang merasa sakit saat haid, maka bisa mengkonsumsi kunyit putih untuk meredakan nyeri hebat tersebut.

Kandungan unik yang terdapat di dalam kunyit putih bisa melemaskan rahim yang berkontraksi dan membuatnya lebih nyaman. Tetapi, beberapa ahli mengatakan bahwa wanita dengan pendarahan hebat ketika haid tidak disarankan untuk mengkonsumsi kunyit putih ini. 

Itulah 7 manfaat kunyit putih untuk kesehatan tubuh kamu. Rempah yang satu ini memang sayang sekali jika dilewatkan, oleh karena itu mulai konsumsi kunyit putih ini ya Lemonizen! 

Artikel Terkait

5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Lagi Hits! Ini 5 Manfaat Shirataki Bagi Kesehatan
Nasi dan mie shirataki dikenal bisa membantu program diet karena kadar kalorinya yang sangat rendah..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020