7 Manfaat Lengkuas yang Baik untuk Kesehatan

Para ibu wajib tahu manfaat lengkuas untuk tubuh. Sebab ternyata jenis rimpang ini dapat mengatasi beberapa keluhan kesehatan yang dialami. Salah satu rempah yang banyak digunakan dalam masakan tradisional Indonesia ini tidak hanya menyedapkan, tetapi juga memberikan manfaat yang luar biasa bagi tubuh.

Leluhur kita banyak mengolah bahan tertentu yang bermanfaat bagi kesehatan dan mengkombinasikannya ke dalam sebuah menu hidangan yang lezat. Sebut saja opor, rendang, maupun kare yang menggunakan tambahan lengkuas sebagai bumbunya. Ternyata lengkuas yang ada di dalam masakan tersebut memiliki banyak manfaat. Inilah berbagai manfaat lengkuas:

1. Membantu Mengurangi Peradangan

Anda perlu mengetahui bahwa lengkuas ini dapat membantu dalam mengatasi terjadinya peradangan. Hal ini disebabkan oleh kandungan HMP yang merupakan suatu fitokimia alami dan memiliki sifat antiinflamasi. Pada penderita peradangan yang mengakibatkan nyeri sendi, ekstrak lengkuas dapat dipadukan dengan jahe untuk mengatasinya. banner consideration shipping bg blue

2. Melegakan Gangguan Pada pernapasan

Di dalam lengkuas terdapat minyak atsiri yang diyakini dapat membantu melegakan gangguan yang terjadi pada saluran napas anak-anak, contohnya bronkitis. Caranya dengan mengkombinasikan bersama bahan lain seperti temulawak, daun pecut kuda, daun iler, dan kayu manis, kemudian menumbuk dan merebusnya. Kemudian air rebusan diminum pagi dan sore.

3. Menurunkan Risiko mengidap Penyakit Kanker Payudara

Kenyataan ini tampak pada studi yang melibatkan hewan sebagai objek penelitian. Lengkuas memiliki kandungan zat bernama Galangin yang mampu membunuh sel kanker dan mencegahnya semakin menyebar ke seluruh tubuh. Jenis kanker yang mampu diatasi adalah yang terbentuk pada usus besar, kulit, dan payudara.

4. Menurunkan Tingginya Kadar Gula dalam Darah

Ini merupakan kabar baik bagi penderita diabetes, sebab studi menunjukkan kemampuan lengkuas dalam menurunkan kadar gula dalam darah berkat senyawa polifenol yang dimilikinya. Tidak hanya kadar gula saja, melainkan juga kolesterol jahat yang menyebabkan stroke. Cara kerjanya adalah dengan membantu menghambat metabolisme karbohidrat.

5. Membantu Menjaga Kesehatan Otak

Senyawa bersifat anti inflamasi yang ditemukan pada lengkuas, ternyata juga mampu memberikan perlindungan pada otak. Selain itu, terdapat juga kandungan fitonutrien yang memiliki manfaat dalam melawan depresi. Oleh sebab itu, mengkonsumsi lengkuas juga dapat membantu menjaga kesehatan otak.banner consideration promotion bg blue

6. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Rimpang lengkuas ini ternyata juga bisa membantu mengatasi gangguan pada pencernaan, mulai dari usus hingga lambung. Kandungan fitokimia di dalamnya mampu menurunkan gangguan asam lambung. Bagi penderita maag, lengkuas ini bisa digunakan sebagai obat, apalagi jika dicampurkan dengan mengkudu. Aromanya yang khas juga membantu meredakan rasa mual.

7. Meningkatkan Kesuburan Pria

Manfaat lainnya dari tanaman rimpang ini adalah dalam meningkatkan jumlah dan kualitas sperma, juga bermanfaat bagi kesehatan pria secara keseluruhan. Bagian lengkuas yang baik dari tanaman ini tidak hanya rimpangnya, melainkan juga akarnya. Sebuah studi menunjukkan hasil peningkatan kesuburan pria yang mengkonsumsi lengkuas dalam kurun waktu tertentu.

Melihat begitu banyak manfaatnya, tidak ada salahnya mulai membiasakan mengkonsumsi lengkuas. Cara yang paling mudah adalah dengan memasukkannya sebagai bumbu masakan. Namun, agar lebih efektif, bisa juga dengan cara mengolahnya jadi minuman ataupun tambahan pada jamu.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Ada baiknya rutin mengkonsumsinya, karena sebagaimana produk herbal, hasilnya tidak instan, melainkan bertahap. Namun, sejauh ini belum ada ketentuan pasti berapa batasan aman dari mengkonsumsi lengkuas ini. Jadi, sebaiknya tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Demikianlah tujuh manfaat lengkuas bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Padukan dengan bahan alami lainnya untuk mengoptimalkan manfaat yang didapat. Contohnya bisa dipadukan dengan jahe, temulawak, kunyit, mengkudu, dan rempah lainnya.

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami